Cara Menghaluskan Suara Mesin Mobil yang Berisik

Cara Menghaluskan Suara Mesin Mobil yang Berisik

detribpas.com – Cara menghaluskan suara mesin mobil merupakan informasi yang perlu diketahui oleh pemilik kendaraan roda empat ini. Sebab salah satu kendala yang sering terjadi adalah mobil berisik, sehingga kurang nyaman saat digunakan.

Mesin mobil merupakan satu kesatuan komponen yang saling melengkapi, sehingga memiliki fungsi penting dalam pergerakan dan kegunaan kendaraan tersebut. Dalam suatu mobil, mesin merupakan bagian paling vital.

Bagian ini paling sering bekerja dan rentan juga mengalami kerusakan, karena sering dipacu dan melakukan tugas berat. Salah satu ciri mesin mengalami gangguan adalah suaranya mulai berisik dan tidak nyaman.

Oleh sebab itu, Anda perlu menghaluskan suara mesin mobil kembali. Meski biasanya hal tersebut biasanya dilakukan di bengkel, tapi Anda bisa melakukannya sendiri di rumah.

Oleh sebab itu, pada artikel kali ini kami akan memberikan berbagai cara agar suara mesin mobil kembali halus. Pastinya, Anda bisa mencobanya sendiri tanpa perlu membawanya ke bengkel atau teknisi.

Penyebab Suara Mesin Mobil Berisik

Cara Menghaluskan Suara Mesin Mobil yang Berisik
Sumber Foto: www.canva.com

Sebelum membahas mengenai cara menghaluskan suara mesin mobil, Anda harus tahu terlebih dahulu mengenai penyebab mesin mobil jadi berisik. Dengan demikian, kedepannya Anda bisa menghindari penyebab tersebut.

BACA JUGA:  Rekomendasi Motor Sport, Terbaik dan Paling Irit

Penyebab paling sering dan paling umum adalah mesin kurang oli, sehingga pelumasan tidak maksimal. Yang terjadi saat kurangnya pelumasan adalah gesekan antar komponen mesin semakin tinggi.

Dengan demikian, akan munculnya suara berisik pada mesin. Selain itu, suara berisik ini juga dapat disebabkan karena kompresor AC yang hampir habis dan kotor. Cara menghaluskan suara mesin mobil pada kasus ini cukup mudah.

Selain itu, suara berisik juga bisa disebabkan karena masalah pada bagian bearing. Tapi, cukup sulit untuk menentukan kerusakan pada bearing sendiri. Sebab, komponen ini memiliki banyak bagian.

Di antaranya adalah water pump, idlet, alternator tensioner, dan kompresor. Untuk mengetahui secara pasti letak kerusakan atau masalah, Anda memerlukan alat tertentu.

Masalah pada komponen belt juga menjadi salah satu pemicu suara mobil menjadi berisik. Oleh sebab itu, pengetahuan mengenai cara menghaluskan suara mesin mobil ini sangat penting.

Bagi Anda yang belum familiar dengan komponen belt, jadi ia adalah pita penghubung antara kipas pada radiator ke kompresor AC. Jika ada kerusakan sedikit saja, maka suaranya akan berisik dan tidak normal.

BACA JUGA:  Tunjang Performa Motor Injeksi, Rutin Cek Komponen Mesin Berikut

Selain penyebab utama seperti di atas, sebenarnya masih banyak sekali menyebab mobil mengeluarkan suara bising. Oleh sebab itu, Anda perlu memperhatikannya lebih detail lagi.

Cara Mudah Menghaluskan Suara Mesin Mobil

Mesin mobil yang berisik, selain tidak nyaman saat digunakan juga mengganggu kenyamanan orang lain. Risiko kecelakaannya juga cukup tinggi karena mesin yang berisik tidak dalam kondisi maksimal.

Oleh sebab itu, Anda harus segera mengatasinya. Setelah mengetahui berbagai penyebabnya di atas, cara mentasinya juga semakin mudah. Sebab, Anda tahu sumber-sumber permasalahannya.

Berikut ini kami sudah merangkum beberapa cara yang sangat jitu untuk menghaluskan suara mesin mobil, Anda juga bisa melakukannya sendiri.

Cara Menghaluskan Suara Mesin Mobil yang Berisik
Sumber Foto: www.canva.com
  1. Pilih Jenis Oli yang Sesuai

Cara pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih jenis oli yang sesuai dengan mobil. Oli berfungsi sebagai pelumas dan mengurangi gaya gesek antar mesin saat bekerja. Sehingga, pergerakan lebih lancar dan halus.

Kurangnya pelumas akan membuat kerja mesin lebih berat dan gaya gesek antar komponen mesin tinggi. Akibatnya adalah dapat menimbulkan bunyi bising. Tapi, Anda tidak boleh sembarangan dalam memilih oli.

BACA JUGA:  5 Cara Mempercantik Interior Mobil Tanpa Keluar Duit Banyak

Pastikan oli sesuai dengan yang tertera pada buku panduan mobil. Sebab, setiap mesin memiliki karakteristik berbeda-beda.

  1. Bersihkan AC

Untuk menghaluskan suara mesin mobil, pastikan AC beserta komponen-komponen di dalamnya bersih. Jika tidak, maka akan mengeluarkan suara berisik yang cukup mengganggu.

  1. Periksa Komponen Luar

Berikutnya adalah pastikan komponen luar mobil dalam keadaan baik dan sesuai. Beberapa komponen yang harus diperiksa adalah kipas, alternator, fan bel, hingga pulley.

  1. Periksa Kondisi Mounting

Kerusakan atau ketidaksesuaian mounting dapat membuat mesih bergetar dan mengeluarkan suara berisik. Untuk mengatasinya periksa semua jenis mounting, dari mulai gearbox, support, dan engine.

  1. Gunakan Bahan Bakar yang Sesuai

Untuk mobil-mobil keluaran baru, pastikan Anda menggunakan bahan bakar dengan bilangan oktan paling kecil 92. Mengisi dengan bahan bakar yang tidak sesuai nilai oktannya akan menyebabkan kerusakan pada mesin.

Sehingga, mesin cepat aus dan panas. Tidak hanya itu, sisa pembakaran juga lebih kotor dan mengandung jelaga.

Mulai saat ini, Anda tidak boleh mengabaikan suara berisik pada mobil karena bisa menimbulkan risiko berbahaya. Untuk menghaluskan suara mesin mobil lagi, Anda bisa menggunakan cara di atas. (Red-detribpas.com)