Manfaat Daycare untuk Anak dalam Tumbuh Kembangnya

Manfaat Daycare untuk Anak dalam Tumbuh Kembangnya

detribpas.com – Orang tua harus tahu manfaat daycare untuk anak agar perasaan bersalah menjadi hilang. Kebanyakan ibu yang harus meninggalkan buah hatinya di tempat penitipan selalu merasa bersalah karena tidak bisa menemaninya.

Perasaan bersalah ini tentu wajar muncul dari para orang tua khususnya ibu yang terpaksa harus kembali bekerja. Penelitian dari Inggris dari situs My Family Care menyatakan bahwa 80 persen ibu merasa bersalah kembali bekerja.

Seorang ibu tentu memiliki perasaan was-was saat harus meninggalkan anaknya pada orang lain. Namun faktanya tempat penitipan anak atau daycare memberi manfaat untuk tumbuh kembang si kecil.

6 Manfaat Daycare untuk Anak

Daycare merupakan layanan penitipan anak yang menyediakan berbagai fasilitas dan layanan terbaik. Pelayanan mereka berfokus pada memberikan kenyamanan dan ketenangan untuk anak-anak berbagai usia.

Biasanya daycare sudah menyediakan pengasuhan, perkembangan karakter, permainan edukatif bahkan makanan bergizi untuk semua anak. Tentu hal ini sangat bermanfaat untuk anak-anak dan membuat orang tua lebih tenang.

Tidak hanya itu ada manfaat daycare untuk anak lain khusus untuk tumbuh kembangnya seperti uraian berikut ini.

Manfaat Daycare untuk Anak dalam Tumbuh Kembangnya

  1. Kemampuan Kognitif Akan Menjadi Lebih Baik

Pelayanan dari daycare tidak diragukan bisa memberikan stimulus untuk anak-anak setiap hari. Hal ini tentu akan mempengaruhi kemampuan kognitif ataupun kemampuan akademiknya secara umum.

BACA JUGA:  Pentingnya Pendidikan Karakter, Tujuan dan Fungsinya

Anak yang terbiasa dengan stimulus setiap harinya tidak hanya mempengaruhi kemampuan kognitif ataupun akademik saja melainkan perkembangan karakternya. Saat remaja kemungkinan menjadi nakal sangat kecil.

Penuturan ini diperkuat dengan sebuah studi yang berasal dari US National Institue of Health. Mereka menemukan bahwa manfaat daycare untuk anak memberi kecenderungan memiliki kualitas lebih baik pada bidang akademi dan kognitifnya.

Prestasi anak dari daycare lebih baik dibandingkan dengan anak yang jarang menerima stimulus sejak dini. Tentu ini menjadi tanggung jawab orang tua untuk mengasah prestasi atau kemampuan anaknya.

  1. Daya Tahan Tubuh Akan Menjadi Lebih Kuat

Manfaat daycare untuk anak yang cukup mengejutkan adalah berpengaruh pada kesehatan sang buah hati. Mereka memiliki daya tahan tubuh cenderung lebih kuat sehingga tidak mudah sakit.

Pernyataan ini tentu bukan karangan semata, namun berdasarkan jurnal dari JAMA Pediatrics. Mereka menemukan bahwa anak-anak yang setiap harinya menghabiskan waktu di daycare pada usia sekitar 2 tahun memiliki imun lebih kuat.

Mereka mengatakan bahwa anak-anak tersebut lebih kuat dan jarang terserang penyakit dibandingkan anak-anak yang lebih banyak di dalam rumah. Tentu hal ini dipengaruhi oleh lingkungan dan aktivitas-aktivitas dari tempat penitipan.

Manfaat daycare untuk anak ini menunjukkan bahwa tempat penitipan tidak hanya memberikan pengaruh pada kemampuan prestasinya saja melainkan berpengaruh juga pada kesehatan dari buah hati Anda.

