Pentingnya Pendidikan Karakter, Tujuan dan Fungsinya

Pentingnya Pendidikan Karakter, Tujuan dan Fungsinya

detribpas.com – Melihat pentingnya pendidikan karakter, tidak heran jika perlu dilakukan sejak dini. Agar anak dapat menjadi pribadi lebih baik lagi. Terlebih setiap anak memiliki perkembangan yang berbeda-beda.

Para orang tua, bukan hanya mendampingi. Namun juga memberikan contoh yang baik, karena anak selalu mencontoh apa yang dilakukan oleh disekitarnya, khususnya orang tuanya.

Dalam hal ini pendidikan karakter memiliki peranan yang cukup penting bagi tumbuh kembang anak. Pentingnya pendidikan karakter ini erat kaitannya dengan moral yang bertujuan untuk membentuk pribadi anak.

Oleh sebab itu menjadi penting dilakukan oleh orang tua. Meskipun pada saat ini disekolah sudah menerapkan cara ini, akan lebih baik jika telah dibentuk dari rumah.

Terlebih orang tua menjadi pondasi utama bagi anak. Rumah adalah tempat anak paling banyak menghabiskan waktu, maka dari itu orang tua wajib mengetahui karakter setiap anak.

Mengenal Apa Itu Pengertian dari Pendidikan Karakter

Untuk mengetahui pentingnya pendidikan karakter, sebelum lebih jauh pahami dulu pengertiannya. Dengan mengetahui pengertiannya, maka bisa lebih dalam lagi orang tua bisa menerapkan pada sang buah hati.

Pentingnya Pendidikan Karakter, Tujuan dan Fungsinya

Pendidikan karakter merupakan sebuah sistem yang dibuat dalam rangka untuk menanamkan beberapa nilai karakter tertentu kepada anak atau peserta didik.

BACA JUGA:  Perbedaan Pendidikan Kurikulum Internasional dengan Lokal

Bahan yang ditanamkan tersebut berupa komponen-komponen, yakni komponen pengetahuan. Kemudian komponen kesadaran, kemauan juga tindakan dari setiap nilai-nilai yang ada.

Berbicara soal ini, erat kaitannya dengan pendidikan moral. Meskipun dalam pengertian yang berbeda, namun kedua sama-sama memiliki tujuan sama yakni membentuk atau melatih kemampuan individu anak.

Secara keseluruhan, pelatihan kemampuan individu tersebut apabila terjadi secara terus menerus, maka bisa membantu anak menjalani kehidupan untuk lebih baik lagi.

Mengenal Bagaimana Tujuan Dari Pendidikan Karakter

Setelah mengetahui pengertiannya, agar bisa lebih dalam mengetahui pentingnya pendidikan karakter, maka pahami juga tujuannya.

Tentunya ketika diciptakan pendidikan jenis ini, dibuat memiliki tujuan tertentu. Harapannya tujuan tersebut bisa tercapai sesuai dengan target yang telah ditentukan.

Sama halnya dengan pendidikan karakter juga memiliki tujuan, diantaranya yakni untuk membangun karakter seseorang yang bermoral, berakhlak mulia, serta memiliki sifat gotong royong.

Agar tujuan bisa tercapai, maka perlu penanaman sejak dini. Dari sini orang tua memilki peranan sangat penting untuk membantu terlaksananya tujuan ini.

Karena pendidikan pertama bagi anak adalah orang tua, setelahnya baru didapatkan dari sekolah. Maka dari itu pentingnya pendidikan karakter perlu ditanamkan oleh orang tua.

Untuk bisa mencapai tujuan tersebut ada beberapa nilai yang perlu ditanamkan pada anak diantaranya nilai kejujuran, disiplin, kreatif, kerja keras, kemandirian, sikap toleransi dan lain sebagainya.

Dengan menanamkan nilai-nilai tersebut pada anak sejak dini dan dilakukan secara terus menerus, maka anak akan terbiasa. Apabila terbiasa, ia akan menjadi pribadi lebih baik ketika dewasa.

