Seputar Teknologi Virtual Reality dan Manfaatnya

Seputar Teknologi Virtual Reality, Definisi Hingga Manfaat

detribpas.com – Teknologi virtual reality atau biasa disingkat VR, menjadi salah satu yang tren beberapa tahun belakangan. Mengingat teknologi ini sudah masuk ke beberapa kepentingan, termasuk bidang transportasi hingga membantu tenaga medis.

Anda mungkin pernah mencoba menonton film 3-dimensi dengan bantuan kacamata tertentu. Dimana hal ini memungkinkan Anda melihat gambaran lebih nyata, dibandingkan menonton secara biasa melalui komputer maupun TV.

Faktanya VR ini memberi penawaran lebih dibandingkan kacamata 3D tersebut. Terutama dari segi suasananya yang terasa seperti di dunia nyata. Lebih detail, berikut adalah pengertian darinya, hingga manfaatnya saat ini.

Pengertian dan Perangkat yang Diperlukan dalam Teknologi Virtual Reality

Pada dasarnya, VR adalah teknologi yang bisa memberikan suasana 3D secara nyata. Memungkinkan pengguna merasa ada di dunia nyata, walaupun simulasi tersebut merupakan dunia maya.

Seputar Teknologi Virtual Reality dan Manfaatnya

Teknologi virtual reality ini banyak dimanfaatkan oleh arsitek, gamer, hingga pekerja medis. Bahkan pilot juga memanfaatkannya, khususnya untuk merasakan simulasi penerbangan, sebelum menerbangkan pesawat sesungguhnya.

BACA JUGA:  Cara Menggunakan Mixer agar Tetap Awet

Sebenarnya VR ini telah populer cukup lama, dimulai dari tahun 1962. Tepatnya ketika Sensorama, seorang filmmaker, membuat purwarupa. Dimana memungkinkan penonton mampu menonton film seperti nyata.

Nantinya penonton dapat melibatkan indera lain selain penglihatan. Purwarupa memungkinkan penonton melibatkan penciuman, pendengaran, hingga sentuhan, meskipun semua yang dialami hanya ilusi. Itulah awal mula teknologi ini.

Hingga kini, teknologinya sudah semakin berkembang dengan bantuan berbagai perangkat. Umumnya teknologi virtual reality sendiri melibatkan penggunaan walker, helm, headset, hingga sarung tangan atau glove.

Helm akan digunakan sebagai pembuat tampilan gambar, sehingga pengguna dapat melihat gambaran lebih dekat dan realistis. Selanjutnya headset memiliki fungsi memberi efek suara dengan jelas serta jernih.

Perangkat berikutnya, walker serta glover berfungsi menggerakkan tangan maupun kaki pengguna. Mampu memberi sensasi nyata di kaki dan tangan, layaknya sedang ada di lingkungan yang diciptakan VR.

Selain perangkat, beberapa elemen penting tidak dapat terlepas dari teknologi ini. Diantaranya virtual world, merupakan suatu konten yang menciptakan dunia virtual. Terdapat juga immersion dengan tiga jenis.

Pertama mental immersion, physical immersion, dan mentally immersed. Masing-masing merupakan sensasi yang mampu membawa pengguna merasakan berada di lingkungan nyata, baik secara mental hingga fisiknya.

BACA JUGA:  Teknologi Rumah Tangga Canggih, Cocok untuk Milenial

Elemen selanjutnya ada sensory feedback dengan fungsi menyampaikan informasi virtual world ke indera. Termasuk di dalamnya penglihatan, pendengaran, dan sentuhan. Terakhir adalah elemen interactivity untuk merespon aksi penggunanya.

Manfaat Teknologi Virtual Reality, Bisnis Hingga Kesehatan

Pengertian, perangkat, hingga elemen dari VR sudah dibahas, kini Anda dapat memahami berbagai manfaatnya. Mengingat berbagai bidang sudah tersentuh teknologi ini, mulai dari bisnis, gim, militer, kesehatan, dan beberapa lainnya.

Seputar Teknologi Virtual Reality dan Manfaatnya

  1. Bisnis

Menggunakan VR, banyak perusahaan memanfaatkannya sebagai media promosi. Pebisnis profesional juga dapat memanfaatkannya saat rapat dari rumah. Sehingga dapat merasakan sensasi rapat melalui konferensi video.

  1. Game

Popularitas teknologi virtual reality pastinya tidak terlepas dari game, gim, atau permainan. Mengingat banyaknya gim saat ini menghadirkan dukungan VR. Misalnya mengharuskan pemain berlari, hingga menggunakan peralatan tertetui menggunakan perangkatnya.

  1. Militer

Contoh penerapan VR untuk militer sudah dilakukan oleh tentara Amerika. Bekerja sama dengan Microsoft, peralatannya berbasis Microsoft HoloLens 2. Nantinya mampu memberi informasi seperti peta dan lokasi musuh.

  1. Kesehatan

Dunia medis atau kesehatan memanfaatkan teknologi untuk beberapa hal. Salah satunya adalah sebagai media pelatihan, misal memeriksa bagian tubuh manusia memakai simulasi VR. Sehingga membantu banyak dokter mendiagnosis penyakit.

BACA JUGA:  Volar eVTOL Aircraft, Mobil Terbang yang Segera Diluncurkan

Permasalahan psikis juga dapat dibantu dengan VR. Contohnya yang salah satu Asosiasi psikoterapis asal Inggris. Mereka menyarankan untuk mengombinasikan penggunaan VR, dalam terapi gejala kecemasan.

  1. Otomotif

Dunia otomotif juga mampu memperoleh manfaat dengan adanya teknologi virtual reality. Salah satunya penghematan dana, karena dapat menerapkan desain melalui VR sebelum diaplikasikan. Kalau tidak menghadirkan showroom mobil melalui teknologinya.

  1. Astronomi

Lebih luas, dunia astronomi dapat juga memanfaatkan VR. Salah satunya untuk simulasi luar angkasa khusus astronot. Nantinya dapat menggabungkan teknologi augmented reality untuk memaksimalkan simulasi astronot.

Sebenarnya pemanfaatan masih ada di beberapa bidang lain, misal pendidikan dan properti. Menjadikan VR menjadi salah satu teknologi yang populer hingga tahun ini, bahkan dapat berkembang lagi nantinya.

Kalau Anda tertarik, kini sudah dapat memanfaatkannya dengan smartphone dan kacamata khusus, kebanyakan untuk gim. Anda dapat merasakan teknologi virtual reality tersebut dengan harga mulai ratusan ribu rupiah saja. (Red-detribpas.com)