Olahraga untuk Kecilkan Perut Yang Cocok Dilakukan Tiap Hari

Olahraga untuk Kecilkan Perut Yang Cocok Dilakukan Tiap Hari

detribpas.com – Olahraga untuk kecilkan perut beberapa waktu terakhir banyak dicari tahu oleh pengguna internet. Karena banyak orang tengah mengikuti tren diet yang ramai diperbincangkan di media sosial.

Tren melakukan olahraga-olahraga ringan tapi efektif untuk mengecilkan otot perut merupakan salah satu cara berdiet ampuh yang dilakukan kaum mageran. Kaum mageran merupakan orang-orang yang malas melakukan banyak gerakan sehari-hari.

Kurangnya bergerak dan pola makan yang kurang sesuai menjadi salah satu penyebab banyak orang mengalami penumpukan lemak di bagian perut. Hasilnya, membuat perut buncit dan sangat memengaruhi penampilan.

Apakah Anda juga tengah mengalami masalah ini? Kalau begitu tidak perlu pusing, karena kami punya beberapa solusi yang mungkin bisa digunakan. Silakan simak paparan berikut ini.

Alami Perut Buncit Ini Penyebabnya

Sebelum berolahraga untuk kecilkan perut sebaiknya ketahui dahulu apa saja yang menyebabkan perut menjadi buncit. Sebab dengan mengetahui penyebabnya bisa melakukan tindakan pencegahan.

Alasan seseorang mengalami kegendutan atau penumpukan lemak di bagian perut sehingga membuat bagian tersebut membuncit adalah karena kebiasaan hidup kurang baik.

Pola makan tidak teratur, jenis makanan tidak sehat, dan kurangnya waktu tidur menjadi beberapa penyebab Anda mengalami perut buncit. Jadi bisa saja hal ini disebabkan oleh hal remeh yang tidak disadari sebelumnya.

BACA JUGA:  3 Jenis Olahraga untuk Anak SD yang Baik untuk Pertumbuhan

Kebiasaan-kebiasaan kurang baik ini jika dibiarkan terus menerus bukan hanya menyebabkan perut makin bengkak, tapi juga bisa memberikan efek negatif lainnya. Oleh sebab itu, harus diimbangi dengan olahraga untuk mengecilkan perut.

5 Gerakan Olahraga untuk Kecilkan Perut

Sebenarnya, melakukan olahraga untuk mengurangi lemak tidak perlu datang ke gym atau keluar rumah. Anda bisa melakukannya di rumah dengan gerakan-gerakan dasar yang mudah dan sederhana, seperti:

Olahraga untuk Kecilkan Perut Yang Cocok Dilakukan Tiap Hari

  1. Sit-up

Olahraga untuk kecilkan perut yang pertama adalah sit up. Gerakan ini dapat dilakukan kapan saja dan cenderung mudah dilakukan, tapi efeknya bisa sangat maksimal. Terutama apabila dilakukan dengan cara tepat.

Siapkan matras untuk memosisikan tubuh berbaring dengan mengarah ke depan. Lipat kedua tangan di depan dada atau diletakkan di belakang tekuk, kemudian tekuk lutut. Bagian tubuh atas diangkat ke arah lutut semampunya dan diulang 10 kali.

  1. Lakukan Plank

Plank juga bisa dijadikan olahraga untuk kecilkan perut dan memperkuat bagian tubuh lainnya. Posisikan tubuh seperti melakukan push up, tekuk tangan seperti berdoa dan sejajarkan posisi kaki dengan tangan.

Gerakan ini sebenarnya sulit dilakukan, tapi jangan mudah menyerah sebab apabila dilakukan terus menerus efeknya sangat baik. Anda bisa mengencangkan bagian perut samping dan mengurangi penumpukan lemak.

  1. Crunches

Gerakan berikutnya yang saat ini banyak dilakukan mereka yang punya misi mengurangi lemak adalah crunches. Pertama-tama gunakan matras untuk berolahraga dan berbaring di atasnya.

Bagian tubuh atas diangkat begitu juga kaki, lalu kaki digerakkan dengan cara menekuknya bergantian sementara bagian atas tubuh juga dinaik turunkan. Lakukan gerakan ini sebanyak 20 kali dan 3 sesi setiap hari.