BACA JUGA:  Pentingnya Pendidikan bagi Manusia untuk Kesejahteraan

Mengenal Lebih Dekat Fungsi dari Pendidikan Karakter

Selain tujuan, agar lebih dalam mengetahui pentingnya pendidikan karakter. Maka akan lebih baik jika mengetahui fungsinya juga. Dengan begitu akan lebih dalam pemahaman baik sang pemilik buah hati maupun guru.

Pentingnya Pendidikan Karakter, Tujuan dan Fungsinya

Sama halnya dengan tujuan, terciptanya sebuah jenis pendidikan baru tentu memiliki fungsinya. Harapannya, fungsi tersebut bisa terlaksana dengan baik bagi setiap anak maupun peserta didik.

Jika dilihat dari secara umum, fungsi dari terciptanya pendidikan ini ialah sebagai upaya membentuk karakter seseorang memiliki karakter dan perilaku yang lebih baik. Lebih lengkapnya berikut akan kami sajikan uraiannya.

Fungsi pertama, untuk membantu pengembangan potensi milik manusia secara dasar, sehingga diharapkan bisa menjadi seorang individu terbaik. Mulai dari pikiran maupun perbuatannya.

Fungsi kedua, untuk membantu pembangunan dan perkuatan diri manusia agar memiliki pribadi yang multikultur. Sehingga bisa menerima segala bentuk perbedaan yang ada.

Fungsi ketiga, untuk membantu pembangunan dan peningkatan peradaban bangsa sehingga menjadi bangsa yang kompetitif dalam hubungan sesama.

Dari seluruh fungsi tadi semakin kuat bahwa mengenal pentingnya mengenal pendidikan karakter merupakan sesuatu yang wajib. Agar setiap anak menjadi insan yang lebih baik lagi.

Mengenal Bagaimana Pentingnya Pendidikan Karakter

Berdasarkan uraian panjang mengenai seberapa penting pendidikan karakter, baik itu pengertian, kemudian tujuan juga fungsinya. Artinya pendidikan karakter memang memiliki peranan sangat penting.

BACA JUGA:  5 Macam Gaya Belajar Anak untuk Optimalkan Kecerdasan

Seluruh upaya yang dilakukan tersebut agar bisa mencapai pribadi lebih baik lagi. Jika tidak dimulai dari masa anak-anak, maka tumbuh kembang akan terganggu terlebih ketika dewasa nantinya.

Terlebih saat ini terdapat dampak globalisasi, sebenarnya dampaknya memiliki dua sisi, yakni positif dan negatif. Keduanya bisa terjadi pada setiap individu tergantung pada pentingnya pendidikan karakter.

Dampak dari globalisasi itu sendiri erat kaitannya dengan karakter seseorang. Misalnya kecanggihan teknologi saat ini, jika tidak didampingi orang tua, maka anak bisa melihat seluruh informasi entah itu baik atau buruk.

Perilaku negatif, penyalahgunaan obat-obatan hingga pergaulan bebas merupakan dampak dari globalisasi jika tidak adanya filter atau penguatan dari orang dewasa disekitar.

Anak-anak memiliki potensi yang sama untuk mendapatkan dampak tersebut. Maka dari itu menanamkan pentingnya pendidikan karakter sejak dini merupakan hal wajib dilakukan.

Cara ini dilakukan agar setiap individu bisa menjalani kehidupan dengan baik. Bergaul dengan teman sebaya dan melakukan hal-hal bermanfaat lainnya.

Berdasarkan seluruh uraian tadi, sudah bisa disimpulkan bahwa orang dewasa memiliki peranan cukup penting dalam membentuk karakter seorang anak maupun peserta didik.

Baik itu orang tua, guru, dosen dan seluruh orang dewasa segala profesi, wajib menanamkan pentingnya pendidikan karakter sejak dini agar tidak ada lagi anak yang keliru dalam menentukan arah. (Red-detribpas.com)