contoh kelompok informal

Contoh Kelompok Informal (Informal Group) dan Kelompok Formal (Formal Group)

Pada artikel berikut akan dibahas Contoh Kelompok Informal dan kelompok formal dan pengertian kelompok formal kelompok informal lengkap dengan penjelasan etimologinya, simak artikel ini sampai selesai agar kalian bisa memahami tatanan sosial kemasyarakatan yang ada di kehidupan bernegara.

Kelompok Informal (Informal Group) dan Kelompok Formal (Formal Group)

contoh kelompok informal (informal group)

Untuk itu untuk mendalami salah satu jenis sosial ini, maka berikut inilah contoh kelompok informal group dan formal group yang ada di masyarakat sekitar.

Contoh Kelompok Informal (Informal Group)

Kelompok informal adalah bagian dari kehidupan manusia tanpa struktur dan organisasi tertentu.

Kelompok-kelompok ini biasanya sering mengadakan pertemuan dan pertemuan ini didasarkan pada pertemuan kepentingan dan pengalaman bersama.

Misalnya,  cliques (cliques) adalah kelompok kecil tanpa struktur formal yang sering bertemu dalam kelompok yang lebih besar. Sebuah klik dicirikan oleh fakta bahwa para anggota saling bertemu biasanya hanya di antara kita (sederajat). di bawah ini detai dengan Contoh Kelompok Informal yang umumnya ada di kehidapn sehari hari.

contoh kelompok informal dan formal

Antar Siswa

Contoh Kelompok Informal Diantara adalah siswa. Sekelompok siswa duduk di taman bermain dan bergosip tentang satu sama lain. Teman sekelas lain mungkin datang untuk bergabung dengannya dalam kelompok lain yang jelas terkait dengan contoh kelompok sosial informal.

Pecinta Burung

Contoh Kelompok Informal selanjutnya yaitu Asosiasi birding atau pecinta burung, berdasarkan hobi yang sama tidak memaksakan persyaratan tertentu untuk bergabung kecuali birders mau dan mampu belajar bahwa orang lain sudah ada dalam grup.

Hewan Reptil

Pecinta reptil seperti reptil ular buaya dll. Mereka adalah contoh informal di mana tidak ada aturan khusus yang diperlukan untuk berpartisipasi dan tidak diperlukan izin untuk pergi.

Komunitas Blogger

Komunitas blogging saat ini merupakan salah satu komunitas blogging yang tumbuh paling cepat terutama dalam hal kecepatan penggunaan internet. Tidak ada aturan khusus yang diperlukan untuk menjadi anggota.

Komunitas Youtube

Komunitas YouTube dan komunitas berbasis YouTube akhir-akhir ini menjadi bentuk pengelompokan sosial informal yang mudah ditemukan dalam sebuah komunitas.

Contoh Kelompok Formal (Formal Group)

Kelompok formal adalah kelompok yang sengaja dibuat oleh para anggotanya untuk memiliki aturan yang tegas dan untuk mengatur hubungan antar anggota.

Hubungan antar anggota diatur melalui upaya pencapaian tujuan berdasarkan komponen organisasi tertentu.

Tindakannya didasarkan pada aturan yang telah ditentukan. Organisasi biasanya didasarkan pada mekanisme administratif.

contoh kelompok sosial formal dan informal

Staf administrasi bertanggung jawab untuk menjaga organisasi dan mengkoordinasikan kegiatan organisasi.

Misalnya unit polisi lalu lintas memiliki unit seperti administrasi lapangan atau patroli logistik atau saran.

Pegawai Rumah Sakit

Staf rumah sakit dapat didefinisikan sebagai salah satu kelompok sosial formal dalam proses pembentukan staf di rumah sakit. Alasannya ada aturan tertentu untuk menjadi anggota dan hal yang sama berlaku untuk anggota yang bisa menjadi staf terlebih dahulu baik itu dokter staf apoteker dll.

contoh kelompok sosial formal

Guru / Pengajar / Dosen

Contoh kelompok sosial formal adalah guru. serikat guru yang berstatus negeri dan swasta. Yang pasti member yang bergabung di grup ini adalah ada aturan-aturan tertentu.

Murid / Siswa / Mahasiswa

Identitas siswa sebagai siswa juga tercermin dalam kelompok sosial formal di dalam lembaga pendidikan. Sebagian besar siswa mengenakan seragam siswa di sekolah dan mengikuti aturan tertentu.

Contoh Kelompok Informal dan Kelompok Formal

Asosiasi Psikologi

Contoh kelompok sosial resmi ini adalah Asosiasi Psikologis sebuah perkumpulan psikologis di mana Anda harus memenuhi persyaratan seperti terdaftar secara hukum dan lulus tes bakat untuk menjadi anggota.

Instansi Resmi / BUMN

Contoh lain perusahaan yang berbadan hukum disebut korporasi formal adalah perusahaan cangkang seperti BUMN dan BUMS. Gambaran yang jelas sebagai member JNE. Itulah gunanya petunjuk ini tetapi mereka mengatakan kami sedang mengusahakannya.

Demikian penjelasan dan komentar yang dapat dipahami oleh pembaca sekalian tentang contoh kelompok informal dan formal dalam masyarakat yang mudah ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberikan wawasan dan pembelajaran yang mendalam. terima kasih