Teknologi Artificial Intelegence Manfaat dan Penerapannya dalam Kehidupan

Manfaat dan Penerapan Teknologi Artificial Intellegence dalam Kehidupan

detribpas.com – Teknologi artificial intellegence atau kecerdasan buatan disebut-sebut mampu menggantikan tenaga kerja manusia di masa depan. Hal ini tentu saja tidak lepas dari berkembangnya teknologi komputer.

Artificial Intelegensi kemudian disingkat AI merupakan suatu sistem kecerdasan dalam konteks ilmiah dan dapat diatur. Sistem ini mampu menafsirkan data eksternal dengan baik. Secara umum disebut dianggap sebagai komputer.

Pekerjaan yang dilakukan mirip dengan dilakukan manusia. Pemanfaatannya semakin luas, mulai dari bidang pendidikan, kesehatan, industri dan lainnya. Dengan kemampuan tersebut bukan tidak mungkin semua pekerjaan manusia dapat digantikan dengan sistem ini.

Jika dilihat secara teknis, AI merupakan suatu model statistic yang bisa digunakan dalam pengambilan keputusan. Keputusan diambil dengan sistem generalisir karakteristik sebuah objek berdasarkan basis data yang ada lalu dipasang dalam perangkat elektronik.

Hadirnya smartphone adalah salah-satu contoh dari teknologi artificial intelligence. Telah diketahui bahwa penggunaan smartphone dapat menungjang berbagai kehidupan masyarakat. Dapat dibayangkan jika saat ini belum ada sistem secanggih smartphone.

Manfaat dari Atrificial Intellegence

Hadirnya teknologi ini membawa banyak sekali manfaat untuk mempermudah pekerjaan manusia dalam berbagai bidang. Beberapa manfaat yang sudah dirasakan saat ini diantaranya sebagai berikut.

BACA JUGA:  Cara Memanfaatkan Teknologi untuk Belajar Hal Baru

Teknologi Artificial Intelegence Manfaat dan Penerapannya dalam Kehidupan

Kecepatan respon luar biasa. Teknologi artificial intellegence mampu menganalisis pesan dengan cepat dan memberikan umpan balik segera. Misal Anda akan memulai chat pada akun bisnis atau perusahaan tertentu, BOT AI akan memberikan tanggapan hitungan detik.

Dalam melakukan koreksi kesalahan jenis apapun. Sebagai contoh saat Anda typo, Anda bisa mengaktifkan fitur pengoreksi ejaan otomatis. Di sinilah peran AI dalam memperbaiki kesalahan pengetikan yang mungkin terjadi.

Memiliki kecerdasan personalia. Apa maksudnya? Maksudnya adalah mengacu pada pengenalan pola yang dilakukan pengguna. Saat Anda membuka informasi berkaitan dengan teknologi, maka AI akan menampilkannya berkenaan dengan teknologi di masa mendatang.

Contoh lainnya sangat berguna untuk marketing misalnya saat melakukan belanja online. Perusahaan biasanya akan mengandalkan bantuan AI agar selalu menampilkan produk serupa pencarian yang pernah dilakukan sebelumnya.

BACA JUGA:  Kelebihan Teknologi Mobil Listrik yang Perlu Diketahui

Manfaat selanjutnya adalah membuat pekerjaan yang sifatnya berulang menjadi lebih efisien. Misalnya pada pembuatan kemasan produk. Dengan keterbatasan yang dimiliki manusia, mustahil untuk memenuhi tenggat waktu pembuatan dan manusia bisa lelah, Lain dengan AI.

Penerapan Teknologi Artificial Intellegence

Setelah membahas tentang berbagai manfaat teknologi artificial intellegence yang dapat memudahkan berbagai pekerjaan manusia, selanjutnya adalah pembahasan tentang penerapan teknologi Artificial Intelency dalam kehidupan manusia.

Teknologi Artificial Intelegence Manfaat dan Penerapannya dalam Kehidupan

Sistem Natural Languange Processing (NLP). Sistem kecerdasan buatan memiliki kemampuan untuk mengenali berbagai bahasa alami manusia dan memungkan manusia dapat berkomunikasi dengan komputer.

Interaksi antara komputer dan manusia dapat terjalin menggunakan bahasa natural yang biasan digunakan sehari-hari. Komputer akan mengektraksi informasi dari input dan menghasilkan output bahasa tersebut. Contohnya pada sistem asisten online otomatis.

Komputer Vision memutar metode dalam menghasilkan, memproses, menganalisa dan memahami suatu gambar. Ilmu ini memiliki kaitan erat dalam membangun makna dari satu gambar dari objek fisik. Jika dikombinasi dengan AI disebut visual intelligence system.

Penerapan teknologi artificial intellegence selanjutnya pada sistem robotika. Teknologi robotika saat ini banyak digunakan untuk menggantikan fungsi tenaga manusia. Kemampuan interaksi robot dengan lingkungan sekitar karena dilengkapi komponen mirip anggota tubuh.

BACA JUGA:  Trik Akses Deep Web Paling Mudah dan Aman

Selain itu, dalam sebuah robot terdiri dari sensor yang bisa menerima environment. Terdapat tiga istilah yang erat hubungannya dengan robot vision yakni komputer vision, machine vision dan robot vision.

Dengan adanya komputer vision bukan tidak mungkin di masa mendatang robot akan lebih interaktif. Bidang AI ini mencakup akuisisi dan pemrosesan suatu gambar. Selanjutnya adalah machine vision proses dalam otomatisasi gambar dan robot untuk industry dan rumah tangga.

Selanjutnya adalah dimanfaat kan dalam game. Dengan menggunakan kecerdasan buatan dapat menghasilkan game yang lebih menarik dan lebih interaktif. Game tersebut dapat menerima berbagai perintah dari sistem AI yang ditanamkan.

Hadirnya teknologi baru seperti AI tentu saja menjadi angin segar bagi kehidupan. Ditambah dengan manusia saat ini yang selalu membutuhkan kecanggihan dan kecepatan dalam akses informasi. Teknologi Artificial Intellegence membawa berbagai solusi dalam berbagai bidang. (Red-detribpas.com)