Pengenalan Gadget Sejak Dini Dalam Masa Perkembangannya

Pengenalan Gadget Sejak Dini Dalam Masa Perkembangannya

detribpas.com – Pengenalan gadget sejak dini memiliki sisi positif dan juga negatif. Sebagai orang tua perlu mengetahui kedua sisi tersebut untuk bisa memberikan yang terbaik bagi anak.

Terlebih setiap anak memiliki perkembangan berbeda-beda. Hal tersebut menjadi tanggung jawab besar bagi para orang tua untuk memastikan sang buah hati bisa tumbuh maksimal.

Pengenalan ini perlu dilakukan karena laju perkembangan teknologi yang kian canggih setiap harinya. Anak-anak hingga orang dewasa menggunakan alat ini bukan hanya sekedar menjadi media komunikasi saja.

Gadget kini memiliki pernanan lain yakni sebagai media belajar, bermain dan lain sebagainya. Tidak sedikit orang tua memberikan gadget pada anak sejak dini, apakah tindakan tersebut benar dilakukan?

Tahapan-tahapan Pengenalan Gadget Pada Anak

Untuk mengetahui apakah tindakan pengenalan gadget sejak dini merupakan sesuatu yang baik dilakukan oleh orang tua atau tidaknya, maka pahami dulu bagaimana tahapan pengenalan yang sebaiknya dilakukan.

Pengenalan Gadget Sejak Dini Dalam Masa Perkembangannya

Dengan memahami tahapannya, sehingga para orang dewasa yang memiliki tanggung jawab terhadap anak-anak menjadi tahu kapan waktunya diberikan gadget.

Tahapan pertama yakni usia 2-4 tahun. Pada tahap usia ini, mulai terjadi interaksi antara anak-anak dan gadget. Meskipun baru masuk pengenalan saja, tetap harus ada pendampingan agar mempererat ikatan emosional dengan anak.

Tahapan kedua yakni usia 4-7 tahun. Pada tahapan ini umumnya anak-anak mulai memiliki kecenderungan untuk melakukan eksplorasi secara mandiri. Oleh karena itu pada tahap ini wajib adanya batasan bagi anak.

BACA JUGA:  Manfaat Outbound untuk Anak Sebagai Sarana Edukasi

Batasan tersebut dilakukan agar anak tidak terjerumus dalam berbagai hal-hal yang tidak diinginkan. Terlebih saat ini ada banyak situs yang memungkinkan bisa dikunjungi olehnya.

Tahapan pengenalan gadget sejak dini ketiga yakni usia 7-10 tahun. Pada tahapan ini, anak-anak mulai memiliki kecenderungan ingin mendapatkan kebebasan dari orang tuanya. Ini terjadi karena lingkungan sosial yang dialaminya.

Oleh karena itu pada tahap ini, orang tua wajib memberikan dorongan agar anak mampu bereksplorasi sendiri. Meskipun tetap harus ada pengawasan dari ayah dan juga ibunya.

Tahapan keempat yakni usia 10-12 tahun. Tahapan ini anak-anak mulai memasuki masa pra remaja. Oleh karena mereka membutuhkan sebuah kebebasan dan juga pengalamannya sendiri.

Tahapan kelima yakni usia 12-4 tahun. Tahapan ini anak-anak mulai aktif dalam kehidupannya. Memasuki usia ini anak mulai menggunakan gadget sebagai media komunikasi secara intens. Sehingga perlu tahap pengenalan gadget sejak dini.

Tahapan keenam yakni usia 14-17 tahun. Tahapan ini merupakan tahapan puncak bagi anak dan juga menjadi tahapan paling riskan yang memiliki tantangan tersendiri.

Karena pada tahap tersebut anak mulai memasuki kematangan usia remajanya. Sehingga ia akan mulai terlihat lebih matang baik itu dilihat dari fisiknya, emosinya hingga pengetahuannya.

Berdasarkan uraian tadi pengenalan gadget sejak usia dini sebenarnya tidak apa-apa dilakukan. Karena setiap tahapan anak memiliki perkembangannya masing-masing.

