Kenali Tren Teknologi 2022, AI, 5G, hingga VR

Kenali Tren Teknologi 2022, AI, 5G, hingga VR

detribpas.com – Berbagai tren teknologi 2022 akan mewarnai keperluan di kehidupan sehari-hari. Misalnya saja di tahun lalu aset digital mulai familiar. Maka di tahun ini masih ada berbagai terobosan teknologi lainnya.

Terobosan tersebut mulai dari kecerdasan buatan, virtual reality, hingga 5G. berbagai terobosan tersebut terus hadir, meski beberapa tahun ini gerak manusia dibatasi akibat pandemi Covid-19.

Apabila Anda tertarik mengenai berbagai teknologi tersebut, berikut adalah beberapa yang diperkirakan semakin masih di 2022. Salah satunya ada kendaraan listrik yang tidak memerlukan awak lagi untuk pengendalinya.

4 Tren Teknologi 2022 yang Semakin Masif, AI Hingga AR

Beberapa tren pertama adalah Ai, VR, AR, hingga teknologi hijau. Beberapa diantaranya bahkan diterapkan untuk banyak keperluan. Misalnya VR yang dapat dimanfaatkan untuk dunia bisnis, kesehatan, game, serta otomotif.

BACA JUGA:  Cara Install Windows 11 Terbaru Paling Mudah

Kenali Tren Teknologi 2022, AI, 5G, hingga VR

  1. Artificial Intelligence (AI)

Kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) sudah tidak diragukan kian massif pada tahun 2022. Misalnya penerapan AIT di gawai, aplikasi, hingga laman. Contohnya ada chatbots.

Dimana dengan memanfaatkan AI, chatbots bisa dibilang setara dengan customer support. Bahkan rekomendasi konten di platform sosial media sekarang tidak lagi pakai analisis tradisional, melainkan AI karena lebih cepat.

  1. Virtual Reality (VR)

Tren teknologi 2022 selanjutnya adalah virtual reality (VR). VR ini mampu membuat pengguna merasakan dunia maya layaknya nyata. Sekarang ini paling umum digunakan dalam industri hiburan, seperti game.

Namun di tahun ini dan selanjutnya, penerapannya akan kian populer. Misalnya untuk kegiatan pembelajaran, mendukung aktivitas medis, hingga beberapa sektor lain. Apalagi dikombinasikan dengan terobosan lain, misalnya jaringan 5G.

  1. Augmented Reality (AR)

AR atau singkatan dari augmented reality diperkirakan semakin populer, khususnya untuk kegiatan belanja online. Memakainya, calon pembeli dapat merasakan seakan sedang memegang objek yang akan dibeli.

  1. Teknologi Hijau

Pemanasan global yang semakin nyata menjadikan kesadaran masyarakat akan lingkungan semakin tinggi. Berbagai produk berfokus ramah lingkungan dan ekonomis juga mulai bermunculan, menjadikannya salah satu tren teknologi 2022.

BACA JUGA:  Inilah Pekerjaan di Bidang Teknologi Paling Banyak Dicari

Mengingat produk daur ulang dengan prinsip reusing dan repairing mampu mewujudkan pengembangan teknologi berkelanjutan. Misalnya untuk pengembangan bahan baku produk seperti material biodegradable dan low-carbon.

4 Tren Teknologi 2022 Berikutnya, Jaringan 5G hingga Aplikasi Kesehatan

Tren berikutnya adalah dari jaringan 5G yang mulai masuk di Indonesia pertengahan tahun 2021. Selain itu masih ada tren kendaraan listrik tanpa awak, automasi layanan, serta aplikasi kesehatan.

Kenali Tren Teknologi 2022, AI, 5G, hingga VR

  1. Jaringan 5G

Tren teknologi 2022 berupa jaringan 5G telah banyak dinanti masyarakat. Mengingat aspek bermanfaatnya, misal koneksi stabil, hingga kecepatan unggah dan unduhnya. Namun di Indonesia memang 5G belum menjangkau banyak lokasi.

Pada tahun 2022, diperkirakan teknologi ini akan booming. Apalagi di banyak negara lain paket data ditawarkan dengan harga lebih terjangkau. Belum lagi kecepatan jaringan dan jangkauannya juga fantastis.

  1. Kendaraan Listrik Tanpa Awak

Kendaraan listrik mulai bermunculan pada tahun 2019. Tidak hanya itu, bahkan juga menawarkan kendaraan otonom, dimana mampu mengemudi, mengerem, hingga merubah jalur secara otomatis. Misalnya dari Tesla, Alphabet, serta Waymo.

  1. Automasi Layanan

Toko seperti Amazon Go di Amerika kini sudah tidak menggunakan kasir, melainkan memanfaatkan automasi layanan. Tren ini memungkinkan pembeli membeli, mencari, hingga membayar tanpa antri di kasir.

BACA JUGA:  Inilah 3 Aplikasi Penghasil Uang yang Legal dan Diawasi OJK

Sedangkan di Indonesia, Sky Parking adalah salah satu tren teknologi 2022 automasi layanan tersebut. Dimana pengguna parkir tidak perlu membayar ke petugas parkir, melainkan cukup memindai barcode saja.

  1. Aplikasi Layanan Kesehatan Akuran

Layanan kesehatan saat ini sudah dipermudah dengan adanya aplikasi. Melaluinya, Anda dapat memanfaatkan berbagai layanan secara online. Misal konsultasi dokter, membeli obat, hingga mengatur janji temu untuk periksa.

Sejak pandemi, aplikasi kesehatan online ini semakin populer, karena tidak mengharuskan kontak langsung. Sifatnya yang personal juga digemari masyarakat. Tidak heran kalau di 2022 aplikasi kesehatan akuran akan semakin populer.

Tentunya masih banyak terobosan teknologi lain dan terbaru, mendukung kegiatan manusia. Misalnya saja autentikasi tanpa password, Robotic Process Automation (RPA), Edge Computing, hingga Quantum Computing.

Bahkan mobil terbang kini sudah bukan lagi khayalan. Intinya berbagai tren teknologi 2022 tersebut menyesuaikan kebutuhan manusia saat ini, baik di bidang kesehatan, transportasi, telekomunikasi, hingga keperluan lainnya. (Red-detribpas.com)