Aplikasi Layanan Kesehatan, Teknologi di Tengah Pandemi

Aplikasi Layanan Kesehatan, Teknologi di Tengah Pandemi

detribpas.com – Aplikasi layanan kesehatan menjadi teknologi terobosan bermanfaat di tengah pandemi Covid-19 saat ini. Meskipun sudah ada sejak sebelum pandemi, tetapi kini kepopulerannya memang semakin tinggi.

Sering dikenal juga dengan telemedicine, terobosan ini memungkinkan pasien berkonsultasi dengan dokter tanpa tatap muka langsung. Cukup menyampaikan keluhan, tenaga kesehatan dapat memberikan diagnose secara online.

Privasi yang lebih terjaga juga menjadi faktor lain berbagai aplikasi ini banyak diminati. Banyak pilihan, Anda dapat memilih app telemedicine paling sesuai. Misalnya saja ada Halodoc, KlikDokter, hingga Sehatpedia.

4 Aplikasi Layanan Kesehatan Pertama, Pilih Halodoc, KlikDokter, GetWell, atau YesDoc

Berbagai app kesehatan di bawah pada dasarnya memiliki layanan sama. Diantaranya konsultasi, diagnosa, hingga mengatur janji temu. Namun beberapa tentu memiliki fitur berbeda pula, berikut adalah detailnya.

Aplikasi Layanan Kesehatan, Teknologi di Tengah Pandemi

  1. Halodoc

Pertama ada aplikasi layanan kesehatan yang kemungkinan banyak Anda dengar atau lihat sebelumnya, yaitu Halodoc. Merupakan suatu platform dengan layanan konsultasi kesehatan bersama tenaga medis profesional, tetapi secara virtual.

BACA JUGA:  Inilah Link Download Aplikasi Bansos Terbaru, dan Terbukti Gratis

Halodoc sendiri mengklaim bahwa platformnya merupakan salah satu layanan digital medis paling lengkap di Indonesia. Fiturnya sendiri ada chat dengan dokter, pembelian produk, hingga menghubungkan asuransi milik pasien.

  1. KlikDokter

App telemedicine berikutnya ada KlikDokter, merupakan besutan dari Medika Komunika Teknologi. KlikDokter sendiri beroperasi selama 24 jam, serta telah terhubung dengan tim medis berkompetensi dan menjunjung kode etika profesi.

Selain memungkinkan untuk komunikasi 24 jam dengan tenaga medis, KlikDokter juga menyediakan berbagai artikel hingga info medis. Pasien Covid-19 juga bisa berkonsultasi melaluinya, serta mendapatkan obat gratis sesuai program pemerintah.

  1. Get Well

Dikembangkan oleh BayWest Wellness Inc, melalui Get Well, pasien dapat berkonsultasi masalah keluhan medis secara online. Selain chat, tersedia juga konsultasi melalui video dan audio.

  1. YesDoc

Aplikasi layanan kesehatan selanjutnya adalah YesDok, tentunya memungkinkan Anda berkonsultasi dengan dokter secara virtual. Nantinya aka nada pertanyaan terlebih dahulu seputar keadaan atau gejala yang tengah dialami.

Selama konsultasi, Anda juga akan diberikan rekomendasi obat sesuai gejalanya. Bersamaan juga dengan dosis paling sesuai. Berdasarkan situs resminya, seluruh tenaga medis di YesDoc selat memiliki STR serta SIP.

BACA JUGA:  Kekurangan Windows 11 Dibandingkan Generasi Sebelumnya

4 Aplikasi Layanan Kesehatan Lainnya, Good Doctor, AloDokter, Klinik Go, dan Sehatpedia

Seimbang dengan permintaan pasaran, tentunya platform telemedicine juga ada banyak. Contoh lain yang dapat Anda pertimbangkan adalah Good Doctor, AloDokter, KlinikGO, hingga Sehatpedia dengan detail berikut.

Aplikasi Layanan Kesehatan, Teknologi di Tengah Pandemi

  1. Good Doctor

Aplikasi layanan kesehatan Good Doctor ini layaknya beberapa platform sebelumnya, memberi pelayanan berupa konsultasi online. Selain itu dokter juga memberikan rekomendasi seperti obat hingga perawatan.

Memberi pelayanan 24 jam, Good Doctor menjadikan pasien dapat memangkas waktu yang sering dibutuhkan untuk ke pusat kesehatan. Anda dapat mengunduh app ini baik melalui AppStore maupun Play Store.

  1. AloDokter

AloDokter menjadi salah satu platform yang meramaikan teknologi bidang kesehatan. Bahkan pihaknya telah mengklaim, bahwa setidaknya ada 26 juta pengguna aktif app ini, untuk setiap bulannya.

Terdapat beberapa fitur penting disediakan AloDokter. Pertama sarana informasi medis, serta chat bersama dokter langsung. Tersedia juga fitur booking kalau sudah tidak memungkinkan konsultasi online, hingga Aloshop untuk pembelian obat.

  1. KlinikGo

Selanjutnya ada KlinikGo, dimana mereka menghubungkan homecare on demand dengan basis klinik. Merupakan salah satu mitra resmi Kementerian Kesehatan, khususnya dalam menangani Covid-19 di Indonesia.

BACA JUGA:  Kenali Tren Teknologi 2022, AI, 5G, hingga VR

Pengguna perangkat iOS maupun Android dapat mengunduhnya langsung di Store. Fiturnya juga cukup banyak. Karena tidak hanya dokter umum, tersedia konsultasi juga untuk penanganan gigi hingga jantung.

  1. Sehatpedia

Digagas oleh Kemenkes RI, Sehatpedia menjadi aplikasi layanan kesehatan lain dengan fitur cukup lengkap. Misalnya tersedia edukasi dan informasi, khususnya mengenai kesehatan dari tenaga medis dituju.

Fitur lain juga memungkinkan pengguna berkonsultasi secara interaktif. Tersedia pula fasilitas Yankes, portal regulasi kesehatan, dan artikel medis. Bahkan Anda juga dapat melakukan pendaftaran online rawat jalan melaluinya.

Pada dasarnya berbagai platform telemedicine tersebut memberi fitur untuk konsultasi virtual bersama tenaga medis. Umumnya dilakukan via chat, tetapi ada pula yang menawarkan konsultasi melalui video.

Anda nantinya bisa memilih platform paling sesuai dahulu. Misal dengan melihat fiturnya, dokter tersedia, hingga layanan lain. Setelahnya baru unduh teknologi populer berupa aplikasi layanan kesehatan tersebut, pada perangkat Anda. (Red-detribpas.com)