Jangan Panik! Berikut Cara Mengatasi HP Terkena Air

Jangan Panik! Berikut Cara Mengatasi HP Terkena Air

detribpas.com – HP terkena air bisa menjadi salah satu penyebab rusaknya microphone. Baik handphone maupun elektronik lainnya yang terkena air bisa memicu kerusakan pada perangkat dan sistem didalamnya. Terutama saat terlalu banyak air yang mengenainya kondisi dapat semakin parah.

Namun Anda tidak perlu khawatir, sebab kejadian ini masih bisa diatasi dengan berbagai cara. Bahkan treatment tersebut bisa dilakukan di rumah sedangkan apabila tingkat kerusakan termasuk parah, memang harus segera diperbaiki oleh jasa servis khusus perangkat elektronik.

Meskipun demikian, alangkah baiknya untuk berhati-hati saat menggunakan handphone.  Hindari menggunakan HP saat akan bersentuhan dengan air, misalnya saat hendak mencuci, menyiram berenang dan beragam aktivitas lainnya agar tidak mengalami kejadian HP terkena air.

Beruntunglah bagi Anda yang memang menggunakan ponsel dengan spesifikasi tahan air atau water resist. Sebab bisa dijadikan sebagai solusi dalam menghindari kejadian serupa. Akan tetapi harganya yang cenderung lebih mahal membuat tidak semua orang mampu memilikinya.

Beragam Cara Mengatasi HP Terkena Air

Dalam mengatasi HP terkena air, dibutuhkan trik khusus agar tidak menyebabkan kerusakan pada komponen lainnya. Terkait dengan cara mengatasinya bisa dilakukan secara mandiri di rumah. Berikut ini adalah beragam cara juga penjelasan singkat yang bisa Anda lakukan, di antaranya:

BACA JUGA:  Seberapa Penting Teknologi Cyber Security dalam Internet?

Jangan Panik! Berikut Cara Mengatasi HP Terkena Air

1. Mengeringkan Handphone Dengan Cara Di Lap

Cara paling dasar yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengambil handphone tersebut dari dalam air untuk kemudian mengelapnya dengan kain bersih atau tissue kering. Yang harus di lap terlebih dahulu yaitu bagian layar juga saluran suara atau microphonenya agar tidak konsleting.

3. Menaruh Handhpohe Ke dalam Beras

Merupakan cara paling umum yang biasa dilakukan saat HP terkena air, hal ini dikarenakan beras mempunyai kemampuan dalam menyerap kelembapan. Caranya, Anda hanya cukup memasukan HP ke dalam tumpukan beras untuk kemudian didiamkan selama beberapa hari.

BACA JUGA:  Fitur Windows 11 yang Menarik untuk Digunakan

3. Mengeringkannya Dengan Menggunakan Silica Gel

Sama seperti beras, silica gel juga mempunyai kemampuan dalam menyerap kelembapan. Tidak hanya untuk handphone, silica gel bisa pula digunakan untuk mengatasi pada perangkat elektronik lain. Selain itu ia juga bisa mencegah terjadinya pengembunan pada perangkat.

4. Melepaskan Berbagai Komponen Handphone

Komponen yang dimaksud adalah baterai apabila tidak menggunakan baterai tanam, lepaskan kartu perdana, casing juga memori eksternalnya lalu jemur di tempat yang terkena panas matahari. Hal tersebut perlu dilakukan guna mencegah kerusakan yang lebih parah pada perangkat.

5. Memperbaikinya Ke Tempat Servis

Ini merupakan alternatif terakhir apabila keempat cara di atas tidak mampu mengatasi masalah HP terkena air. Anda bisa membawanya ke tempat servis namun disarankan untuk memilih tempat servis sesuai dengan merk yang digunakan agar bisa diatasi secara lebih mendetail.

Berbagai Kesalahan yang Harus Dihindari saat HP Basah Terkena Air

Memang sudah seharusnya bagi Anda untuk mengatasi HP terkena air. Namun, kadang kala seseorang melakukan cara-cara yang justru semakin menambah parah kerusakan pada ponsel. Berikut ini adalah berbagai kesalahan yang harus Anda hindari, di antaranya:

BACA JUGA:  Rekomendasi IP Tracker Terbaik dengan Fungsi Maksimal

Jangan Panik! Berikut Cara Mengatasi HP Terkena Air

1. Mengeringkan HP Dengan Menggunakan Hair Dryer

Panasnya hair dryer justru memicu masalah baru karena bisa memperparah tingkat kerusakan pada ponsel. Hal tersebut disebabkan karena panas dari hair dryer akan membuat komponen listrik di dalamnya mengalami kenaikan dari segi suhu akibatnya ponsel akan semakin panas.

2. Mematikan HP Secara Langsung

Apabila HP terkena air tersebut kemudian diangkat serta dengan keadaan masih menyala, hindari mematikan ponsel secara langsung. Hal tersebut harus dihindari karena bisa menyebabkan korsleting listrik di dalam komponen hardware dari ponsel tersebut.

3. Hindari Memasukan HP Ke Dalam Kulkas

Meskipun kulkas memiliki kemampuan dalam mengeringkan, tetapi tidak untuk ponsel yang baru saja tercebur. Pasalnya apabila dimasukan ke dalam kulkas, dapat membuat air yang masih menempel pada ponsel menjadi beku sehingga bisa membuatnya semakin rusak dan lama diatasi.

Tentunya terdapat berbagai cara yang bisa Anda lakukan di rumah dengan menggunakan peralatan rumah tangga dalam mengatasi masalah HP basah. Akan tetapi, cara tersebut harus dilakukan secara hati-hati agar tidak memperparah kerusakan pada HP terkena air tersebut. (Red-detribpas.com)