gambar dan nama mutasi yang benar

Gambar Dan Nama Mutasi Yang Benar Wajib Kalian Tau

Gambar Dan Nama Mutasi Yang Benar, Berikut ini akan kita bahas mengenai mutasi, pengertian mutasi gen, contoh mutasi gen,

macam macam mutasi, jenis mutasi gen, insersi, mutasi kromosom, perubahan set kromosom.

Mutasi

Lalat buah (Drosophila melanogaster) yang terpapar sinar ultraviolet sebentar menyebabkan sistem genetik tidak berfungsi dalam penerjemahan kode protein yang dimaksud.

Ini menghasilkan deformasi kaki antena seperti yang ditunjukkan pada gambar. Kaki tumbuh dari antena karena tentakel tidak berfungsi dengan baik mencegah pertumbuhan kaki kepala selama perkembangan.

Ini karena ada struktur yang berubah saat terkena sinar UV. Peristiwa di atas merupakan peristiwa mutasi.

Beberapa peristiwa mutasi menghasilkan organisme mutan atau bermutasi secara tak terduga atau aneh.

Selain berbahaya ada juga mutasi yang menguntungkan. Sebagai contoh tanaman poliploid dapat menghasilkan biji tanpa biji akibat mutasi dan dapat dipanen dalam waktu yang sangat singkat. Apa artinya perubahan?

Macam-Macam Mutasi

DNA adalah salah satu elemen terpenting dalam proses genetik. Perubahan urutan pasangan basa DNA mengakibatkan perubahan fenotipe pada suatu organisme.

Jika perubahan ini bukan merupakan perubahan yang dapat dilihat pada diri individu maka perubahan tatanan tersebut berpotensi terwujud pada generasi selanjutnya.

Hal ini menjadi salah satu sumber variasi genetik yang mendorong lahirnya keanekaragaman hayati. Mutasi adalah perubahan jumlah materi genetik dalam sel.

Mutasi terkait dengan perubahan organ atau susunan genetik pada organisme. Anda sudah tahu bahwa pewarisan dimulai dengan pasangan nukleotida yang membentuk gen dalam DNA kental (kromosom).

Fenomena mutasi disebut mutasi. Organisme yang mengalami mutasi untuk menghasilkan fenotipe baru disebut mutan.

Faktor penyebab mutasi disebut mutagen. Mutasi dibagi menjadi dua jenis berdasarkan hereditas (gen) dan kromosom.

Ketika mutasi terjadi dalam serangkaian basa nitrogen mutasi yang dihasilkan disebut mutasi genetik atau mutasi titik.

Perubahan susunan atau bentuk kromosom disebut dengan aberasi kromosom atau chromosomal aberrations.

Macam-Macam Jenis Mutasi Gen dan Kromosom

Mutasi Gen

gambar dan nama mutasi yang benar
gambar dan nama mutasi yang benar

Mutasi gen juga disebut mutasi titik. Mutasi ini disebabkan oleh perubahan urutan basa DNA atau basa DNA.

Tubuh mensintesis protein dari pembacaan tiga pasangan basa (triad). Kodon diwariskan dari gen indera setiap untai DNA triplet.

Kembar tiga adalah angka yang dipahami tubuh Anda untuk membuat asam amino. Mutasi gen dapat dibagi menjadi dua jenis: substitusi pasangan basa penyisipan dan penghapusan pasangan basa (Campbell 1998:318).

  1. Penggantian Pasangan Basa

Substitusi pasangan basa adalah penggantian satu nukleotida dengan yang lain. Substitusi basa ini dapat menciptakan organisme mutan. Mutasi biasanya membahayakan organisme di mana mereka terjadi.

Definisi pola dan jenis perubahan genetik dan kromosom

(a) Urutan asam amino normal mengalami perubahan setelah terjadi

(b) penggantian pasangan basa G oleh basa A

Pada diagram di atas basa A (basa purin) menggantikan basa G (basa purin) pada kodon keempat mRNA.

Substitusi dasar ini mungkin atau mungkin tidak berpengaruh pada tubuh. Itu tergantung pada bagaimana substitusi basis ditafsirkan.

Misalnya jika kodon pada mRNA berubah dari GAA menjadi GAG.

Perubahan urutan basa tidak menyebabkan perubahan protein karena urutan basa GAA dan GAG mengkode asam amino glutamat.

Dalam kasus lain substitusi pasangan basa dapat menyebabkan mutasi yang membuat protein menjadi tidak aktif. Hal ini dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Memahami contoh dan jenis mutasi genetik dan kromosom

Penggantian basa A oleh basa U

menyebabkan protein tidak berfungsi

Mengganti basa A dengan basa U dapat membuat kode triplet basa amino baru untuk valin. Contohnya adalah anemia sel sabit.

  1. Insersi dan Delesi Pasangan Basa

Penyisipan dan penghapusan adalah penambahan (penyisipan) atau penghapusan (penghapusan) satu atau lebih pasangan basa dalam suatu gen.

