keadaan alam myanmar
keadaan alam myanmar

Keadaan Alam Myanmar Profil Lengkap Dan Sejarah

Keadaan Alam Myanmar, Kali ini ikhtisar wilayah daratan Myanmar Ibu kota Myanmar ikhtisar lanskap Myanmar ikhtisar daratan Myanmar negara Myanmar lanskap lanskap alam Myanmar berbatasan dengan Myanmar posisi astronomis Myanmar iklim Myanmar teritori Myanmar Ibukota Myanmar Myanmar Ukuran populasi daratan Myanmar dan situasi ekonomi Myanmar Myanmar.

Profil Negara Myanmar (Burma)

Nama internasional Republik Kesatuan Sosialis Burma
Luas wilayah ± 678.500 km2
Ibu kota Pyinmana (Yangoon)
Bentuk pemerintahan Republik Perlementer
Hari kemerdekaan 14 Januari 1949
Kepala negara Presiden
Kepala pemerintahan Perdana menteri
Bahasa resmi Bahasa Burma
Mata uang Kyat (MMK)
Agama mayoritas penduduk Buddha (90%)
Lagu kebangsaan Bya Majay Bma

keadaan alam myanmar

Sejarah dan Bentuk Pemerintahan Negara Myanmar

Keadaan Alam Myanmar, Myanmar adalah negara sosialis di Asia Tenggara dan ibukotanya adalah Yangon. Pemerintahannya adalah republik. Kepala negara adalah presiden dan kepala pemerintahan adalah perdana menteri. Myanmar meliputi area seluas 678.500 km2.

Jabatan lain dari Perdana Menteri adalah Ketua Dewan Menteri dan Presiden juga menjabat sebagai Ketua Dewan Menteri.

Legislatif Myanmar disebut Majelis Rakyat dan dipilih langsung oleh rakyat untuk masa jabatan 4 tahun.

Myanmar adalah nama negara baru Burma yang telah digunakan sejak 12 Juni 1989. Nama resmi Sosialis Padangzhou Thamada Myanmar adalah Myanmar Nyungandau (Republik Sosialis Bersatu Burma).

Sebagai koloni Inggris sepanjang sejarah Myanmar telah mempertahankan netralitas yang ketat dalam politik internasional dan bahkan cenderung mengisolasi diri.

Keadaan Alam Negara Myanmar

Letak, Luas, dan Batas

Secara astronomis Myanmar terletak antara 958-2829 Lintang Utara dan 9211-10110 Bujur Timur. Luas wilayah Myanmar sebesar 678.500 kilometer persegi terbagi menjadi batas negara bagian berikut ini.

Sebelah timur berbatasan dengan Cina, Laos, dan Thailand

Sebelah barat berbatasan dengan Bangladesh dan India.

Iklim Negara Myanmar

Myanmar memiliki iklim tropis dengan suhu rata-rata 27C. Ada tiga musim: musim hujan musim kemarau dingin dan musim kemarau panas.

Bentang Alam Myanmar

Myanmar dilalui oleh beberapa pegunungan seperti Western Range yang membentang dari utara ke selatan Cape Negre. Ketinggian rata-rata pegunungan di wilayah ini adalah 3000 meter.

Sebagian besar Myanmar terdiri dari dataran tinggi dan pegunungan yang merupakan bagian dari pegunungan Mediterania.

Puncak tertinggi di bagian ini adalah Sarmati (3826 m). Yoma adalah sebidang tanah sempit di sebelah barat Pegunungan Arakan yang menghadap ke Teluk Benggala dengan sungai yang mengalir melalui Pegunungan Arakan. Tempat ini adalah untuk pertanian.

Bagian timur terdiri dari dataran tinggi Shan berbentuk V yang membentang ke selatan hingga pegunungan Dawna dan Tenasserim. Dataran tinggi dan pegunungan ini membentuk perbatasan antara Myanmar dan Thailand.

Di antara wilayah barat dan timur terdapat dataran aluvial yang terbentang dari lembah sungai Ayeyarwady dan Sitang hingga ke pedalaman Mandalay.

Setengah dari Myanmar terletak di lembah Sungai Irrawaddy dan anak-anak sungainya. Perbukitan utara adalah muara sungai Irrawaddy dan Chindwin (anak sungai Irrawaddy).

Sungai Irrawaddy adalah sungai terpanjang dan terbesar di Myanmar. Delta Irrawaddy terletak di pantai Laut Andaman di muara Sungai Irrawaddy.

Jumlah dan Keadaan Penduduk Negara Myanmar

Di tahun Pada tahun 2003 populasi Myanmar adalah 494 juta. Kepadatan penduduk adalah 73 jiwa/km2 pertumbuhan penduduk. 1,6%.

Myanmar memiliki banyak kelompok etnis dalam populasinya. Kelompok terbesar adalah Burma dan Tibeto-Burma yang mewarisi budaya Payus dan Mongyang berjumlah ca. 69% dari penduduk Myanmar.

Suku bangsa yang lain adalah Shan 98,5%), Karen (6,2%), Rakhin (4,5%), Mon (2,4%), Cina (2,2%), dan Kachin (1,4%).

Agama penduduk, meliputi Budha (89,4%), Kristen (4,9%), Islam (3,8%), Hindu (0,5%), kepercayaan suku (1,1%); lain-lain (0,3%).

Mata pencaharian utama penduduknya adalah bertani. Bahasa resmi adalah bahasa Burma yang terkait dengan bahasa Tibet.

Kebanyakan orang berbicara bahasa Inggris tetapi mereka yang tinggal di pegunungan berbicara bahasa Inggris. Satuan mata uang adalah kyat.

Perekonomian Negara Myanmar

Sektor Pertanian

Myanmar adalah negara agraris dan produk pertanian utamanya adalah beras. Produk pertanian lainnya termasuk teh dari dataran tinggi Shan tembakau dari utara tebu dari lembah Sungai Sittong dan sayuran dari daerah pesisir Yoma di Negara Bagian Rakhine. Daerah kering menghasilkan gandum jagung kapas dan wijen.

Sektor Pertambangan

Sektor Pertambangan

Sumber daya mineral Myanmar adalah minyak tanah seng timah nikel emas dan uranium. Ladang minyak berada di Chaok dan Yenangyang tungsten antimon batubara merkuri perak mangan dan gas alam di Chaok.

Sektor Kehutanan

keadaan alam myanmar

Lebih dari 70% Myanmar ditutupi oleh hutan. Hasil hutannya adalah kayu jati dan besi.

Sektor Perdagangan

Ekspor utama adalah mineral kayu beras. Impor berupa mesin dan alat angkut produk logam pupuk kertas dan obat-obatan.

Sektor Perindustrian

keadaan alam myanmar

Semua kegiatan industri di Myanmar dikendalikan oleh pemerintah. Hasil industri khususnya hasil pertanian hasil hutan produksi minyak mineral penyimpanan ikan dan industri pengolahan tekstil.

Sektor Perhubungan

keadaan alam myanmar

Pelabuhan terbesar Myanmar terletak di Yangon dan kota pelabuhan lainnya adalah Moulmein. Lalu lintas masih terbatas pada lalu lintas sungai sementara jalan desa selalu dalam pembangunan.

Sungai Irrawaddy Sungai Sindwin dan Sungai Chittang memainkan peran paling penting. Banyak warga yang menggunakan tenaga gajah untuk mengangkut kayu dari hutan.