Apa Itu Teknologi Fiber Optik

Apa Itu Teknologi Fiber Optik?

detribpas.com – Teknologi fiber optik merupakan suatu jenis kabel yang dibuat dari material kaca atau plastic halus. Ini digunakan sebagai media transmisi sinyal cahaya dari satu tempat ke tempat lainnya dengan sangat cepat.

Benda ini berdiameter 120 micrometer berarti sangat kecil dan halus. Bahkan jika dibandingkan dengan rambut manusia, fiber optik masih lebih kecil. Prinsip kerjanya menggunakan sistem pembiasan cahaya.

Sumber cahaya untuk menggunakannya berasal dari LED ataupun laser dalam proses transmisinya. Dalam dunia telekomunikasi penggunaan fiber optik kian banyak digandrungi. Dengan menggunakan kabel ini, akan memudahkan dalam akses karena kecepatannya.

Dalam hal prinsip kerjanya sangat berbeda dengan kabel pada umumnya. Perbedaan utamanya yakni pada kabel umum menggunakan pasokan listrik untuk transmisi. Sedangkan, pada kabel optik dalam proses transmisi menggunakan cahaya.

Serat kaca yang digunakan untuk menyusun teknologi fiber optik ini akan membantu dalam merefleksi cahaya total sehingga proses di dalamnya menjadi semakin cepat. Cahaya akan berjalan pada serat kaca bersudut rendah.

Penggunaan material kaca juga akan mempengaruhi keefektifannya. Semakin murni bahan kaca yang digunakan, maka cahaya akan diserap semakin sedikit. Hal ini akan menghasilkan pantulan cahaya  lebih besar.

BACA JUGA:  Inilah Link Download Aplikasi Bansos Terbaru, dan Terbukti Gratis

Kelebihan dari teknologi fiber optik diantaranya kecepatan tranmisi yang bisa mencapai 1GB/detik. Transmisi dapat dilakukan dengan jarak cukuo jauh tanpa perlu bantuan penguat sinyal. Tahan karat karena dibuat dari material kaca dan plastik serta fleksibel.

Kelebihan lainnya terletak pada ukurannya yang sangat kecil. Tidak akan dipengaruhi oleh gelombang elektromagnetik. Selain itu, kabel jenis ini tidak menggunakan pasokan listrik, sehingga tidak akan menyebabkan korsleting. Serta sangat aman dalam penggunaanya.

Adapun kekurangannya yakni membutuhkan biaya instalasi dan perawatan cukup tinggi jika disbanding dengan kabel lainnya. Memerlukan sumber cahaya kuat. Pemasangan harus menggunakan jalur berbelok agar proses transmisi lebih cepat.

Jenis Teknologi Fiber Optik

Teknologi fiber optik memiliki beberapa macam jenis yang berbeda berdasarkan mode transmisinya. Berikut adalah beberapa macam penjelasannya.

BACA JUGA:  5 Rice Cooker Pintar Berteknologi Tinggi

Apa Itu Teknologi Fiber Optik

Jenis pertama adalah Fiber Optik Single Mode. Jenis ini melakukan proses transmisi tunggal sesuai dengan namanya. Cahaya yang disebarkan hanya didapat melalui satu inti dalam kurun waktu tersebut.

Ukurannya hanya berdiameter 9 micrometer sangat kecil. Ini digunakan dalam proses transmisi gelombang cahaya yang berasal dari sinar inframerah dengan panjang gelombangnya 1300-1550 nanometer.

Jenis kedua adalah multimode. Penggunaanya dapat mentransmisiskan banyak cahaya pada waktu yang sama. Hal ini karena pada jenis tersebut dilengkapi inti ukuran besar dengan diameter berkisar 625 mikrometer.

Kabel ini dapat digunakan oleh banyak orang sehingga dipergunakan dengan tujuan komersial. Panjang sinyal inframerah yang mampu dikirimkan teknologi fiber optik multimode ini panjangnya 850-1300 nanometer.

Komponen Teknologi Fiber Optik

Jika dilihat dari segi yang umum, fungsi dari kabel fiber optik sama dengan jenis kabel lainnya yaitu menghubungkan komputer satu dengan lainnya dalam satu jaringan. Adapun komponenya tersusun dari beberapa bagian.

Apa Itu Teknologi Fiber Optik

Komponen pertama adalah bagian inti atau core. Pada bagian ini dibuat dari serat kada yang memiliki diameter super kecil. Diameternya hanya sekitar 2 μm hingga 50 μm. Semakin besar diameternya maka semakin baik pula kemampuannya.

BACA JUGA:  Mengenal Otomatisasi Proses Robotik dan Manfaatnya Terhadap Manusia

Bagian kedua disebut cladding. Bagian ini berfungsi melindungi langsung serat optik. Ukurannya berkisar 5 μm hingga 250 μm. Cladding dibuat dari material silicon berbeda dengan bagian intinya. Selain itu, bagian ini juga penunjuk gelombang cahaya ke bagian core.

Bagian ketiga adalah buffer atau coating. Lapisan yang mebentuk bagian ini diambil dari plastik yang memiliki elastisitas. Bagian ini akan melindungi dari segala gangguan fisik pada kabel. Misalnya menjaga bentuk kabel dan kelembaban udaranya.

Bagian terakhir adalah out jacket dan strength member. Lapisan inilah yang paling utama karena merupakan komponen terluar dari fiber optik. Bagian out jacket dan strength member akan melindungi dari berbagai gangguan fisik yang mungkin terjadi.

Kemajuan teknologi semakin membawa banyak perubahan pada tatanan hidup manusia. Misalnya pada proses transmisi yang kian canggih. Penggunaan teknologi fiber optik semakin memudahkan proses transmisi dengan kecepatan yang dimilikinya. (Red-detribpas.com)