HP sering ngelag Mari Cari Tahu Cara Atasi HP ngelag di sini

HP sering ngelag? Mari Cari Tahu Cara Atasi HP ngelag di sini

detribpas.com – Cara atasi HP ngelag penting diketahui agar tidak mengganggu efektivitas kerja ponsel terutama bagi Anda yang menggunakannya untuk bekerja atau bisnis online. Dengan begitu Anda dapat mengatasinya sendiri tanpa harus mencari bantuan orang lain yang mungkin memakan waktu.

HP ngelag kerap dirasakan oleh banyak pengguna terlebih ketika masa pemakaian sudah berlangsung lama. Anak sekolah baik SD maupun kuliah kerap merasakan handphone tidak responded karena banyak digunakan untuk mengerjakan tugas online, game dan bermain sosial media.

Semakin berkembangnya teknologi dan kehidupan berubah menjadi serba instan, ponsel menjadi barang penting untuk dimiliki. Maka dari itu agar dapat digunakan dalam waktu lama Anda perlu merawatnya, salah satunya dengan mengetahui cara atasi HP ngelag.

Selain cara mengatasinya, pengguna sebaiknya menghindari beberapa kondisi yang menimbulkan HP ngelag sebagai upaya pencegahan. Misalnya membatasi jumlah aplikasi di handphone, terlebih APK tidak penting dan menghabiskan banyak ruang.

Beberapa Cara Atasi HP Ngelag

Cara atasi HP ngelag sebenarnya mudah dan relatif simpel namun terkadang dihiraukan oleh banyak penggunanya. Akibatnya HP mudah rusak dan menambah jumlah pengeluaran saat membelinya lagi. Berikut beragam cara mengatasinya, di antaranya:

BACA JUGA:  Seputar Teknologi Virtual Reality, Definisi Hingga Manfaat

HP sering ngelag Mari Cari Tahu Cara Atasi HP ngelag di sini

1.   Perhatikan Kapasitas Penyimpanan

Setiap handphone dibekali dengan kapasitas penyimpanan berbeda. Penyimpanan inilah yang akan mempengaruhi kinerja handphone nantinya. Maka dari itu perhatikan kapasitas penyimpanan saat hendak mengunduh beberapa aplikasi agar handphone tidak mudah ngelag.

2.   Gunakan Aplikasi Antivirus

Cara atasi HP ngelag selanjutnya dengan menggunakan APK antivirus karena virus dapat masuk ketika kita mengunduh APK lain atau membuka beberapa situs berbahaya. Meski begitu, hindari pemasangan APK antivirus dalam jumlah banyak, sebab dapat memboroskan RAM.

3.   Kurangi Penggunaan Widget

Widget merupakan tampilan aplikasi mini yang dapat disematkan dalam layar utama. Hal ini digunakan untuk mempercantik layar ponsel atau jalan pintas untuk memantau beragam aplikasi tanpa membukanya secara langsung. Namun widget akan menyita RAM sehingga HP mudah lag.

BACA JUGA:  Kelebihan Teknologi Mobil Listrik yang Perlu Diketahui

4.   Hapus Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Banyak kasus ponsel lag karena banyaknya aplikasi yang diunduh. Maka salah satu cara atasi HP ngelagialah dengan menghapus beberapa aplikasi tidak diperlukan. Akan lebih baik hanya mengunduh APK yang dirasa penting saja.

5.   Gunakan Memory Eksternal

Menggunakan memory eksternal dapat menjadi salah satu solusi terbaik agar handhone tidak lag. Sebab salah satu penyebab lemot ialah kurangnya kapasitas memori di ponsel sehingga sistem didalamnya tidak dapat berfungsi dengan baik.

6. Lakukan Factory Reset

Jika menghapus beberapa APK masih kurang membantu maka cara atasi HP ngelag terakhir ialah dengan factory reset. Hal ini dilakukan untuk membersihkan beragam hal yang menumpuk didalam sistem sehingga ponsel berat saat digunakan. Namun sebelumnya pastikan data penting telah di backup.

Beberapa Alasan Mengapa HP Ngelag

Selain cara mengatasi, terdapat sejumlah alasan ponsel lag atau tidak dapat bekerja dengan baik yang perlu Anda ketahui. Berikut di antaranya:

HP sering ngelag Mari Cari Tahu Cara Atasi HP ngelag di sini

1.   Aplikasi Bermasalah

Salah satu alasan mengapa ponsel lemot ialah aplikasi bermasalah sehingga sistem berhenti atau macet secara tiba-tiba. Biasanya karena APK diunduh langsung atau tanpa melalui Play Store. Jika kondisi ini terjadi pada Anda, sebaiknya segera uninstal APK tersebut.

BACA JUGA:  Seberapa Penting Teknologi Cyber Security dalam Internet?

2.   OS Belum Diupdate

Kemungkinan besar ponsel lemot bukan dari masalah hardware melainkan software ponsel tersebut. Salah satunya karena operasi sistem belum diupdate sehingga menyebabkan bug atau masalah lainnya. Maka dari itu pastikan operasi sistem sudah dalam versi terbaru.

3. Bloatware

Bloatware adalah aplikasi bawaan dari ponsel yang mana fungsinya jarang digunakan. Jumlah bloatware yang terlalu banyak dapat mengganggu kinerja ponsel dan memakan kapasitas penyimpanan, akibatnya ponsel jadi lemot saat digunakan.

4.   Spesifikasi Ponsel Terlalu Rendah

Jika bukan operasi sistem yang berat, spesifikasi ponsel rendah juga turut menjadi pemicu ponsel lemot. Apalagi jika OS belum diupdate maka permasalahannya akan semakin berat. Sebagian besar penggunanya lebih memilih membeli ponsel baru karena sulit diatasi.

Banyak pengguna aktif ponsel mengeluh operasi sistem tiba-tiba berhenti atau lemot. Beragam penyebabnya tidak lain karena kurangnya ruang penyimpanan, spesifikasi rendah hingga OS belum diupdate. Maka penting bagi Anda untuk mengetahui cara atasi HP ngelag. (Red-detribpas.com)