Sebutkan Perbedaan Sel Hewan Dan Sel Tumbuhan

Sebutkan Perbedaan Sel Hewan Dan Sel Tumbuhan

Sebutkan Perbedaan Sel Hewan Dan Sel Tumbuhan

Hai semua, Irvan Tisnabudi disini. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang mengenai perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan. Sel hewan dan sel tumbuhan memiliki ciri-ciri yang berbeda. Perbedaan antara keduanya dapat dilihat dari segi struktur dan fungsi.

Struktur Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Struktur sel hewan disebut juga sel eukariotik dan terdiri dari membran sel, sitoplasma, nukleus, dan organel. Struktur sel tumbuhan juga disebut sel eukariotik yang juga memiliki membran sel, sitoplasma, nukleus, dan organel. Namun, yang membedakan antara sel hewan dan sel tumbuhan adalah organel yang ada di dalamnya. Sel hewan memiliki organel seperti mitokondria, retikulum endoplasma, lisosom, dan centriol. Sel tumbuhan memiliki organel seperti kloroplas, klorofil, dan tonoplast.

Fungsi Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Sel hewan berfungsi untuk membantu organisme untuk bertindak, bergerak, dan menyesuaikan diri dengan lingkungan. Sel hewan juga membantu untuk mensintesis protein dan mengatur metabolisme. Sel tumbuhan berfungsi untuk membantu organisme tumbuh dan berkembang, dan juga menyimpan nutrisi. Sel tumbuhan juga membantu untuk menyerap air dan nutrisi dari lingkungannya dan mengubah energi sinar matahari menjadi energi yang dapat digunakan oleh organisme.

Kesimpulan

Dapat disimpulkan bahwa sel hewan dan sel tumbuhan berbeda satu sama lain. Perbedaan antara keduanya dapat dilihat dari segi struktur dan fungsi. Sel hewan memiliki organel seperti mitokondria, retikulum endoplasma, lisosom, dan centriol. Sel tumbuhan memiliki organel seperti kloroplas, klorofil, dan tonoplast. Sel hewan berfungsi untuk membantu organisme untuk bertindak, bergerak, dan menyesuaikan diri dengan lingkungan. Sedangkan sel tumbuhan berfungsi untuk membantu organisme tumbuh dan berkembang, dan juga menyimpan nutrisi. Jadi, itulah perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang sel hewan dan sel tumbuhan, jangan ragu untuk mencari tahu lebih lanjut tentang Sebutkan Perbedaan Sel Hewan Dan Sel Tumbuhan. Semoga bermanfaat!

You May Also Like