5 Alat Musik Tradisional Batak ini Sungguh Paten Kali

5 Alat Musik Tradisional Batak ini Sungguh Paten Kali

detribpas.com – Alat musik tradisional Batak ternyata sangatlah paten kali, istilah paten kali kerap diucapkan untuk menandatang sesuatu yang keren oleh orang Batak, begitu juga ketika kita akan membahas tentang kesenian musik khasnya.

Batak merupakan salah satu suku yang ada di Indonesia dan secara administrasi wilayah suku Batak mendiami provinsi Sumatra Utara.

Setelah kami sempat singgung tentang alat musik Taganing yang asli batak di artikel jenis alat musik tradisional Indonesia kali ini kami akan membahas jenis alat musik lainnya yang rupanya masih banyak tidak hanya Cuma Taganing saja.

Namun sebelum kita membahas tentang produk budayanya, alangkah bijaknya kita singgung sedikit tentang budaya Batak sendiri yang identik dengan pencantuman marga dalam nama mereka setiap orang keturunan asli batak.

Mengenal Budaya Batak

5 Alat Musik Tradisional Batak ini Sungguh Paten Kali

Dapat dipastikan Batak merupakan salah satu suku terbesar di Indonesia selain suku Jawa, secara administrasi wilayah Batak merupakan rumpun suku-suku yang mendiami wilayah Sumatra Utara.

Pembedanya dalam budaya Batak terdapat pengkategorian yaitu seperti Batak Karo, Batak Simalungun, Batak Toba, Batak Pakpak/Dairi, dan Batak Angola. Dari kategori tersebut nanti yang menghasilkan jenis farm atau marga-marga khas Batak.

BACA JUGA:  Download Aplikasi Tantan Gratis Dan Temukan Pasanganmu

Secara kehidupan sprititualism budaya Batak kental dengan agama Kristen Protestan, Kristen Katolik dan Islam, itulah agama yang berkembang era modern di budaya Batak.

Secara identitas budaya masyarakat Batak memiliki tradisi menenun kain yang dinamakan dengan kain Ulos, yang kerap digunakan untuk kepentingan acara kebudayaan. Selain bentuk produk pakaian budaya dalam kesenian pun di Batak terdapat darian yang disebut Tor-tor.

Terkait alat musik tradisional Batak juga sangatlah beragam, hal ini yang pernah kami singgung tentang eksisten Taganing sebagai salah satu produk kesenian musik khas Batak, ruapanya selain itu masih banyak lagi yang akan kami bahas.

Jenis Alat Musik Tradisional Batak

Setelah kami mengulas dengan singkat tentang budaya Batak yang dijelaskan di atas, selanjutnya kami akan membahas jenis alat musik tradisional Batak itu apa saja sih, dan bagaimana cara membunyikannya.

Berdasarkan data yang kami himpun, berikut ini 5 alat musik tradisional Batak yang sejatinya masih banyak lagi, yaitu:

5 Alat Musik Tradisional Batak ini Sungguh Paten Kali

  1. Alat musik Sarune Bolon

Seperti alat musik khas aceh yang terdapat juga nama Sarune, di suku Batak juga terdapat alat musik yang cara memainkannya ditiup yaitu yang dinamakan Serune Bolon. Bahan yang digunakan pada alat musik Serune Bolon yaitu kayu, dan tanduk kerbau.

BACA JUGA:  Rahasia Parfum Cewek Harga 50 Ribuan Dengan Aroma Terbaik

Sudah dijelaskan diawal, cara membunyikan alat musik ini yaitu dengan cara ditiup. Uniknya bagi seniman yang akan memainkan alat musik tradisional Batak ini wajib memiliki nafas Panjang dan tanpa henti. Tentunya untuk mengatur nafas tersebut diperlukan Latihan khusus.

  1. Alat musik Garantung

 Selanjutnya yaitu alat musik garantung yang secara bentukannya terbuat dari kayu dan memiliki 5 bilah nada ketika dibunyikan. Cara membunyikan Garantung sebagai alat musik khas Batak ini dengan cara di pukul.

Nada yang keluar dari alat musik ini yaitu berperan sebagai pengatur melodi, dan berperan juga untuk sebagai ritem dalam jenis lagu-lagu Batak tertentu.

  1. Alat musik Taganing

Alat musik tradisional batak yang satu ini masih merupakan kategori alat musik yang cara memainkannya dengan cara di pukul. Secara bentuk visual alat musik ini sama dengan gendang yaitu terbuat dari kayu dan terdapat membrane dari kulit.

Stik yang diguanakn untuk memukul taganing dalam budaya Batak disebut dengan palupalu. Biasanya taganing dimainkan oleh 1 sampai 2 orang. Peranan taganing dalam ragam musik khas batak sangatlah penting, karena kerap kali digunakan sebagai pengantur tempo.

  1. Alat musik Hapetan (Hasapi)

Jenis alat musik selanjutnya yaitu Hapetan atau yang disebut juga dengan Hasapi. Merupakan jenis alat musik yang dibunyikan dengan cara dipetik selayaknya gitar, tentu alat musik ini digunakan sebagai melodi atau ritem ketika bersanding dengan alat musik lainnya.

BACA JUGA:  Alat Musik Tradisional Minangkabau Selain Saluang

Secara visual alat musik ini juga mirip dengan kecapi, karena bentuknya tergolong kecil tidak sebesar bentuk alat musik petik gitar.

  1. Alat musik Gondang

Terakhir pilihan kami tentang alat musik khas Batak yaitu gondang, atau alat musik ini kerap disebut sebagai single drum. Secara visual alat musik ini memang mirip dengan drum sebagai alat musik modern.

Namun pembedanya dalam soal bentuk, yaitu alat musik ini dibuat dari bahan kayu dan membrane terbuat dari kulit hewan biasanya kulit sapi atau kerbau. Cara membunyikannya yaitu dengan cara dipukul.

Informasi lanjutan tentang alat musik tradisional Batak jenis gondang ini yaitu tentang bentuknya yang ketika dimainkan diameternya berbeda-beda, tentunya digunakan untuk menghasilkan suatu suara yang berbeda jenisnya.

Nah itu pembahasan singkat kami tentang jenis alat musik tradisional Batak yang paten kali. Dan tulisan ini juga sebagai bukti penguat tentang ragam budaya Indonesia sangatlah banyak serta hebat.

Setelah kami membahas tentang alat musik khas Minangkabau, selanjut diartikel ini kami membahas juga tentang alat musik tadisi khas batak. (Red-detribpas.com)