Contoh Kerumunan

Jenis, Motif dan Contoh Kerumunan Sosial yang Terjadi di Masyarakat

Mari kita bicara tentang jenis kelompok sosial, contoh kerumunan sosial, klasifikasi kelompok sosial, kelompok sosial dalam masyarakat multicultural, jenis masyarakat sosial, sifat massa, bentuk massa, konsep.

Pengelompokan kelompok sosial berdasarkan faktor-faktor dasar adalah sebagai berikut:

Kelompok sosial yang tidak terorganisir berdasarkan kepentingan bersama (disordered groups)

Contoh Kerumunan Sosial

Kelompok manusia yang mekanismenya tidak terorganisir atau kelompok sosialnya tidak teratur dibagi menjadi dua kelompok utama berikut.

Contoh Kerumunan Sosial

Kerumunan sosial atau kelompok sosial adalah sekelompok orang yang berada di satu tempat tetapi tidak memiliki hubungan permanen di antara mereka.

Kelompok orang seperti itu disebut kolektif yaitu kelompok manusia dalam ruang dan waktu yang alami. Sekelompok orang disebut populasi jika memiliki ciri-ciri sebagai berikut..

Orang-orang dalam kelompok sosial tidak mengenal satu sama lain. Kehadiran orang di tempat berkumpul tidak hanya kontak fisik atau mental..

Pertemuan tersebut menjadi pusat perhatian publik dan terinspirasi oleh apa yang terjadi secara kebetulan..

Tidak terorganisir antara satu orang dengan orang lain. Interaksi interpersonal bersifat spontan tidak dapat diprediksi lemah dan sementara..

Orang yang berpartisipasi dan berkumpul memiliki status sosial yang sama (disorganized) meskipun status sosialnya berbeda..

Contoh Kerumunan Sosial Masyarakat

Setiap orang bebas untuk masuk atau keluar dari publik. Penyumbatan/kerumunan terbentuk di tempat-tempat tertentu dan hanya bersifat sementara.

Orang-orang dalam kerumunan kehilangan identitas individu mereka melalui efek kumulatif atau sengaja kehilangan identitas individu mereka untuk menyembunyikan status sosial mereka yang sebenarnya.

Di bawah ini adalah bentuk keramaian dalam kehidupan masyarakat atau juga bisa diartikan sebagai contoh kerumunan sosial di masyarakat..

Kerumunan yang berartikulasi dengan struktur sosial

Audiensi formal atau audiensi resmi atau audiensi adalah sekelompok orang dengan fokus dan tujuan yang sama. Contoh Kerumunan ini Misalnya orang yang nonton film orang yang mengikuti khutbah agama.

Kelompok ekspresi adalah kerumunan yang fokusnya tidak begitu penting tetapi tujuan umumnya berpusat pada aktivitas kerumunan dan kegembiraan yang dihasilkannya. Misinya adalah untuk memperbaiki stres yang dirasakan orang karena pekerjaan sehari-hari. Misalnya orang mengadakan pesta atau menari.

Kerumunan yang bersifat sementara (casual crowd)

Pertemuan atau kelompok yang tidak menyenangkan dan tidak pantas. Dalam kelompok ini kehadiran orang lain menjadi penghambat pencapaian tujuan atau sasaran. Misalnya orang mengantri untuk membeli tiket orang menunggu bus dll..

Contoh Kerumunan casual crowd

Kerumunan yang panik adalah kerumunan yang panik. Mereka adalah orang-orang yang berusaha menyelamatkan diri dari bahaya. Impulsif setiap penonton cenderung menambah kepanikan.

Jika massa atau kerumunan penonton ingin melihat suatu peristiwa tertentu tindakan yang dilakukan biasanya di luar kendali mereka. Contoh Kerumunan ini Misalnya orang banyak menyaksikan kecelakaan atau bencana alam.

Kerumunan yang berlawanan dengan norma hukum (lawless crowds)

Herd atau overt expression adalah kawanan perilaku emosional yang tidak terkendali karena tidak semua orang dapat mengendalikan dirinya (fisik atau mental).

Kerumunan melakukan aksi-aksi yang termasuk dalam kategori destruktif antisosial dan rusuh..

Massa terjadi karena faktor-faktor yang dapat mengobarkan sentimen masyarakat seperti konflik sosial karena unsur etnik pemicu kecemburuan dan pertentangan sosial kebijakan pemerintah frustasi dll..

Contoh Kerumunan lawless crowds

Misalnya komplotan pedagang kaki lima yang mengobrak-abrik fasilitas umum karena marah karena dilarang berjualan di tempat-tempat yang mengganggu kelancaran arus lalu lintas..

Massa yang tidak bermoral adalah massa yang tindakannya bertentangan dengan norma sosial. Contoh Kerumunan  ini Misalnya sekelompok orang mabuk.

Kerumunan pasif atau crowd

Dalam kelompok ini orang-orang berkumpul hanya secara fisik dan diam atau tidak mengganggu orang lain dan tidak memiliki maksud atau tujuan tertentu..

Orang-orang yang berkumpul di tempat itu memiliki alasan atau motivasi yang berbeda-beda. Contoh Kerumunan ini Misalnya orang menonton pesulap dan salesman.

Manifestasi umum (demonstration) atau unjuk rasa

Kerumunan jenis ini lebih terorganisir daripada kerumunan penonton. Ini berarti bahwa sebelum langkah-langkah ini diambil organisasi seringkali tidak terlalu kaku tetapi rencana orang-orangnya lebih dulu. Contoh Kerumunan sosial ini Misalnya protes terhadap rezim Orde Baru.

Contoh Kerumunan demonstration

Kerumunan berdasarkan tempat tinggal atau residential aggregate

Kerumunan ini merupakan kesatuan dari orang-orang yang memiliki tempat tinggal yang sama tetapi tidak saling mengenal. Lokasi berada di kota-kota besar.

Di tengah kota besar banyak orang yang tidak mengenal tetangganya dan tidak ada hubungan di antara mereka. Di luar kota besar Anda bisa menemukan sekelompok orang yang dikenal sebagai gelandangan.

Kerumunan fungsional atau functional aggregate

Kerumunan fungsional adalah sekelompok orang yang memiliki fungsi atau fungsi tertentu tetapi tidak termasuk dalam pengertian kelompok sosial atau komunitas sosial. Contoh Kerumunan sosial ini  Misalnya suatu kawasan perkotaan digunakan sebagai tempat usaha atau pasar.

Publik

Orang-orang adalah kelompok yang terpisah. Interaksi dilakukan melalui alat komunikasi dan tidak permanen..

Contoh Kerumunan ini Misalnya percakapan pribadi rumor gosip surat kabar radio televisi film dll..

Menggunakan alat tautan seperti ini akan membantu audiens Anda mendapatkan banyak pengikut secara teratur. Semua tindakan publik seperti pemungutan suara dalam pemilihan umum diprakarsai oleh pilihan individu..

Massa

Massa didefinisikan sebagai ukuran sosial total. Konsep massa muncul sejalan dengan perkembangan sosial yang mengarah pada model kehidupan modern..

Jadi konsep massa merupakan ciri masyarakat modern yang biasanya mendiami perkotaan.

Orang yang cemburu adalah kelompok yang heterogen jadi sulit untuk mengidentifikasi mereka. Status sosial taraf hidup pendidikan ras keragaman penduduk dapat dilihat pada perbedaan pekerjaan dan agama..