Cara Download dan Menggunakan Aplikasi Cek Bansos

Cara Download dan Menggunakan Aplikasi Cek Bansos

detribpas.com – Pemerintah rupanya telah memanfaatkan kemajuan teknologi untuk melayani masyarakat, salah satu contohnya Aplikasi Cek Bansos yang kini hadir untuk memudahkan masyarakat mendapat bantuan dari Negara.

Bantuan sosial atau disingkat Bansos merupakan bantuan dari Pemerintah yang ditunjukan kepada masyarakat kurang mampu. Pemerintah menunjuk langsung Kementrian Sosial RI yang berwajib untuk mendistribukan bantuan tersebut secara merata.

Dengan kemajuan teknologi yang begitu pesat, untuk sekarang masyarakat tidak usah repot mendaftar bansos di kelurahan. Cukup mendownload Aplikasi cek Bansos, mereka dapat mengakses bantuan dari pemerintah.

Walaupun cara mendapatkan bantuan dari pemerintah ini dapat diakses melalui aplikasi, namun hal yang perlu diingat, bahwa bantuan sosial ini merupakan bantuan yang dituju untuk masyarakat miskin, jadi jangan sampe disalah gunakan.

Adapun jenis-jenis bantuan yang diberikan pemerintah untuk rakyat miskin sangatlah beragam, hal ini dilihat dari kebutuhan yang disesuaikan oleh masyarakat penerima tersebut.

Jenis Bantuan terdaftar di Aplikasi Cek Bansos

Adapun jika berbicara jenis bantuan sosial yang diberikan kepada masyarakat, sebagaimana data yang kami peroleh yaitu:

BACA JUGA:  Fitur Canggih Android 12, Performa Dijamin Makin Gahar

Cara Download dan Menggunakan Aplikasi Cek Bansos

  1. Bantuan Sosial Progam Keluarga Harapan (PKH)

Merupakan bantuan yang ditujukan kepada keluarga dengan kriteria khusus dengan tingkat ekonomi di bawah garis kemiskinan. Bantuan ini merupakan Progam Kemensos RI yang bertujuan untuk mengatasi kemiskinan. Besaran bantuan ini sekira 3 juta rupiah.

  1. Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT)

Jenis bantuan yang terdaftar di aplikasi cek bansos selanjutnya yaitu BPNT, merupakan bantuan yang disalurkan oleh Kemensos RI. Dengan si penerimanya akan mendapatkan bantuan dari pemerintah senilai Rp. 200.000,- per bulannya.

  1. Bantuan Sosial Tunai

Bantuan ini diberikan kepada mereka yang bukan penerima PKH dan BPTN. Apalagi banyak warga yang terdampak pademi sehingga pemerintah gencar memberikan bantuan untuk mengatasi kemiskinan. Besaran bantuan ini sekira Rp. 300.000,- perbulannya.

BACA JUGA:  HP sering ngelag? Mari Cari Tahu Cara Atasi HP ngelag di sini

Selain 3 jenis bantuan yang diperuntuhkan untuk masyarakat di atas pemerintah juga memberikan bantuan lainnya yang bersifat tentative untuk mengurangi angka kemiskinan.

Cara Mudah Mendownload Aplikasi Cek Bansos Gratis

Hadirnya perang aplikasi ini memang bertujuan untuk pemerintah melayani masyarakatnya dengan mudah, sehingga bantuan tersebut dapat tersasar sesuai kepada penerima langsung. Jadi si penerima bantuan tidak usah repot-repot mengurus kesana kemari.

Adapun langkah yang harus dipersiapkan dalam mendownload dan menggunakan aplikasi bantuan dari pemerintah tersebut yaitu:

Cara Download dan Menggunakan Aplikasi Cek Bansos

  1. Cari aplikasi bantuan tersebut pada Google Play dengan menuliskan kata pencarian Aplikasi Cek Bansos;
  2. Langkah selanjutnya silahkan didownload;
  3. Setelah aplikasi tersebut selesai didownload dan kemudian terpasangan, selanjutnya bisa dibuka;
  4. Lalu calon penerima bisa registrasi dengan memasukan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK), serta isi panduan yang ada dan klik daftar;
  5. Selanjutnya jika proses registrasi telah berhasilkan silahkan cari menu daftar program bantuan sosial yang sesuai dan kemudian pilih.
BACA JUGA:  Update iOS 15.3, Perbaikan, Kelebihan, Hingga Caranya

Semudah itulah untuk mendaftar bantuan sosial yang diberikan Pemerintah kepada warganya hanya melalui aplikasi, jika kalian masih merasa bingung dapat klik Download Disini !!!

Jika sudah terdaftar, nanti si penerima bantuan tersebut akan mendapatkan informasi lanjutan tentang proses pencarian bantuan sosial dari pemerintah yang diberikan melalui kementrian sosial kepada warga masyarakat yang membutuhkan.

Sekali lagi hal yang perlu kami tekankan bahwa bantuan ini tujuannya sangat baik, yaitu untuk membantu pihak yang memang sejatinya membutuhkan. Untuk itu bagi para masyarakat yang kiranya cukup mampu maka sangat diharapkan untuk tidak melakukan pendaftaran bantuan sosial dari pemerintah ini.

Kami sebagai penulis panduan bantuan sosial ini, akan merasa senang dan terbantukan jika para pembaca dapat memanfaat Aplikasi Cek Bansos ini sesuai dengan tujuan dan hak penerima yang berhak, atau paling tidak jika kamu merasa bantu dapat membagikan artikel ini kepada mereka yang membutuhkan. (Red-detribpas.com)