Kelebihan Teknologi Mobil Listrik

Kelebihan Teknologi Mobil Listrik yang Perlu Diketahui

detribpas.com – Anda mungkin sering mendengar nama Elon Musk CEO dari teknologi mobil listrik Tesla. Tesla adalah perusahaan yang memproduksi mobil listrik berasal dari Amerika Serikat. Belakangan ini sangat populer dikalangan pecinta otomotif.

Mobil jenis ini menggunakan tenaga listrik yang berasal dari sebuah baterai yang perlu diisi dayanya. Sebelumnya mobil listrik pernah Berjaya akhir abad ke-19. Namun, kemudian keberadaannya digeser oleh kendaraan berbahan bakar bensin dihargai lebih murah.

Mobil listrik mulai dilirik kembali pada tahun 2000an karena adanya krisis energi yang terjadi. Saat ini, keberadaan sudah sangat populer karena banyak masyarakat yang mulai sadar dengan bahaya penggunaan bahan bakar emisi gas rumah kaca bagi bumi.

Hal inilah yang membuat popularitas teknologi mobil listrik semakin dilirik di pasaran internasional sebagai kendaraan yang ramah lingkungan. Sebut saja Tesla atau BMW yang kian populer di dunia dan beberapa merek mobil terkenal lainnya.

Kelebihan Teknologi Mobil Listrik

Setiap harinya, semakin banyak yang beralih ke kendaraan ini. Mobil listrik memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan kendaraan yang menggunakan bahan bakar minyak umumnya digunakan.

BACA JUGA:  Teknologi Rumah Tangga Canggih, Cocok untuk Milenial

Kelebihan Teknologi Mobil Listrik

  1. Hemat

Kelebihan pertama adalah lebih hemat karena menggunakan baterai sebagai daya untuk menggerakkan dan dapat dilakukan isis ulang atau di cas. Jika dibandingkan dengan mobil umumnya memerlukan bahan bakar secara terus menerus.

Pernah dilakukan penelitian untuk membandingkan hal tersebut. Mobil listrik mampu menjangkau jarak hingga 120 km hanya dengan biaya 75.000. sedangkan, mobil biasa harus menggunakan bahan bakar dengan harga dua kali lipat dari mobil listrik.

  1. Ramah Lingkungan

Kerusakan lingkungan yang terjadi saat ini, semakin sulit untuk dikendalikan. Salah-satunya adalah berasal dari polusi dan asap kendaraan serta penggunaan minyak bumi yang kian besar. Dengan hadirnya mobil listrik dapat menjadi jawaban dari masalah ini.

Mobil listrik dirancang sebagai kendaraan yang ramah lingkungan karena bebas bahan bakar. Mobil ini tidak akan mengeluarkan zat karbondioksida ke udara yang bisa mencemari udara. Lain halnya jika berbicara mengenai penggunaan mobil konvensional.

BACA JUGA:  Rekomendasi IP Tracker Terbaik dengan Fungsi Maksimal

Selain itu, teknologi mobil listrik ini tidak memiliki suara yang berisik dan lebih halus dibandingkan mobil biasa. Kembali lagi karena tidak menggunakan bahan bakar dan mesin diesel yang memungkinkan kendaraan jadi bersuara bising.

  1. Teknologi Baru

Merupakan teknologi terbaru dengan manuver dan tenaga yang lebih besar. Selain itu, mobil listrik menggunakan teknologi intelegent transport system (ITS). Menjadikannya sebagai jenis kendaraan yang dilengkapi dengan sistem keamanan yang cukup tinggi.

Intelligent Transport System (ITS) merupakan sebuah sistem dalam keamanan kendaraan.  Dengan menggunakan sistem seperti ini akan membuat kendaraan semakin aman karen akan berhenti beroperasi secara langsung jika terjadi kecelakaan.

Pada saat terjadi kecelakaan seperti tabrakan ITS akan memutus pasokan listrik ke kendaraan. Kantung udara akan terbuka sehingga dapat meminimalisis resiko cedera yang lebih parah pada pengendara dan penumpang.

Kelebihan Teknologi Mobil Listrik

  1. Lebih Mudah Dirawat

Meskipun merupakan teknologi terbaru, tetapi nyatanya mobil listrik tidak memerlukan perawatan khusus layaknya mobil pada umumnya. Perawatan hanya diperlukan pada bagian baterainya karena merupakan sumber daya utama untuk menjalankan kendaraan.

BACA JUGA:  Inilah Pekerjaan di Bidang Teknologi Paling Banyak Dicari

Komponen mesin listrik yang menyusun mobil ini sangat mudah dirawat dan hanya memerlukan tindakan ringan. Jadi, nada juga bisa menghemat pengeluaran untuk biaya perawatan atau service teknologi mobil listrik.

  1. Bentuk Kecil

Ukuran baterai dan komponen yang dimiliki mobil ini. Dengan ukuran yang demikian menjadikan bentuk dari mobil ini terbilang kecil dan mungil. Sangat cocok digunakan di daerah yang cukup sempit. Sebut saja mobil BMW i3s yang hadir dengan bentuk yang kecil.

  1. Mudah Diisi Ulang

Baterai yang digunakan sangat mudah untuk dilakukan isi ulang. Anda dapat mengisi pada pos-pos isi ulang yang nantinya akan disediakan diberbagai tempat. Jika tidak ingin repot, pengisian dapat dilakukan di rumah dengan menghubungkan pengisi daya ke sumber listrik.

Kelebihan teknologi terbaru ini menjadikannya kian populer di pasaran dan digandrungi oleh pecinta otomotif. Diprediksi ke depannya akan semakin banyak orang yang beralih dari mobil konvensional ke penggunaan teknologi mobil listrik. (Red-detribpas.com)