10 Cara Membersihkan Radiator Mobil

cara membersihkan radiator mobil

Cara Membersihkan Radiator Mobil, Setiap mobil membutuhkan mesin yang berfungsi sebagai komponen penggerak listrik yang mengubah energi dari bahan bakar atau sumber daya alam. Manusia membuat mesin untuk mempermudah pekerjaannya dalam kehidupan sehari-hari.

Mesin kendaraan sangat penting sebagai tenaga penggerak yang tanpanya kendaraan tidak dapat berfungsi.

Seiring kemajuan zaman mesin kami terus melihat inovasi yang membuat semua tugas manusia lebih mudah. Sebuah mesin memiliki beberapa komponen yang sangat penting salah satunya adalah radiator mobil. Peran radiator mobil adalah menjaga suhu mobil tetap pada tingkat yang konstan selama digunakan.

Sebagai salah satu bagian terpenting dari mesin Anda radiator mobil Anda membutuhkan perawatan yang tepat. Satu hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga radiator mobil Anda tetap terlihat terbaik adalah dengan membersihkannya.

Ada beberapa cara untuk membersihkan radiator mobil. Radiator mobil ini juga bisa dibersihkan secara otomatis atau jika pengemudi memiliki budget bisa langsung dibawa ke bengkel. Namun jika pengendara ingin lebih hemat ia bisa mempelajari beberapa tips cara membersihkan radiator mobilnya yang kami rangkum di bawah ini.

Cara Membersihkan Radiator Mobil Sendiri

Siapkan Alat & Bahan Yang Dibutuhkan

Tentu alat dan bahan sangat dibutuhkan saat akan membersihkan radiator. Jadi yang pertama siapkan alat dan bahan untuk membersihkan radiator mobil. Bahan yang biasa digunakan berkisar dari cairan khusus seperti cairan pendingin radiator hingga cairan yang digunakan untuk membersihkan radiator mobil.

Mobil dipastikan dalam keadaan mati

Berikutnya adalah membuka kap mesin mobil. Kemudian buka tutup radiator dari mobil. Ingatlah untuk tidak membuka mesin saat panas. Sangat berbahaya jika Anda mencoba menghidupkan mesin mobil dalam keadaan panas. Jadi cara paling aman untuk membersihkan radiator mobil adalah saat ketinggian air sudah terlihat di dasar tangki.

Menguras air radiator

Anda bisa membuka petcock di bagian bawah coolant tank untuk mengalirkan air ke radiator mobil. Jika Anda kesulitan menemukan bagian ini Anda dapat melepas terlebih dahulu selang dari power supply ke mesin mobil. Kemudian tunggu hingga air dingin benar-benar terkuras. Anda harus menunggu dengan sabar sampai proses ini selesai. Ingatlah untuk memastikan tangki cairan pendingin benar-benar kosong.

Membersihkan selang air radiator

Untuk mulai membersihkan bagian radiator mobil Anda bisa dimulai dari selang radiator yang terhubung dengan mesin mobil Anda. Semprotkan air melalui selang sampai selang radiator bersih dari kotoran. Membersihkan selang radiator sangat penting karena percuma membersihkan radiator nantinya jika sudah kotor. Selang yang kotor selanjutnya dapat mempengaruhi tampilan kerak mesin kendaraan anda.

Bersihkan bagian inti radiator

Setelah selang radiator dibersihkan Anda dapat membersihkan inti radiator mobil Anda. Bagian utama radiator mobil adalah core tank bagian ini biasanya bisa dibersihkan dengan mengisi radiator dengan air.

Kemudian pastikan air yang keluar bersih. Hal penting yang perlu diperhatikan sebelum membersihkan bagian mobil ini adalah memastikan selang yang menuju ke mesin mobil berjalan lancar.

Kemudian Anda dapat menggunakan pendingin radiator tetapi jika Anda tidak memiliki akses ke air jenis ini Anda dapat menggunakan air galon biasa. Jangan gunakan air sumur karena kandungan kapur yang tinggi dapat membentuk kerak di area dinding radiator dan di mesin mobil.

Nyalakan mesin untuk menguras air radiator

Saat air yang keluar dari radiator sudah terasa bersih Anda bisa menghidupkan mesin mobil. Tapi tentu ingat untuk menutup tangki radiator sebelum melakukan ini. Panaskan mesin mobil selama kurang lebih 15 menit hingga termostat naik ke medium.

Perhatikan air yang keluar dari radiator dan pastikan lancar dan tidak membawa berbagai kotoran. Setelah selesai Anda bisa mematikan mesin mobil kembali dan menunggu mesinnya kosong.

Mengulang pembersihan radiator mobil

Cara lainnya adalah dengan mengisi radiator mobil dengan air hingga penuh. Kemudian tutup tangki dengan tutup radiator. Kemudian hidupkan kembali mesin mobil agar cairan pendingin mobil kembali habis hingga tidak ada yang tersisa. Pengoperasian ini dapat diulangi 2-3 kali untuk memastikan tidak ada endapan yang tertinggal di dalam radiator.

Air di radiator dibersihkan dengan cara bersirkulasi. Hal ini dilakukan agar sisa cairan pembersih ikut terangkat bersama air yang dikeluarkan dari continuous flow radiator.

Memasang kembali selang radiator

Jika sudah benar-benar bersih Anda bisa mematikan keran air dan memasang kembali selang ke mesin mobil. Jangan lupa untuk mengisi penuh radiator mobil Anda dengan air suling saat ini.

Periksa kondisi radiator mobil

Setelah semuanya selesai Anda dapat menghidupkan mesin mobil Anda dengan catatan Anda. Jangan lupa tutup tangki dengan rapat. Kemudian periksa air dan pastikan sirkulasi air dalam kondisi baik. Setelah menjalankan mesin beberapa lama matikan mesin mobil dan periksa kondisi radiator.

Jika radiator mobil Anda mulai menipis jangan tambahkan air lagi. Namun bisa ditambah dengan radiator pendingin untuk memastikan pengaturan suhu bekerja dengan baik. Jangan lupa untuk menutup tangki radiator setelah menyelesaikan semua prosedur. Langkah terakhir ini adalah untuk memastikan bahwa setiap langkah yang Anda ambil diikuti dengan hati-hati.

Tips Membersihkan Radiator Mobil

Radiator harus dibersihkan secara rutin minimal enam bulan sekali. Namun jika sebelum masa tersebut kondisi bagian radiator mobil sudah berkerak maka pembersihan harus segera dilakukan. Ini karena semakin tebal kerak semakin sulit untuk menghilangkan kerak yang membandel.

You May Also Like