Mengenal Sistem Pendidikan Negara Maju yang Lebih Efektif

Mengenal Sistem Pendidikan Negara Maju yang Lebih Efektif

detribpas.com – Sistem pendidikan negara maju memang cukup menarik untuk dibahas secara terperinci. Pendidikan menjadi salah satu aspek terpenting yang dapat menentukan kemajuan dan kemakmuran dari suatu negara.

Hal tersebut dikarenakan kualitas pendidikan yang baik dan mumpuni bisa berpengaruh pada sumber daya manusia yang ada di dalam negaranya. Sistem pendidikan di negara maju pun sangat jelas berbeda dengan negeri berkembang loh.

Sistem pendidikan ini menjadi faktor penentu untuk sebuah negara menjadi semakin baik dan terdepan. Negara di seluruh belahan dunia sudah semaksimal mungkin memberikan kualitas pendidikan dari berbagai bidang kepada peserta didiknya.

Mengenal Sistem Pendidikan Negara Maju

Sistem pendidikan di negara maju bisa dilihat dari berbagai aspek, mulai dari jenis program pembelajaran yang ditawarkan, peringkat kampus atau universitas, jumlah peserta didik internasional yang ada di dalamnya.

Beberapa dari negara maju tersebut dikenal dengan sistem pendidikan yang terbilang sangat berkualitas. Lantas, seperti apakah gambaran dari sistem belajar mengajar di negara maju tersebut? Merangkum dari berbagai sumber kami suguhkan ulasan lengkapnya di bawah ini.

Mengenal Sistem Pendidikan Negara Maju yang Lebih Efektif

  1. Amerika Serikat

Amerika dikenal sebagai pelopor untuk sistem pendidikan negara maju yang modern, serta telah menawarkan sistem pendidikan dengan kualitas terbaik yang tampak dari fakultas ternama di seluruh dunia. Di negeri Paman Sam tersebut, bisa menampung banyak siswa internasional tiap tahunnya.

BACA JUGA:  Manfaat Outbound untuk Anak Sebagai Sarana Edukasi

Lebih lanjutnya lagi, penekanan yang diposisikan selama penelitian dan pengembangan untuk sistem pendidikan di Amerika Serikat juga didorong oleh universitas dalam memberikan penawaran serangkaian program gelar penelitian, terlebih lagi kursus STEM.

Kelas – kelas di universitas umumnya terdiri dari ratusan siswa sehingga kelasnya pun hampir seperti seminar. Sistem pendidikan negara maju cukup dinamis membuat para pelajar dapat langsung menyampaikan pendapat pribadinya serta ikut serta dalam diskusi kelas.

  1. Kanada

Kanada dikenal memiliki kebudayaan yang sangat beragam serta biaya kuliah tergolong begitu rendah. Kanada juga sudah dijadikan sebagai negara tujuan bagi para pelajar dari seluruh belahan dunia.

Universitas di Kanada juga secara konsisten mampu berada di posisi terbaik untuk institusi pendidikan di seluruh dunia oleh Times dan QS, sebab menawarkan beragam gelar dalam jangka pendek saja.

Untuk level dan sistem pendidikan negara maju di Kanada dibagi menjadi empat tahapan, meliputi pra sekolah atau pun pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, serta pendidikan pasca sekolah tinggi, yang di dalamnya sudah merangkum perguruan tinggi hingga universitas.

Untuk bisa mencapai pendidikan, hampir sekitar 90 persen dari seluruh warga negaranya memiliki ijazah sekolah menengah ke atas, dan satu dari tujuh orang di antaranya memiliki gelar akademik dari universitas loh.

  1. Inggris

Sistem pendidikan negara maju yang diterapkan oleh Inggris, membuatnya menjadi tujuan kedua untuk menempuh pendidikan dari seluruh dunia. Inggris pun sudah sukses menjadi pusat pembelajaran selama beberapa abad lamanya.

BACA JUGA:  Pengenalan Gadget Sejak Dini Dalam Masa Perkembangannya

Sistem pendidikan di negara Inggris pun terdiri dari perpaduan unik dari kebudayaan inggris yang sangat kaya serta pengalaman belajar cukup beragam hingga mampu menarik minat pelajar dari seluruh belahan dunia.

Sistem pendidikan negara maju yang ada di sini pun sudah dibagi menjadi empat, yakni pendidikan dasar, menengah, lanjutan hingga perguruan tinggi.

Mengenal Sistem Pendidikan Negara Maju yang Lebih Efektif

  1. China

Untuk di Amerika Serikat, rata – rata jam sekolahnya sekitar enam jam selama satu hari. Berbeda halnya dengan siswa pra sekolah di China yang belajar hingga 8 jam per harinya, serta anak usia 6 tahun pun dapat menghabiskan lebih banyak jam untuk menyelesaikan PR.

Orang tua di China akan melakukan berbagai hal untuk bisa memastikan anak tunggalnya sukses masuk ke universitas ternama. Sementara itu, mungkin Anda sulit menjumpai anak TK yang bermain di luar, sebab mereka akan sibuk mengerjakan PR, sekali pun pada saat hari Sabtu.

Tentunya segala macam proses dari sistem pendidikan negara maju tidaklah sia – sia. Anak berusia 6 tahun di China mampu menghafal seluruh karakter dari huruf mandarin yang tergolong sangatlah sulit, mampu menguasai bahasa asing, fokus belajar mendalam mengenai sains dan masih banyak lagi lainnya.

  1. Selandia Baru

Mungkin Anda akan sulit menjumpai anak – anak bermain dengan internet, sebab di sana mereka justru diberikan semangat dan dukungan agar mengunggah karya melalui dunia maya sejak umur beli.

BACA JUGA:  Manfaat Daycare untuk Anak dalam Tumbuh Kembangnya

Para siswa sudah dikenalkan dengan teknologi saat memasuki usia 5 tahun, melakukan pengerjaan gambar grafis secara sederhana yang dibantu dan dibimbing langsung oleh tenaga pengajar.

Pada saat sudah masuk ke kelas tiga, mereka pun harus bisa unggah tulisan atau pun gambar secara mandiri. Semua ini pun termasuk ke dalam tujuan dari sistem pendidikan di negara maju oleh Kementerian Pendidikan Selandia Baru yang berusaha menciptakan generasi anak – anak bisa mengekspresikan dirinya.

  1. Jepang

Di negara Jepang menerapkan sistem pendidikan negara maju yang cukup mengejutkan sejumlah pihak. Di negeri sakura ini, jumlah muridnya cukup besar pada satu kelasnya, namun proses pembelajaran bisa berjalan sangat efektif.

Ketika ada guru yang sedang mengajar di kelas besar, maka rekan lainnya pun berusaha menghabiskan waktu untuk melakukan kolaborasi, membuat sebuah perencanaan pengajaran kepada para muridnya hingga rutin memonitoring setiap siswanya.

Masyarakat di Jepang meyakini bahwa kebiasaan belajar yang baik pada usia muda bakalan mampu membangun pola secara berjenjang bahkan hingga dewasa kelak. Saat memasuki usia 7 tahun, siswa akan segera diajarkan kemampuan untuk ikut ujian secara spesifik.

Seperti halnya cara memakai proses eliminasi agar bisa menemukan jawaban benar pada soal. Sistem pendidikan negara maju di atas ternyata memberikan dampak sangat positif bagi taraf pendidikan di dalamnya sehingga kemakmuran suatu negara bisa diwujudkan. (Red-detribpas.com)