BACA JUGA:  Pentingnya Pendidikan Karakter, Tujuan dan Fungsinya

Manfaat Pengenalan Gadget Sejak Dini

Setelah mengetahui tahapan tadi, apabila Anda memiliki seorang anak tidak masalah memperkenalkan gadget kepadanya sejak dini. Asalkan diberi batasan tertentu.

Terlebih pengenalan tersebut memiliki manfaatnya. Apabila anak dikenalkan sesuai dengan tahapan usianya maka manfaatnya akan lebih maksimal. Berikut uraiannya.

Manfaat pertama anak lebih mudah dalam mempelajari keterampilan baru. Apabila pengenalan gadget sejak dini dilakukan, maka anak lebih mudah mengenal hal-hal baru.

Karena di dalam smartphone itu sendiri umumnya berisikan berbagai informasi menarik bagi anak, misalnya berupa video. Dari video tersebut maka anak bisa mempelajari berbagai keterampilan baru.

Manfaat kedua informasi bisa didapatkan dengan mudah. apabila anak dikenalkan dengan benda ini juga bisa membantu sang ibu dan ayah dalam memberikan informasi kepada sang buah hati.

Umumnya anak-anak memiliki ketertarikan terhadap sesuatu sangat tinggi, sehingga dirinya memiliki keingintahuan yang besar. Oleh karena itu media ini bisa dijadikan alat menambah informasi bagi sang buah hati.

Manfaat pengenalan gadget sejak dini ketiga mampu meningkatkan kemampuan visual anak. Misalnya anak menjadi lebih mudah dalam mengenal warna, gambar dan lain sebagainya sehingga kemampuan visual atau penglihatannya semakin tajam.

Dengan bantuan media tersebut dapat membantu anak dalam mengenal berbagai bentuk berbeda-beda. Selain itu sang buah hati juga bisa lebih mudah dalam mengenal warna-warni.

Manfaat terakhir yakni bisa membantu peningkatan pengetahuan umum milik anak. Pengetahuan ini bisa didapatkan berdasarkan apa yang ditonton oleh anak, terlebih ada banyak sekali informasi yang bisa dijadikan pengetahuan baru.

BACA JUGA:  Mengenal Sistem Pendidikan Negara Maju yang Lebih Efektif

Bahaya Pengenalan Gadget Sejak Dini

Meskipun dengan banyaknya manfaat yang didapatkan apabila melakukan pengenalan gadget sejak usia dini. Namun itu semua juga memiliki kekurangannya.

Pengenalan Gadget Sejak Dini Dalam Masa Perkembangannya

Setiap kelebihan tentu ada kekurangan, sama halnya pengenalan media ini jika dilakukan sejak usia dini. Terdapat bahayanya juga, meskipun bahaya tersebut tetap bisa diatasi dengan cara melakukan pencegahannya.

Umumnya berbagai bahaya itu terjadi akibat kelalaian orang tua dalam melakukan pendampingan. Anak-anak yang melakukan aktivitas tanpa diketahui orang dewasa ini menjadi pemicu dari bahayanya.

Karena ada banyak sekali informasi yang bisa didapatkan oleh anak-anak, sehingga jika ayah maupun ibu lalai dalam memberikan pendampingan maka anak bisa terjerumus dalam hal-hal yang tidak diinginkan.

Oleh sebab itu ketika melakukan pengenalan gadget sejak dini sebagai orang tua sebaiknya memberikan pengarahan dan pendampingan pada anak-anak dalam menggunakan media yang satu ini.

Jangan sampai manfaatnya yang ada banyak sekali tersebut terkubur oleh kelalaian orang tua. Sejatinya setiap anak itu tidak memiliki pemahaman apapun, orang tua yang menjadi sumber pemberian informasi utama.

Maka dari itu penting menyediakan batasan bermain gadget bagi sang buah hati, dan juga disesuaikan dengan tahapan-tahapan perkembangannya. Jangan terlalu mengekang, atau terlalu acuh.

Lakukan pendampingan dengan menyesuaikan tahapannya. Ingat, setiap anak memiliki tahapan atau perkembangan berbeda-beda. Oleh karenanya pengenalan gadget sejak dini baik dilakukan, namun tetap perhatikan batasannya. (Red-detribpas.com)