Fitur Windows 11 yang Menarik untuk Digunakan

Fitur Windows 11 yang Menarik untuk Digunakan

detribpas.com – Fitur Windows 11 yang begitu banyak memang membuat siapa saja menjadi penasaran. Tahun lalu, tepatnya Oktober 2021, Microsoft merilis Windows 11.

Pembaruan yang dilakukan oleh perusahaan ini menggantikan Windows 10 yang sudah dirilis 6 tahun yang lalu. Jika Anda mempunyai lisensi resmi dari Windows 10, Anda dapat mengunduh Windows 11 dengan gratis.

Peluncuran Windows 11 memang dilakukan dengan bertahap, oleh sebab itu perangkat desktop serta laptop yang baru akan memperolehnya terlebih dulu. Windows 11 sendiri memiliki desain serta tampilan yang segar dan bersih.

Fitur Windows 11 yang Sayang Dilewatkan

 Ada berbagai macam fitur yang dimiliki Windows 11 dan sayang dilewatkan, antara lain:

Fitur Windows 11 yang Menarik untuk Digunakan

  1. Desain yang segar

Salah satu perubahan yang bisa langsung terlihat dari Windows 11 adalah desain yang dimilikinya, Windows 11 memiliki desain baru. Tampilan dari Windows 11 memang tidak berubah begitu banyak namun terlihat sangat sederhana dan segar.

BACA JUGA:  Manfaat dan Penerapan Teknologi Artificial Intellegence dalam Kehidupan

Windows 11 memiliki tampilan jendela yang lebih cantik dan dihiasi dengan warna pastel serta sudut berbentuk bulat. Dapat dikatakan bila Windows 11 memiliki desain yang cukup mirip dengan macOS.

  1. Bagian start menu

Fitur Windows 11 yang sangat mencolok adalah adanya perubahan di tombol start menu. Start menu yang kita lihat berada di kiri bawah, namun start menu milik Windows 11 berada di tengah bawah.

Sebenarnya, untuk fitur ini, jika Anda tidak suka, Anda bisa dengan mudah memindahkannya ke kiri kembali. Bukan hanya lokasinya saja, tombol tersebut juga memiliki ukuran yang jauh lebih kecil.

Ketika menggunakan Windows 11, Anda juga tidak perlu melakukan scroll kea rah bawah, namun semua aplikasi yang Anda miliki telah ditampilkan dalam beberapa barisan, sehingga Anda dapat mengatur penempatannya.

  1. Widgets

Fitur Windows 11 yang lainnya adalah bagian Widgets. Sebenarnya Widgets memang sudah muncul di Windows 10 contohnya seperti cuaca, berita dan lainnya. Tetapi, widget pada Windows dijalankan terpisah serta tidak memiliki antarmuka sendiri.

BACA JUGA:  Teknologi Rumah Tangga Canggih, Cocok untuk Milenial

Windows memiliki widgets dengan ikon sendiri di bagian taskbar. Bila Anda mengklik, panel berukuran besar akan muncul di sebelah kiri serta menampilkan berbagai macam widget. Anda juga bisa mengatur ukuran masing-masing.

  1. Snap Layout

Apakah Anda membuka beberapa jendela sekaligus agar mudah melakukan multitasking, jika demikian, snap layout bisa menjadi salah satu fitur yang sangat berguna.

Fitur ini akan membantu produktivitas Anda. Fitur yang diberikan Windows memungkinkan Anda meletakkan dua hingga 4 jendela sekaligus di dalam satu layar.

Jika ingin menggunakan fitur ini, nantinya Anda hanya perlu mengarahkan mouse di ikon, kemudian maksimalkan jendela. Anda hanya perlu pilih opsi layout yang akan muncul.

Fitur Windows 11 yang Menarik untuk Digunakan

  1. Terintegrasi dengan aplikasi Android

Fitur Windows 11 yang mungkin menurut Anda paling menarik adalah integrasi dengan Android. Ketika menggunakan Windows 11, nantinya Anda dapat menggunakan aplikasi komputer.

Aplikasi Android bisa dengan mudah Anda akses di Microsoft Store. Tentu saja dengan adanya fitur ini, menjadi hal yang sangat ditunggu-tunggu karena semakin dekat penggabungan perangkat mobile dengan laptop serta komputer.

  1. Virtual desktop

Fitur Windows 11 lainnya ialah virtual desktop. Ketika menggunakan Windows, Anda dapat membuat beberapa desktop memisahkan fungsi dari setiap desktopnya fitur Windows 11 ini mirip dengan macOS.

BACA JUGA:  Teknologi Google Terbaru Buat Hidup Makin Canggih

Ketika mengunakan ftur ini, Anda bisa membuat lebih dari satu desktop agar dapat memisahkan penggunaan pribadi, sekolah, pekerjaan, gaming dan lainnya.

  1. Microsoft Team

Pembuatan Windows yang selesai ketika pandemic memang mengubah cara hidup serta bekerja. Windows 11 meningkatkan penggunaan konferensi video serta obrolan online.

Windows 11 memiliki platform video chat, platform ini terintegrasi dengan sistem yang dimiliki operasinya sehinga membuatnya menjadi semakin mudah digunakan sebagai penunjang kebutuhan sehari-hari.

  1. Transisi antar monitor

Jika Anda sering melakukan multitasking atau bekerja dengan menggunakan lebih dari satu monitor, menggunakan Windows 11 bisa sangat membantu.

Contohnya saja Anda membuka jendela pada monitor kedua, nantinya monitor tersebut akan mengingat apa aplikasi terakhir yang dibuka serta posisinya. Oleh sebab itu ketika menyambungkan komputer ke monitor, jendela akan terbuka otomatis.

Teknologi yang dimiliki Windows 11 memang sangat seru untuk dicoba, namun Anda harus bersabar jika ingin menikmati berbagai fitur Windows 11 ini. (Red-detribpas.com)