Bingung Cara Merawat Laptop Baterai Tanam Cari Tahu di sini

Bingung Cara Merawat Laptop Baterai Tanam? Cari Tahu di sini

detribpas.com – Salah satu contoh inovasi terbaru saat ini yaitu laptop baterai tanam. Karena memang kemajuan dalam bidang teknologi ditandai dengan adanya pembaharuan dalam berbagai jenis perangkat elektronik di antaranya komputer, ponsel, televisi dan perangkat lainnya.

Tidak dapat dipungkiri komputer banyak digunakan untuk menunjang aktivitas sehari-hari terutama di dalam pekerjaan, untuk bidang pendidikan serta bidang bisnis. Seiring berjalannya waktu, laptop keluaran terbaru dilengkapi dengan berbagai fitur canggih dan spesifikasi terbaik.

Inovasi yang paling kentara ialah adanya pembaharuan dari berbagai sisi. Adanya pembaharuan dari jenis lepas pasang beralih ke laptop baterai tanam sehingga tampilan dari segi fisik lebih modern dan minimalis menjadi daya tarik untuk menarik minat pembeli.

Dengan berbagai keunggulan yang dimilikinya, diperlukan adanya perawatan khusus sejak pertama membeli barang tersebut. Hal ini berguna untuk menjaga keawetan barang serta menghindari apabila terdapat kerusakan di kemudian hari.

Inilah Keunggulan Laptop Baterai Tanam

Terdapat beberapa keunggulan laptop baterai tanam jika dibandingkan dengan dengan perangkat yang masih menggunakan jenis lepas pasang. Berikut beragam keunggulannya, di antaranya:

BACA JUGA:  5 Rice Cooker Pintar Berteknologi Tinggi

Bingung Cara Merawat Laptop Baterai Tanam Cari Tahu di sini

1. Baterai Menjadi Lebih Awet

Keunggulan pertama ialah menjadi lebih awet karena menggunakan bahan dasar berbeda. Biasanya menggunakan bahan dasar dari lithium polymer yang memang bisa meningkatkan kapasitas baterai serta memiliki kapasitas mAh lebih tinggi.

2. Bisa Menghindari Masuknya Debu Berlebih

Faktor tersebut dikarenakan ia menempel secara langsung pada perangkat. Berbeda dengan jenis lain yang bisa dilepas dan dipasang sehingga memungkinkan debu masuk saat melepasnya. Debu masuk secara berlebih dapat membuat kualitasnya menjadi menurun.

3. Bentuk Perangkat Lebih Bagus dan Modern

Tidak bisa dipungkiri jika laptop baterai tanam diakui lebih bagus dari segi fisiknya. Lantaran ia menempel langsung pada perangkat sehingga membuat tampilannya lebih ramping. Selain itu, berat barang juga bisa sedikit lebih ringan sehingga nyaman dibawa ke mana saja.

BACA JUGA:  Inilah Link Download APK Penghasil Cuan yang Terdaftar di OJK

4. Menghindari Mengisi Daya Secara Berlebihan

Kelebihan lainnya pada perangkat tersebut ialah memiliki fitur otomatis saat pengisian daya telah maksimal. Dengan begitu pengisian akan berhenti dengan sendirinya. Kelebihan ini tidak dimiliki oleh jenis lepas pasang sehingga laptop akan mudah rusak.

Tips Merawat Perangkat yang Menggunakan Baterai Tanam

Baterai termasuk pada komponen yang harus dirawat secara maksimal, mengingat kegunaannya begitu vital bagi perangkat apapun, termasuk salah satunya laptop. Berikut ini adalah seputar tips dalam merawat laptop baterai tanam yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

Bingung Cara Merawat Laptop Baterai Tanam Cari Tahu di sini

1. Menggunakan Kabel Pengisi Daya Orisinil

Faktor orisinalitas dari perangkat perlu diperhatikan, begitu juga untuk kabel pengisi daya. Alat charge tersebut sudah dirancang khusus sebagai pelengkap dari perangkat yang Anda gunakan. Selain itu, hal ini sebagai upaya dalam menghindari kerusakan pada laptop.

2. Menghindari Over Charging

Kebiasaan buruk melakukan pengisian daya secara berlebihan justru akan merusak baterai tersebut. Dampak riil nya dapat menjadi tidak awet. Ini berlaku bagi perangkat manapun dengan jenis ditanam atau jenis lepas pasang.

3. Menghindari Penggunaan Laptop Sampai Baterai Habis

Bagi Anda yang menggunakan laptop dengan intensitas sering, hindarilah menggunakannya hingga baterai benar-benar habis. Untuk itu, pengisian daya sebaiknya dilakukan saat presentase yang tersisa hanya tinggal 20 persen. Setelah itu, segeralah mengisi daya.

BACA JUGA:  Apa Itu Teknologi Fiber Optik?

4. Hindari Membuka dan Menggunakan Banyak Aplikasi

Aktivitas multitasking dengan membuka banyak aplikasi membuatnya harus bekerja secara lebih berat. Akibatnya, baterai cepat habis juga suhu pada perangkat menjadi panas, meskipun pekerjaan semakin cepat selesai, namun hal ini bisa membuat barang jadi tidak awet.

5. Memperhatikan Kestabilan Suhu Laptop

Tips lainnya dalam merawat laptop baterai tanam ialah memperhatikan suhu nya. Disarankan untuk menggunakannya di ruangan AC guna menjaga suhu perangkat agar tidak cepat panas. Selain itu, gunakan cooling pad untuk menjaga sirkulasi udara perangkat agar tetap normal.

6. Memperhatikan Masa Pakai

Pada umumnya, jenis ditanam maupun lepas pasang memiliki keterbatasan dalam masa pakainya. Masa pakai bisa sampai tahunan bergantung dari cara merawat dan menggunakannya. Untuk itu, perawatan tersebut perlu diperhatikan agar tidak rusak sebelum waktunya.

Laptop sebagai salah satu perangkat yang sering digunakan maka harus dirawat dengan baik agar laptop lebih awet dan dapat digunakan dalam jangka panjang. Terutama pada laptop baterai tanam sebab memerlukan perawatan khusus. (Red-detribpas.com)