Seberapa Penting Teknologi Cyber Security dalam Internet

Seberapa Penting Teknologi Cyber Security dalam Internet?

detribpas.com – Teknologi cyber security merupakan istilah kemananan dalam dunia internet. Perkembangan teknologi utamanya dalam bidang internet telah mengubah tatanan kehidupan masyarakat. Kemudahan mengakses informasi dan komunikasi telah dirasakan setiap orang.

Seiring perkembangan zaman, saat ini segala sesuatu berhubungan dengan digital. Untuk itu, manusia sangat tergantung dengan adanya penggunaan teknologi yang lebih modern dan maju dari waktu ke waktu.

Namun, dibalik itu semua terdapat ancaman yang mengintai. Ini adalah perkembangan teknologi cyber. Meski merupakan teknologi canggih, tetapi penggunaanya bisa saja tidak kearah yang selalu positif.

Teknologi ini adalah suatu sistem komputer dan informasi. Istilah ini memuat segala aspek komputasi seperti simpan data, akses data, transmisi data dan lainnya. Cyber adalah singkatan dari cybernetics artinya ilmu komunikasi kontrol otomatis.

Beberapa ancaman mungkin terjadi dengan hadirnya ini atau bisa disebut cyber crime atau cyber attack diataranya malware, pishing, ransomware serta social enginering. Semua ancaman ini mengintai setiap saat, untuk itu dibutuhkanlah teknologi cyber security.

Istilah ini meliputi berbagai aktivitas dalam mengamankan data dengan sistem keamanannya. Tindakannya berupa firewall, backup data, otentifikasi berbagai faktor dan sebagainya dalam mencegah kejahatan dunia maya.

BACA JUGA:  Manfaat dan Penerapan Teknologi Artificial Intellegence dalam Kehidupan

Pentingnya Cyber Security dalam Internet

Sistem dan jaringan yang terhubung dengan internet memiliki celah keamanan. Hal inilah membuka kesempatan hacker untuk menyerang pengguna. Jadi, penggunaan teknologi cyber security sangat penting dalam pengguna internet.

Seberapa Penting Teknologi Cyber Security dalam Internet

  1. Konsep

Konsep dasar yang dimiliki teknologi ini adalah CIA Triad meliputi tiga hal yakni kerahasiaan, integritas dan ketersediaan. Kerahasiaan merupakan suatu usaha dalam menjaga kerahasiaan sebuah informasi agar data tidak dicuri.

Integritas berfungsi dalam memastikan semua data serta informasi yang dimasukkan tetap konsisten, akurat dan terpercaya. Sedangkan, ketersediaan merupakan proses agar data bisa diakses tanpa hambatan.

  1. Kegunaan Teknologi Cyber Security

Teknologi cyber security dapat digunakan secara individual atau perusahaan. Kegunaannya yang pertama adalah melindungi data sensitif dari ancaman identity theft. Melindungi dari serangan malware serta ancaman lainnya.

BACA JUGA:  HP sering ngelag? Mari Cari Tahu Cara Atasi HP ngelag di sini

Jika menggunakan teknologi ini, data yang mengalami breach akan pulih dengan cepat, tentu saja ini akan meminimalisir kerugian. Sistem yang dimiliki sebuah perusahaan ini akan menghadirkan rasa aman untuk pelanggan.

  1. Cara Kerja

Pertama adalah network security atau peningkatan keamanan. Jika ancaman keamanan semakin beresiko dan serangan hacker semakin nyata, maka diperlukan pembuatan sistem keamanan lebih ketat lagi.

Proses ini menyasar proyek jaringan internal dengan mengelola saluran lalu lintas jaringan secara efektif. Hal yang dapat dilakukan adalah memasang antivirus pada perangkat, firewall dan autentifikasi dua faktor.

Kedua, cloud security akan melindungi data yang terdapat pada penyimpanan awan. Pada saat menggunakan layanan penyimpanan cloud dari sebuah platform, maka harus memenuhi segala prosedur keamanan.

Terdapat ancaman dalam penggunaan penyimpanan awan misalnya penyalahgunaan data, pencurian data dan informasi atau pembajakan. Maka sangat penting memilih platform yang terjamin aman. Contoh penerapannya pada VPN, 2 FA, enkripsi data dan firewall.

Ketiga adalah application security. Dengan ini akan melindungi berbagai aplikasi. Dengan banyaknya aplikasi yang dapat diakses dengan mudah, hal ini juga bisa jadi dimanfaatkan hacker untuk melakukan serangan.

BACA JUGA:  Rekomendasi Android Virtual Machine untuk Windows

Untuk menghindari hal tersebut harus menerapkan perlindungan pada aplikasi. Application security menggunakan sistem autentifikasi username dan password hingga penggunaan autentifikasi dua faktor.

Seberapa Penting Teknologi Cyber Security dalam Internet

  1. Jenis Serangan yang Sering DIhadapi Cyber Security

Cyber attack adalah serangan yang sering dihadapi teknologi cyber security yang seringkali terjadi dengan tujuan kepentingan dalam bidang politik. Kegiatan ini akan mencuri dan mengumpulkan data dengan mengambi alih sistem kendali sebuah organisasi.

Cyber crime atau kejahatan yang menarget computer manapun. Dengan serangan ini, memungkinkan hacker dapat melakukan transmisi illegal dan manipulasi data dengan tujuan kepentingan tertentu. Misalnya data digunakan untuk tindakan penipuan.

Terakhir ada cyber terrorism. Sesuai dengan namanya, penyerangan dalam skala ini akan berdampak pada ketakutan yang sangat besar. Ancaman, intimidasi dan provokasi terkait dengan sistem jaringan computer.

Dengan adanya tindakan pencegahan dan proteksi computer lebih ketat akan menghindarkan dari ancaman kejahatan dunia maya. Untuk itulah teknologi cyber security hadir dan berperan melawan berbagai ancaman berbahaya di internet. (Red-detribpas.com)