Alat Musik Tradisional Aceh dan Cara Membunyikannya

Alat Musik Tradisional Aceh dan Cara Membunyikannya

detribpas.com – Setelah kami membahas tentang alat musik tradisi khas Indonesia, sekarang akan kami ulas lebih lengkap lagi tentang alat musik dari berbagai daerah di Indonesia, berawal dari alat musik tradisional Aceh, selain serune kalee ternyata masih ada beragam jenis piranti musik tradisi lainnya dan berikut cara membunyikannya.

Aceh merupakan provinsi di ujung barat pulau Sumatra, secara kultur tanah aceh memiliki ciri khas budaya kesenian tersendiri, salah satunya peraduan budaya islamnya yang sangatlah kental, dan paduan inilah yang berdampak pada jenis seni musiknya.

Bicara soal seni musik, setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri berdasarkan suatu budaya yang telah dibangun oleh masyarakatnya. Begitu juga dengan kesenian yang ada di Aceh khususnya tentang seni musiknya.

Penggunaan Alat Musik Tradisional di Aceh

Alat Musik Tradisional Aceh dan Cara Membunyikannya

Penggunaan alat musik khas Aceh digunakan untuk berbagai jenis kesenian salah satunya seni tari. Selain alat musik difungsikan untuk pengiring musik rupanya juga digunakan untuk ritual kebudayaan lainnya.

BACA JUGA:  5 Pilihan Twibbon Hari Kebangkitan Nasional Paling Keren

Jadi alat musik itu digunakan bukan hanya untuk hiburan, melainkan untuk ritual budaya dan tuntutan kebudayaan.

Perlu dibahas juga, penggunaan alat musik tradisional Aceh juga digunakan untuk mengiringi lantunan sastra, atau semacam musik puisi seperti era kesenian kontemporer sekarang ini. Sudah pada tahu kan, prinsipnya ternyata banyak kegunaan yang dihasilkan dari alat musik, apalagi jika pembahasannya tentang kesenian budaya.

Seperti yang sudah kami jelaskan di awal, ternyata selain serune kalee masih terdapat ragam jenis alat musik lainnya khas Aceh, seperti yang kami bahas di artikel sebelumnya tentang alat musik khas Indonesi. Berikut ini akan kami bahas alat musik tradisi Aceh lainnya.

Ragam Alat Musik Tradisi Aceh dan Cara Membunyikannya

 Sedangkan jenis alat musik khas aceh selain serune kalee yang kerap digunakan untuk tujuan hiburan, ritual adat, dan keseniannya lainnya yang dapat kami bagikan untuk kamu sekalian yaitu sebagai berikut:

Alat Musik Tradisional Aceh dan Cara Membunyikannya

  1. Alat Musik Calempong

Merupakan jenis alat musik pukul yang berasal dari Aceh, walaupun secara visual mirip dengan bonang atau kenong, namun rupanya terdapat pembeda yang mencirikan tentang alat musik ini berasal khas Aceh.

BACA JUGA:  Rahasia Aroma Parfum Cowok Yang Disukai Wanita

Secara kebudayaannya membunyikan alat musik ini biasanya dilakukan oleh kaum wanita, dan digunakan untuk mengiringi tarian khas daerah serambi Mekkah.

  1. Alat Musik Rapai

Cara membunyikan Rapai yaitu dengan dipukul menggunakan tangan, secara visual alat musik tradisional Aceh ini mirip dengan rebana. Inilah yang membuktikan tentang seni budaya islam di Aceh pengaruhnya juga sangat besar.

Fungsinya alat musik Rapai digunakan sebagai pengatur tempo, dan ritme ketika melantunkan syair-syair islami dalam suatu pertunjukan kesenian di tanah Aceh.

  1. Alat Musik Tambo

Tambo merupakan alat musik pukul dengan tangan, tanpa menggunakan stik yang tampilannya mirip dengan kendang gamelan.

Sejarahnya alat musik tambo ini pernah digunakan sebagai tanda masuknya waktu sholat layaknya bedug. Dan di era sekarang tambo digunakan sebagai alat musik pengiring tarian atau lantunan syair-syair khas budaya Aceh.

  1. Alat Musik Kecapi Aceh

Ternyata alat musik petik yaitu kecapi yang sejatinya banyak tersebar di Indonesia juga menjadi salah satu alat musik tradisional Aceh. Tentunya dengan kecapi jawa terdapat pembeda. Salah satunya dari bentuknya.

BACA JUGA:  Download Aplikasi Tantan Gratis Dan Temukan Pasanganmu

Keunikan kecapi Aceh yaitu dari segi budaya biasa dimainkan oleh kaum wanita secara tunggal. Biasanya digunakan sebagai musik hiburan setelah bekerja atau juga bisa digunakan sebagai pengirin lantunan syair dan tarian.

  1. Alat Musik Bangsi atau Bangsi Alas

Alat musik bangsi mirip dengan suling, atau saluang khas tanah minang, cara membunyikannya yaitu dengan cara ditiup. Pembedanya setiap lubang dari alat musik ini memiliki ukuran yang berbeda-beda.

Sebagai penanda bentuk lubang, semakin ke bawah, lubang pada bangsi akan dibuat semakin besar untuk dapat menghasilkan bebunyian yang semakin khas.

Dalam tradisi masyarakat Aceh, alat musik bangsi sering digunakan sebagai pengiring tarian landok alun. Tarian landok alun secara makna budaya digunakan untuk penanda kebudayaan tentang bahagianya para petani Aceh mendapatkan lahan baru yang kondisinya baik.

Itulah 5 jenis alat musik tradisional aceh dan cara membunyikannya selain serune kalee, walaupun sejatinya masih banyak lagi jenis alat musik khas tanah aceh yang dapat kamu cari tahu informasinya untuk menambah wawasan kebudayaan khususnya seni musik. (Red-detribpas.com)