  1. Crocscrew

Gerakan olahraga untuk kecilkan perut berikutnya adalah crocscrew. Cara melakukannya dengan membaringkan seluruh tubuh di bidang datar lalu angkat kaki ke atas dengan posisi menekuk sedikit.

BACA JUGA:  Olahraga Favorit Masyarakat Indonesia yang Sering Dimainkan

Selanjutnya angkat pinggul ke atas perlahan-lahan dan gerakkan ke kanan atau kiri lalu kembali ke posisi semula. Pastikan melakukannya sembari mengatur pernapasan dengan baik dan diulang beberapa kali setiap hari.

  1. Heel Touch

Gerakan olahraga untuk kecilkan perut berikutnya adalah melakukan heel touch, yaitu menyentuh bagian tumit dengan tangan di posisi setengah berbaring.

Mula-mula atur posisi tubuh berbaring dengan kedua lutut ditekuk. Selanjutnya luruskan tangan lalu secara bergantian bergerak untuk menyentuh tumit. Lakukan gerakan ini 10-20 kali selama 3 sesi.

Gerakan-gerakan yang perlu dilakukan sangat mudah dan bisa dilakukan kapan saja. Intinya adalah Anda harus punya niat dan benar-benar menyediakan waktu untuk melakukannya.

Hindari Makanan Ini Agar Tidak Alami Perut Buncit

Selain memastikan untuk melakukan olahraga untuk kecilkan perut, Anda juga perlu menghindari beberapa jenis makanan agar tidak membuat usaha berolahraga menjadi sia-sia. Ini dia daftar jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi secukupnya.

Olahraga untuk Kecilkan Perut Yang Cocok Dilakukan Tiap Hari

  1. Makanan atau Minuman Manis

Pertama adalah jenis makanan-makanan manis. Makanan-makanan seperti ini memang sangat disukai, terutama oleh kaum hawa saat suasana hati sedang kurang baik.

Mengemil cokelat, cake, atau minuman manis memang enak dan membuat perasaan bahagia. Namun, sebaiknya dikurangi karena efeknya kurang baik bagi tubuh, selain membuat perut membuncit juga bisa mengakibatkan diabetes.

  1. Makanan Berlemak

Selain melakukan olahraga untuk kecilkan perut, Anda juga harus bisa mengontrol jumlah makanan berlemak yang masuk ke dalam tubuh. Kurangi makanan-makanan dengan lemak tinggi juga jenis yang digoreng.

BACA JUGA:  Mengenal Atlet Legendaris Indonesia Yang Bisa Jadi Role Model

Namun, bukan sama sekali tidak boleh mengonsumsinya, sesekali boleh saja memakannya, tapi porsinya sebaiknya dikurangi. Konsumsi lemak sesuai kebutuhan tubuh saja.

  1. Makanan dengan Garam Tinggi

Makanan-makanan dengan rasa gurih dan garam tinggi juga memicu penumpukan di bagian perut sehingga membuatnya membuncit. Jadi, saat makan sebaiknya kurangi menggunakan banyak garam.

Tipe makanan asin juga kurang baik bagi tubuh, karena bisa menyebabkan hipertensi. Jadi, gunakan garam dengan bijak dan sesuaikan kebutuhan tubuh Anda.

  1. Karbohidrat Terlalu Tinggi

Makanan-makanan dengan karbohidrat tinggi juga perlu dikurangi. Namun, bukan dengan cara ekstrem tidak makan karbo sama sekali. Sebab tanpa karbo nutrisi tubuh juga tidak akan seimbang.

Banyak orang yang berpikir apabila tidak mengonsumsi nasi akan cepat kurus. Namun, sumber karbo bukan hanya nasi, ada juga dari tepung dan lainnya. Jadi, jangan menyalahkan nasi saja, tetap konsumsi nasi tapi takarannya saja perlu dikurangi.

Paling baik menyeimbangkan kebutuhan nutrisi tubuh dan melakukan perhitungan kalori dengan baik. Selain itu, juga mulailah pola hidup sehat dengan olahraga, mengatur waktu tidur dan membuang berbagai kebiasaan buru.

Bagi Anda yang sedang dalam program menyehatkan tubuh atau mengurangi berat badan. Memilih olahraga untuk kecilkan perut merupakan hal wajib dilakukan, tapi pastikan menyesuaikan dengan kemampuan dan dilakukan secara perlahan. (Red-detribpas.com)