Apa Perbedaan Asuransi dan Garansi Mobil, Ini Faktanya

Perbedaan Asuransi Dan Garansi Mobil

Perbedaan Asuransi dan Garansi Mobil, Mobil, sebuah benda yang sangat berharga, memiliki nilai fungsi dan nilai jual yang tinggi. Karena harganya yang sangat mahal, tak heran jika orang akan memberikan perlindungan ekstra untuk menjaga keamanan mobil kesayangan mereka. Di masa sekarang, orang dapat memilih asuransi atau garansi mobil sebagai opsi perlindungan, namun perlu diketahui perbedaan antara keduanya untuk menentukan layanan yang paling ideal untuk mobil Anda.

Pengertian dan Perbedaan Asuransi dan Garansi Mobil

Perbedaan Asuransi Dan Garansi Mobil

Memberikan perlindungan untuk mobil kesayangan adalah hal yang wajar dan sangat penting. Dengan memberikan perlindungan, mobil Anda akan terlindungi dan Anda akan merasa lebih nyaman dan aman saat menggunakannya. Namun, untuk memperoleh manfaat terbaik, Anda harus mengetahui pengertian dari asuransi dan garansi mobil serta perbedaannya. Keduanya memiliki manfaat berupa kompensasi saat terjadi hal yang tidak diinginkan pada kendaraan. Namun, keduanya memiliki skema dan mekanisme yang berbeda. Jadi, apa pengertian dari asuransi mobil dan garansi mobil ini?

Pengertian Asuransi Mobil

Secara umum, asuransi merupakan suatu bentuk perlindungan finansial yang disediakan oleh perusahaan asuransi terhadap objek tertentu. Objek dalam kasus ini adalah mobil yang didaftarkan dalam layanan perusahaan penyedia asuransi. Mobil yang dapat diberikan perlindungan tidak hanya mobil baru, sesuai dengan kebijakan penyedia asuransi. Pihak perusahaan yang menyediakan layanan asuransi menjadi pihak penanggung, sementara pemilik mobil menjadi pihak tertanggung. Dalam mekanismenya, pihak tertanggung akan membayar premi kepada pihak penanggung. Pihak penanggung kemudian akan memberikan kompensasi pada saat mobil mengalami risiko atau kerusakan.

Pengertian Garansi Mobil

Garansi merupakan jaminan dari pihak produsen terhadap produknya selama jangka waktu tertentu. Produk mobil yang diproduksi oleh suatu brand akan dijamin atas adanya masalah maupun kerusakan yang terjadi karena kesalahan proses produksi maupun material yang digunakan. Layanan ini menjadi komitmen atau bukti tangung jawab dari pihak produsen. Selain garansi mobil baru di atas, ada pula layanan garansi mobil bekas yang biasanya dijamin oleh pihak penjual, dealer ataupun showroom. Selama risiko yang terjadi bukan dikarenakan kelalaian pemilik, maka pihak pemberi garansi akan menjamin kompensasi yang bisa berupa perbaikan gratis atau bentuk kompensasi lainnya. Garansi mobil bekas ini biasanya juga berlaku selama masa tertentu.

Fakta yang Membedakan Antara Garansi Mobil dan Asuransi Mobil

Dari penjelasan tentang pengertian asuransi mobil dan garansi mobil di atas, mungkin Anda sudah memiliki sedikit gambaran tentang perbedaan di antara keduanya. Namun untuk lebih lengkapnya, berikut penjelasan apa saja yang membedakan ant

Fakta yang Membedakan Antara Garansi Mobil dan Asuransi Mobil

Perbedaan Asuransi Dan Garansi Mobil (1)

Dari penjelasan tentang pengertian asuransi mobil dan garansi mobil di atas, mungkin Anda sudah memiliki sedikit gambaran tentang perbedaan di antara keduanya. Namun untuk lebih lengkapnya, berikut penjelasan apa saja yang membedakan antara asuransi dan garansi mobil ini:

  1. Cara Memperoleh Perlindungan

Perbedaan utama yang paling mencolok di antara keduanya adalah dari cara memperoleh perlindungan dari layanan tersebut. Asuransi mobil diperoleh dengan mendaftarkan mobil ke dalam layanan asuransi dan membayar premi sesuai ketentuan. Sementara garansi mobil diperoleh langsung setelah Anda membeli mobil dengan mengisi formulir tertentu untuk mendapatkan kartu garansi.

  1. Manfaat yang Ditawarkan

Jenis perlindungan juga akan menentukan manfaat yang bisa didapatkan untuk mobil Anda. Asuransi mobil menawarkan manfaat yang lebih beragam sesuai dengan opsi yang disediakan perusahaan, meliputi asuransi All Risk untuk melindungi dari segala macam risiko ataupun Total Loss Only untuk melindungi mobil dari kerusakan parah hingga kehilangan. Sedangkan garansi mobil memberikan manfaat seperti jaminan mesin dan suku cadang hingga layanan servis secara gratis.

  1. Biaya

Aspek biaya juga memiliki perbedaan yang mungkin juga perlu mendapat perhatian Anda. Asuransi menerapkan biaya premi (bulanan atau tahunan) dengan besaran yang dipengaruhi oleh jenis asuransi, jangka waktu, perluasan asuransi, dan kebijakan perusahaan asuransi. Sementara garansi biasanya sudah termasuk dalam harga jual mobil sehingga tidak ada biaya tambahan yang perlu Anda persiapkan. Hanya saja, apabila Anda ingin memperpanjang garansi yang biasanya berkisar antara 3-5 tahun, ini bisa dikenakan biaya garansi.

  1. Cara Klaim

Pada saat terjadi masalah, cara klaim dari kedua perlindungan ini bisa berbeda. Pihak penanggung akan memberikan biaya tanggungan perbaikan saat terjadi kondisi sesuai risiko dalam perlindungan asuransi dengan tahapan mulai dari pelaporan (lengkap dengan foto bagian mobil yang rusak beserta keterangan waktu dan lokasi kejadian), pengajuan klaim, survei verifikasi dari perusahaan asuransi, lalu pencairan. Sementara garansi cenderung lebih sederhana, cukup dengan datang ke dealer membawa dokumen yang diperlukan, lalu menjelaskan masalah yang dialami.

You May Also Like