Bentang Alam Laos
Bentang Alam Laos

Bentang Alam Laos Yang Tidak Banyak Orang Tahu

Bentang Alam Laos, Di bawah ini kita akan membahas fitur diagonal ibukota Laos Populasi Laos Perbatasan alami Laos Kepala negara Letak astronomis Laos akan membahas profil diagonal penuh. Negara Laos Perbatasan Negara Laos Cuaca Laos Area Pemandangan Laos.

Profil Negara Laos

Nama internasional Republic Democratic of Laos
Luas wilayah ± 236.800 km2
Ibu kota Vientiane
Bentuk pemerintahan Republik
Hari kemerdekaan 19 Juli 1949
Kepala negara Presiden
Kepala pemerintahan Perdana menteri
Bahasa Lao
Mata uang New Kip (KN)
Agama mayoritas penduduk Buddha, Tao, KongHu Chu, dan Kristen
Lagu kebangsaan Pheng Xat Lao

 

Sejarah dan Bentuk Pemerintahan Negara Laos

Bentang Alam Laos, Awal sejarah Laos didominasi oleh Kerajaan Nanzao yang digantikan oleh Kerajaan Rangong pada abad ke-14 hingga kerajaan tersebut diambil alih oleh Thailand pada abad ke-18.

Prancis kemudian menguasai wilayah tersebut pada abad ke-19 dan memasukkannya ke dalam Indochina Prancis pada tahun 1983.

Setelah pendudukan Jepang dalam Perang Dunia II negara tersebut memperoleh kemerdekaan sebagai Kerajaan Laos pada tahun 1949 di bawah Raja Sishavongwan.

Laos adalah satu-satunya negara terkurung daratan di Asia Tenggara juga dikenal sebagai negara terkurung daratan yang dikelilingi oleh lima negara.

Nama resminya adalah Republik Demokratik Rakyat Laos.

Badan pemerintahan tertinggi di Laos adalah Dewan Agama Rakyat dan Dewan Agama Rakyat dipimpin oleh Kepala Negara dan Presiden Republik.

Laos adalah republik dengan sistem kabinet dimana kepala negara adalah presiden dan kepala pemerintahan adalah perdana menteri.

Keadaan Alam Negara Laos

Keadaan Alam Negara Laos

Letak, Luas, dan Batas

Secara geografis negara Laos terletak pada 14N-22N dan 100E-107E sedangkan letak geografisnya berada di pedalaman kawasan Asia Tenggara di bagian utara semenanjung Indonesia dengan luas 236804 km2.Batas-batasnya adalah sebagai berikut.

Sebelah utara Cina
Sebelah timur Kampuchea
Sebelah selatan Vietnam
Sebelah barat Thailand dan Myanmar

Iklim

Karena letak geografisnya Laos memiliki iklim tropis dengan suhu tahunan rata-rata 26C-28C. Curah hujan tahunan rata-rata adalah 1500-2500 mm.

Laos memiliki tiga musim: musim hujan (Juni hingga Oktober) musim kemarau (November hingga Februari) dan musim peralihan (Maret hingga Mei).

Ciri-ciri Benua Eropa Letak Astronomi dan Geografis Perbatasan wilayah Kondisi lanskap Iklim dan populasi

Fitur Posisi Astronomi dan Geologi Batas Teritorial Kondisi Topografi Iklim dan Penduduk Amerika Serikat

Karakteristik Letak astronomis dan geografis Batas wilayah Kondisi lanskap Iklim dan populasi benua Afrika

Bentang Alam

Laos adalah negara yang terkurung daratan di Asia Tenggara yang berhutan lebat dan sebagian besar bergunung-gunung salah satunya adalah Pho Bia yang berada 2.817 meter di atas permukaan laut.

Laos juga memiliki banyak negara dan pegunungan. Sungai Mekong membentuk sebagian besar perbatasannya dengan Thailand dan Pegunungan Anami membentuk perbatasan timurnya dengan Vietnam.

Jumlah Penduduk Laos

Jumlah penduduk Laos pada tahun 2003 sebesar 5,6 juta jiwa. Agama yang dianut penduduk adalah Budha (57,8%), kepercayaan suku (33,6%), Kristen (1,8%), Islam (1%), atheis (1%), kepercayaan tradisional Cina (0,9%), tidak beragama (3,8%), lain-lain (0,1%).

Penduduk Laos terdiri dari suku bangsa Laos 50%, Khoutheung 15%, Thai 20%. Bahasa resminya adalah Lao sedangkan bahasa Prancis banyak digunakan dalam pemerintahan dan perdagangan. Satuan mata uang adalah New Kip.

Pertumbuhan penduduk alami rata-rata setiap tahun 29%. Kepadatan penduduk adalah 23 orang per km2. Masyarakat Laos terdiri dari beberapa suku yaitu Mon-Khmer (suku terbesar di Laos) Thai Mio dan Yao dan Lao yang tinggal di beberapa daerah.

Perekonomian Negara Laos

Sektor Pertanian

Sektor Pertanian

Kegiatan ekonomi utama adalah pertanian dan sektor pertanian juga dapat mendukungnya. 72% Produk pertanian Laomedon meliputi beras kopi kapas biji-bijian dan sayuran pokok.

Sektor Perhubungan

Sektor Perhubungan

Sebagian besar daerah kekurangan infrastruktur yang memadai. Masih belum ada rel kereta api di Laos meskipun ada rencana untuk membangun rel kereta api antara Vientiane dan Thailand yang disebut Jembatan Persahabatan Thailand-Laos. Jalan utama yang menghubungkan pusat kota disebut Route 13.

Sektor Pertambangan

Produk pertambangan yang ada termasuk timah yang ditambang di daerah bijih besi Phonetiou di provinsi Xiangkhoang tembaga di provinsi Champasak dan batubara yang terutama ditambang di provinsi Luang Prahang Vientiane dan Savamakhet.

Sektor kehutanan

Sektor kehutanan

Hutan tropis menutupi dua pertiga wilayah Laos. Produk utama hutan ini adalah kayu jati dan kayu keras lainnya untuk ekspor.

Sektor Perindustrian

Sektor Perindustrian

Industri di Laos masih terbelakang. Di antara industri yang ada adalah penggergajian kayu semen rokok minuman korek api plastik dan kerajinan.