  1. Dalam Bersosialisasi Anak Menjadi Lebih Leluasa

Keterampilan bersosialisasi hanya bisa dimiliki oleh anak yang banyak bertemu dengan orang lain setiap harinya. Interaksi mereka dengan orang lain, baik sebaya ataupun orang dewasa merupakan manfaat daycare untuk anak.

BACA JUGA:  Pendidikan Anak Usia Dini Memiliki Banyak Manfaat

Mengenalkan orang lain pada anak bisa mempengaruhi keterampilan bersosialnya. Tidak hanya bermanfaat untuk anak-anak yang dititipkan saja melainkan bersosialisasi harus dikenalkan orang tua sejak dini pada buah hatinya.

JIka si kecil tidak diperkenalkan dengan orang-orang disekitarnya maka ia akan cenderung takut pada orang baru. Hal ini tentu bisa membawa pengaruh kemampuan bersosialnya hingga ia bertumbuh hingga dewasa nantinya.

Pernyataan tersebut diperkuat dengan adanya statement dari Jenny Garrett yang merupakan seorang penulis buku Rocking Your Role. Ia menjelaskan tentang kemampuan sosialisasi anak-anak pada daycare.

Ia mengungkapkan bahwa seorang anak menghabiskan sepanjang hari untuk berinteraksi dengan anak-anak lain atau orang dewasa lain akan sangat bermanfaat untuk perkembangan sosialnya.

Manfaat Daycare untuk Anak dalam Tumbuh Kembangnya

  1. Buah Hati Menjadi Lebih Mandiri

Selain itu manfaat daycare untuk anak adalah membuatnya jadi lebih mandiri dan tidak manja pada orang tuanya. Anak-anak yang setiap harinya dititipkan akan lebih banyak menghabiskan waktu tanpa didampingi oleh orang tua.

Hal ini ternyata dapat membuat ia menjadi lebih mandiri karena lebih banyak beraktivitas dengan anak-anak lainnya. Anak-anak juga tidak akan terlalu cerewet jika orang tuanya sudah harus meninggalkannya.

BACA JUGA:  Inilah Tips Mendampingi Anak SD Belajar dari Rumah

Bahkan si kecil akan lebih terbiasa ditinggalkan sehingga tidak lagi membuat orang tua merasa bersalah. Lambat laun ia akan merasa nyaman dengan aktivitas dan suasana ramai dari daycare tempatnya bermain.

  1. Si Kecil Jadi Mengenal Rutinitas

Jika sejak usia dini anak dibawa ke tempat penitipan maka ia sejak kecil juga sudah mengenal yang namanya rutinitas. Anak jadi terbiasa bangun lebih pagi, mempersiapkan diri untuk pergi dan rutinitas lain hingga kembali ke rumah.

Sebagai contoh rutinitas makan dengan tepat waktu, bahkan rutinitas untuk tidur siang sesuai jadwal yang sudah ditetapkan oleh daycare. Tentu ini merupakan manfaat daycare untuk anak bagi tumbuh kembangnya.

  1. Si Kecil Jadi Tidak Mudah Sensitif

Hal lain tidak kalah penting dari menitipkan si kecil pada daycare adalah ia menjadi tidak mudah sensitif. Sensitif yang dimaksud adalah anak tidak mudah nangis atau tidak terlalu cengeng saat Anda tinggalkan.

Pada awalnya mungkin anak masih akan selalu menangis jika orang tua sudah harus pergi meninggalkannya untuk bekerja. Mereka pasti akan menangis sebagai pelampiasan rasa kecewa pada orang tuanya.

Perasaan kecewa pada anak ini akan sedikit demi sedikit dihapuskan oleh kebiasaan sehari-hari yang sering ditinggalkan. Ia tidak akan terlalu sedih bahkan bisa tertawa senang jika sudah terbiasa dengan aktivitasnya di daycare.

Dengan mengetahui manfaat daycare untuk anak bagi tumbuh kembangnya, orang tua kini dapat tenang dan terbebas dari rasa bersalah. (Red-detribpas.com)