Kelebihan Teknologi 5G Buat Hidup Terasa Tanpa Batas

Kelebihan Teknologi 5G Buat Hidup Terasa Tanpa Batas

detribpas.com – Kelebihan teknologi 5G kini sedang dimanfaatkan dalam komunikasi jarak jauh. Teknologi 5G sudah diluncurkan dan mulai dimanfaatkan untuk berbagai jenis gadget yang membutuhkannya dalam penghubung komunikasi.

Perkembangan teknologi terbaru dengan besutan 5G ini menjadi terobosan untuk meningkatkan transmisi dan pertukaran data. Teknologi 5G memanfaatkan gelombang radio untuk mengirimkan data dengan lebih cepat.

Nantinya teknologi ini akan menggunakan gelombang radio yang berbeda-beda. Di mana, setiap frekuensi ini memiliki tipe komunikasi yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhannya dalam mengirimkan data dan informasi.

Misalnya aeronautical dan sinyal navigasi maritim, mobile data dan siaran televisi sebagai contohnya. Meningkatnya kecepatan transmisi data ini tentunya memberikan banyak manfaat di berbagai bidang kehidupan.

Kelebihan teknologi 5G mampu menghubungkan banyak bidang dengan pertukaran data misalnya melalui komunikasi dan internet. Karena itu teknologi 5G sangat penting perkembangannya dalam dunia komunikasi.

Jika sebelumnya dibutuhkan waktu cukup lama untuk mentransmisikan data dalam ukuran besar. Maka melalui teknologi 5G bisa mengirimkan data dengan lebih cepat sehingga menjadi lebih efisien.

Mengetahui Beberapa Kelebihan Teknologi 5G

Teknologi 5G memang memberikan banyak terobosan baru dalam dunia transmisi data. Berikut ini beberapa kelebihan dari teknologi 5G yang bisa Anda manfaatkan dalam berbagai bidang kehidupan untuk pertukaran data.

BACA JUGA:  Kenali Tren Teknologi 2022, AI, 5G, hingga VR

Kelebihan Teknologi 5G Buat Hidup Terasa Tanpa Batas

  1. Kecepatan transmisi lebih baik

Teknologi 5G mampu melebihi teknologi yang digunakan oleh LTE dan W-CDMA yang mendukung hanya sampai kurang dari 6GHz. Sedangkan, untuk teknologi 5G mampu mendukung hingga 100 GHz.

Karenanya teknologi 5G berhasil memberikan kecepatan transmisi hingga 10 GB per detik. Kecepatan inilah membuat 5G dipandang sebagai teknologi yang sangat revolusioner dalam mendukung komunikasi cepat antara dua pihak.

  1. Hampir tidak memiliki delay

Kelebihan teknologi 5G selanjutnya adalah mampu menawarkan kecepatan transfer daya yang lebih tinggi. Selain itu, 5G juga menawarkan latensi yang lebih rendah dan memiliki kepadatan koneksi lebih tinggi dibandingkan teknologi sebelumnya.

  1. Koneksi lebih luas

Teknologi 5G memiliki kemampuan adaptasi dengan baik pada berbagai perangkat. Hal ini membuat teknologi 5G dapat digunakan pada berbagai perangkat yang lebih banyak sehingga memudahkan komunikasi bersamaan.

BACA JUGA:  Rekomendasi Mesin Pencari Internet Selain Google

Kelebihan teknologi 5G ini membuat kapasitas yang lebih besar hingga 100 kali. Berbagai perangkat berbasis smart seperti smart home juga bisa menggunakan teknologi 5G ini.

  1. Hemat energi

Kecepatan transmisi yang dimiliki oleh teknologi ini mampu menghemat energi yang digunakan. Hal ini dikarenakan tujuan awal dari pembentukan teknologi ini adalah mengurangi konsumsi daya hingga 10 persen.

Kekurangan dari Teknologi 5G

Selain kelebihan teknologi 5G, maka Anda juga perlu mengenal kekurangan dari teknologi ini. Alasannya agar bisa mengantisipasi kemungkinan buruk dari kekurangan teknologi 5G yang dimiliki.

Kelebihan Teknologi 5G Buat Hidup Terasa Tanpa Batas

  1. Daya tembus yang minim

Teknologi 5G memiliki daya tembus yang sangat minim sehingga sulit menembus penghalang. Berbeda dengan teknologi sebelumnya yang mampu menembus pengalang seperti tembik dan beton dengan cukup baik.

Sedangkan, untuk teknologi 5G sendiri kurang optimal dalam menembus penghalang. Hal ini dikarenakan bandwidth yang digunakan pada teknologi 5G meningkat sehingga jangkauannya menjadi berkurang dari sebelumnya.

BACA JUGA:  Rekomendasi Camera Phone Paling Apik Hasil Jepretannya

Misalnya untuk teknologi 5G tidak memiliki jangkauan sejauh 4G tetapi memiliki kecepatan transfer data yang lebih tinggi. Karena hal itulah 5G tidak mampu melewati gedung, pohon dan dinding tinggi.

  1. Frekuensi radio yang penuh

Penggunaan frekuensi radio menjadi padat ketika menggunakan teknologi 5G. spektrum radio sudah dipenuhi oleh kehadiran 3G dan 4G yang merupakan teknologi sebelum kehadiran teknologi 5G.

Ditambah lagi dengan kehadiran 5G akan membuat frekuensi radio semakin penuh. Padatnya frekuensi radio ini bisa menimbulkan masalah baru pada proses transmisi data.

  1. Isu keamanan dan privasi

Selain kelebihan teknologi 5G dari segi keamanan dan privasi masih menjadi masalahnya. Hal ini dikarenakan fitur yang memudahkan transfer data dengan kualitas yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Kecepatan transmisi data ini bisa mempermudah penyerang yang hadir ke dalam sistem. Hal ini dikarenakan masalah privasi dan keamanan menjadi hal penting yang bergantung pada jaringan internet.

Keberadaan teknologi 5G menjadi hal baru dalam dunia transmisi data yang pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan. Banyaknya kelebihan teknologi 5G membuatnya banyak dikembangkan untuk digunakan pada transmisi data. (Red-detribpas.com)