Sirkuit Mandalika Lombok Kebanggan Dunia Balap Indonesia

Sirkuit Mandalika Lombok Kebanggan Dunia Balap Indonesia

detribpas.com – Perhelatan megah MotoGP 2022 bakal dilaksanakan di Indonesia tepatnya di Sirkuit Mandalika Lombok pada tanggal 18 s/d 20 Maret 2022. Sirkuit tersebut kategori baru dan sudah memukau ajang dunia balap motor khususnya MotoGP.

Sebagai warga negara Indonesia patut berbangga hati ketika sirkuit mandalika Lombok akan digunakan sebagai ajang MotoGP 2022 pada pertengahan Maret 2022 mendatang. Sirkuit ini resmi dibuka pada tanggal 11 November 2022 oleh Presiden Indonesia Bapak Joko Widodo.

Tentunya jika melihat segala bentuk fasilitas serta desain yang ada dalam sirkuit tersebut sudah barang tentu bahwa sirkuit mandalika Lombok merupakan sirkuit bala dengan kelas internasional.

Buktikan untuk invent sekelas MotoGP juga mau mampir untuk mengadakan perlombaanya disitu, hal ini menandakan bahwa secara uji kelayakan sirkuit ini sudah memenuhi standar kelas internasional.

Mengingat kelasnya sudah internasional sehingga untuk merancang sirkuit ini juga tidak main-main. Banyak fakta-fakta yang harus disajikan kepada public supaya mengetahui bahwa negara Indonesia juga mampu bersaing dalam kelas internasional khususnya tentang supporting olahraga balapnya.

BACA JUGA:  Daftar Dana Bansos Pendidikan Terbaru Tahun 2022

Untuk itu melalui artikel ini kami akan ulas khusus buat kalian semua mengenai fakta yang terkandung di sirkuit mandalika Lombok yang sampai saat ini masih menjadi kebanggan warga Indonesia bahkan internasional.

Fakta Tentang Sirkuit Mandalika Lombok

Hal yang paling dasar perlu disepakati bersama bahwa supporting utama sirkuit ini adalah Pertamina, yang merupakan BUMN di Indonesia. Secara penamaan selain dinamakan sirkuit mandalika Lombok, nama lainnya adalah Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Sirkuit Mandalika Lombok Kebanggan Dunia Balap Indonesia

Berada di Kawasan zona ekonomi khusus, yang secara geografis terletak di Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Sirkuit ini memiliki Panjang lintas sepanjang sekira 4.32 Kilometer, selain lintasan cukup Panjang, dalam sirkuit ini terdapat 17 tikungan yang cukup menantang bagi pembalap.

Selain bahwa sirkuit mandalika Lombok akan digunakan untuk perhelatan akbar MotoGP supanya sebelum itu pernah juga digunakan untuk ivent-ivent bergengsi lainnya.

Adapun jenis ivent bergensi yang sudah pernah dilaksanakan di sirkuit ini adalah ivent kejuaraan superbike dan ivent Asia Talent Club. Tentunya ivent tersebut merupakan ivent yang sangat bergensi dan didampakan oleh penghobi balap ini, sehingga puncaknya sampai sekelas ivent MotoGP mau singgah dan melaksanakan balapannya di sirkuit mandalika Lombok.

BACA JUGA:  Inilah Pengertian Bantuan Sosial dan Hibah yang Wajib Kamu Tahu

Sejarah Penamaan Sirkuit Mandalika Lombok

Selanjutnya akan dibahas tentang sejarah penamaan mandalika yang menjadi icon dalam sirkuit ini. Tentunya penamaan tersebut memiliki cerita dan atau fakta sejarah yang sangat sayang untuk dilewatkan informasinya tersebut.

Nama mandalika tentunya diambil dari nama seorang putri yang menjadi sejarahnya sangat dikenal olah masyarakat adat di Lombok. Beberapa literatur menyebutkan bahwa sang putri merupakan anak dari Raja Tonjang Beru dan sang permaisurinya Dewi Seranting.

Kebijaksanaan dan perjuangan hidup sang putri beserta keluarga sangat dikenang oleh masyarakat Lombok khususnya suku sasak asli, yang masih mengamini tentang cerita tersebut, selain itu sang putri juga dikenal dengan putri yang sangat cantik dan sangat mencintai rakyatnya.

Keindahan Alam Sirkuit Mandalika Lombok

Selain sirkuit ini bertaraf internasional, serta memiliki nilai sejarah yang sangat memukau fakta lainnya yang wajib diketahui adalah bahwa sirkuit ini juga dihiasi oleh bentang alam yang sangat memukau keindahannya.

BACA JUGA:  Inilah Pengertian Bantuan Sosial dan Hibah yang Wajib Kamu Tahu

Sirkuit Mandalika Lombok Kebanggan Dunia Balap Indonesia

Sehingga selain bisa menjadi ajang balapan, arena balap mandalika Lombok juga sangat cocok untuk destinasi wisata alamnya.

Salah satunya yaitu terdapat pemandangan indah dari bukit merese yang sangat cocok untuk menikmati sunset, selain keindahan bukitnya ada juga pantai yang sangat memukai yaitu pantai pantai kuta mandalika dan pantai tanjung aan.

Pada pantai tersebut selain menikmati keindahan alamnya juga dapat menikmati permainan surfing atau paralayang, mengingat spot pantai ini sangat cocok untuk menjalankan aktivitas tersebut.

Tentunya sebagai warga Indonesia harus turut bangga melihat sirkuit mandalika Lombok yang sudah dikenal oleh masyrakat dunia khususnya penghobi balapan.

Harapan bersama semoga kedepan selain arena balap ini membawa harum nama Indonesia semoga warga sekitar pun mendapatkan dampaknya setidaknya meningkatkan taraf hidup para masyarakat yang tingga di sekitar sirkuit mandalika Lombok. (Red-detribpas.com)