Perubahan di seluruh tubuh dapat menyebabkan efek samping. Memasukkan atau menghapus pasangan basa dapat menyebabkan teks dibaca berbeda selama penerjemahan.

Mutasi ini juga dikenal sebagai mutasi ban. Menghapus basa U pada urutan basa UUU pada gambar di bawah akan mengubah basa lainnya sehingga muncul simbol protein baru (UUG).

Definisi Variasi Gen dan Kromosom Contoh dan Jenis

Mutasi pergeseran kerangka

menyebabkan pemunculan kode protein yang baru

Sedangkan jika suatu gen disisipkan atau dihapus pada akhirnya akan menghasilkan protein yang tidak berfungsi atau rusak.

Mutasi Kromosom

gambar dan nama mutasi yang benar
gambar dan nama mutasi yang benar

Mutasi gen dapat menyebabkan lahirnya mutasi kromosom. Setiap organisme memiliki satu set kromosom unik yang menentukan identitas spesies.

Mutasi kromosom dapat terjadi secara fisik berupa perubahan bentuk kromosom atau perakitan kromosom. Perubahan dalam satu set kromosom terutama mempengaruhi fenotipe individu.

  1. Perubahan Struktur Fisik

Perubahan struktur fisik kromosom dapat terjadi pada posisi atau jumlah gen di dalam kromosom.

Perubahan yang terjadi pada jumlah gen pada kromosom diklasifikasikan sebagai delesi dan duplikasi sedangkan perubahan lokasi gen pada kromosom dapat terjadi melalui translokasi dan inversi (Brum et al 1994:257).

Beberapa Jenis Jenis Mutasi Kromosom

Delesi Kromosom

Penghapusan adalah hilangnya segmen kromosom karena putus. Mutasi terjadi yang menyebabkan bagian kromosom hilang selama pembelahan sel.

Akibatnya kromosom kehilangan beberapa gen yang mungkin atau mungkin tidak bergantung pada seberapa penting gen tersebut bagi sel.

Contoh dan Jenis Mutasi Gen dan Kromosom

Proses delesi terjadi pada segmen c-d menyebabkan

susunan berubah dari a-b-c-d-e menjadi a-b-e

Penghapusan dapat dibagi menjadi penghapusan terminal dan penghapusan perantara. Penghapusan terminal adalah penghapusan atau pemutusan kromosom di dekat ujung kromosom. Penghapusan interstitial terjadi ketika kromosom pecah di dua tempat.

Duplikasi Kromosom

Duplikasi terjadi ketika bagian dari kromosom digandakan dan identik dengan bagian lain dari kromosom (di bawah).

Pengertian, Contoh serta Macam-Macam Jenis Mutasi Gen dan Kromosom

Duplikasi terjadi pada dua kromosom

Menyeberang dapat menyebabkan duplikasi. Segmen kromosom ditransfer ke berbagai bagian kromosom homolog. Dalam hal ini terjadi penghapusan pada kromosom dimana satu segmen hilang.

Misalnya terjadi duplikasi kromosom pada Drosophila melanogaster yang menyebabkan mutasi pada mata berupa batang (rods).

Translokasi Kromosom

Translokasi adalah mutasi yang disebabkan oleh perpindahan dari satu kromosom ke kromosom lainnya.

Contoh serta Macam-Macam Jenis Mutasi Gen dan Kromosom

Kromosom yang mengalami translokasi

mengalami perpindahan fragmen

Keseimbangan genetik tetap terjaga dalam artian tidak ada gen yang hilang atau ditambah. Namun perubahan fenotip dapat terjadi sebagai respons terhadap kondisi lingkungan yang merangsang ekspresi gen.

Inversi Kromosom

Inversi adalah perubahan arah segmen kromosom. Ini dapat terjadi ketika kromosom yang rusak bergabung hanya dalam arah yang berlawanan dengan posisi semula.

Pengertian, Contoh serta Macam-Macam Jenis Mutasi Gen dan Kromosom

Proses inversi dibedakan menjadi

(a) parasentris dan (b) perisentris

Ini dapat terjadi pada kromosom homolog. Ada dua jenis inversi: inversi prekardial dan inversi perikardial.

Inversi parasentrik terjadi ketika sentromer berada di luar lengan kromosom yang terbalik. Inversi perisentrik adalah inversi yang terjadi pada dua lengan kromosom yang berbeda.

Katenasi Kromosom

Keterkaitan kromosom adalah perubahan kromosom yang terjadi ketika kromosom homolog bersatu membentuk lingkaran (gambar 1).

Pengertian Mutasi Gen dan Kromosom Contoh dan Jenisnya.

Perubahan set kromosom dapat menghasilkan sejumlah set genom utuh yang dikenal sebagai euploid. Perubahan pada satu set kromosom juga dapat terjadi pada jumlah kromosom dalam satu set yang disebut aneuploidi.