class="cfmonitor">
5 Tradisi Imlek Yang Masih Berlaku Di Indonesia

5 Tradisi Imlek Yang Masih Berlaku Di Indonesia

detribpas.com – Tradisi Imlek yang berlaku di Indonesia ternyata sangatlah unik dan membudaya, hal ini pasti berbeda dengan perayaan imlek di tempat lain. Apa sajakah tradisi imlek itu yang masih terapkan di Indonesia, kami akan ulas selengkapnya. 

Sama seperti moment lebaran, rupanya banyak tradisi unik dalam perayaan Imlek yang masih diterapkan sampai dengan sekarang di Indonesia. Kira-kira apa saja yah, tradisi unik imlek itu yang suka dilakukan oleh orang Indonesia.

Tahun baru Imlek ditahun ini jatuh pada hari Selasa tanggal 1 Februari 2022. Buat masyarakat Indonesia pada umumnya ketika mendengar kata Imlek yang berkesan di kepala mereka yaitu adanya pertunjukan barongsai, bagi-bagi angpao, serta ornament yang seba merah.

Fakta tentang Tradisi Imlek

Kamu sudah pada tahu belum, faktanya soal kata Imlek bukanlah nama dari perayaan tahun baru Tiongkok yang sebenarnya.

Sejatinya kata ini diambil dari Bahasa Hokien yang dalam prakteknya rupanya kata Imlek hanya disebut oleh orang Indonesia saja.

BACA JUGA:  Alat Musik Tradisional Minangkabau Selain Saluang

Sedangkan kesepakatan kalangan masyarakat internasional, perayaan hari besar ini lebih sepakat menyebutnya dengan nama Chinese New Year terutama di kalangan orang-orang Barat, sedangkan para orang Tiongkok sendiri menamainya dengan sebutan “Guo Nian” atau “Xin Jia” maknanya adalah melewati bulan atau bulan baru.

Tradisi Imlek di Indonesia

Selain terdapat keunikan perubahan kata yang dilakukan oleh orang Indonesia, rupanya dalam moment merayakan tradisi Imlek masyarakat Indonesia khususnya keturunan Tionghoa memiliki tradisi yang unik loh, contohnya:

5 Tradisi Imlek Yang Masih Berlaku Di Indonesia

  1. Gotong Rotong Membersihkan Rumah dan Lingkungan sekitar

Karena moment Imlek dinilai memiliki kesakralan sendiri pada masyrakat Tionghoa jadi mereka tidak mau dong, huniannya terkesan kumuh atau kotor saat merayakan tahun baru Imlek.

Untuk itu sudah menjadi suatu tradisi imlek turun temurun warga keturunan Tionghoa sebelum Imlek datang mereka gotong royong membersihkan setiap sudut rumah sampai lingkungan sekitar rumah.

Selain tujuan untuk kebersihan, rupanya mereka juga percaya, dengan tradisi unik bersih-bersih rumah saat imlek juga bertujuan untuk menyingkirkan energi-energi buruk atau negative yang ada di rumah mereka.

  1. Memunculkan Warna Merah pada setiap Atrirbut Imlek

Selain membersihkan rumah, tradisi unik lainnya saat imlek adalah identic dengan warna yaitu merah yang kerap kali menghiasi moment Imlek.

BACA JUGA:  Rahasia Aroma Parfum Cowok Yang Disukai Wanita

Biasanya warna merah tersebut diterapkan untuk dekorasi rumah, memang lentera yang warnanya rumah, bahwa busana yang nanti dikenakan juga akan dominan warna merah.

Rupanya warna merah bagi masyakat Tionghoa dipercaya memiliki energi positif yang kuat serta membawa kesejahteraan dan hoki bagi pemakainnya. Selain itu warna merah juga mampu mengusir roh jahat loh dalam tradisi imlek.

  1. Pantangan Makan Bubur dan Membalik Ikan saat disantap

Kalau ngomongin soal kuliner pasti dalam setiap moment keberagaman di Indonesia dipastikan terdapat kuliner unik dan khas yang keluar di moment itu saja. Contohnya pada saat Imlek juga terdapat hidangan khusus yang mencitrakan tradisi Imlek.

Contoh hidangan khas pada tradisi Imlek yaitu buah jeruk, kue keranjang, siu mie, bola nasi, dumpling. Tapi kamu tahu gak, ternyata ada makanan yang gak boleh dimakan pada saat Imlek.

Yaitu bubur, segala bentuk olah yang menjadi bubur rupanya pantang disajikan saat Imlek. Selain bubur pada saat Imlek juga ada tradisi unik yaitu dilarang membalik ikan saat disantap. Gimana tuh unik banget kan perayaan Imlek di Indonesia.

BACA JUGA:  Inilah 10 Alat Musik Tradisional Indonesia dan Cara Memainkannya

5 Tradisi Imlek Yang Masih Berlaku Di Indonesia

  1. Kumpul Keluarga

Ketika rumah sudah bersih, memakai pakaian baru apalagi warnanya merah, terus segala bentuk makanan sudah dihidangkan. Nampaknya akan kurang jika para keluarga tidak kumpul ya.

Jadi tradisi Imlek selanjutnya yang ditemukan di Indonesia adalah acara kumpul keluarga.

Moment yang asik waktu kumpul keluarga saat Imlek adalah pada malam hari saat perayaan Imlek, biasanya mereka akan saling bercerita dan berbagi energi positif dengan tujuan ditahun baru mendatang mereka lebih sukses lagi.

  1. Bagi-bagi Angpao

Tardisi imlek inilah yang sangat dinanti-nanti terutama bagi anak-anak kecil, atau orang yang masih lajang. Angpao merupakan amplop kecil berwarna merah dan emas yang diisi dengan uang tunai, untuk diberikan pada saat perayaan Imlek.

Tradisi yang unik dari pembagian angpao adalah Angpao hanya boleh diberikan oleh mereka yang sudah menikah saja. Soalnya menurut kepercayaan Tionghoa, pria atau wanita lajang yang memberikan angpao dikhawatirkan akan kesulitan menemukan jodoh. Duh kok serem ya.

Sudah pada tahu belum, jika Imlek tahun 2022 jadi tahun dengan shio macan air. Nah semoga Imlek ditahun ini membawakan keberkahan untuk kita semua ya. (Red-detribpas.com)