Inilah Pekerjaan di Bidang Teknologi Paling Banyak Dicari

Inilah Pekerjaan di Bidang Teknologi Paling Banyak Dicari

detribpas.com – Pekerjaan di bidang teknologi dipercaya tidak lekang oleh waktu. Ini karena seiring waktu IPTEK akan terus berkembang sehingga tidak heran jika pekerjaan bidang IT banyak dicari oleh perusahaan, bahkan gajinya juga terbilang tinggi.

Menguasai IPTEK menjadi tantangan tersendiri bagi para pencari kerja. Sedikitnya calon pencari kerja dalam hal apapun harus memiliki pemahaman awal tentang bagaimana cara mengoperasikan komputer, laptop dan software.

Pekerjaan di bidang teknologi cukup menjanjikan bagi masa depan maka tidak heran jika para orang tua mendorong anaknya untuk memasuki jurusan IT. Beberapa jurusan di antaranya seperti pertelevisian, ilmu komputer, rekayasa perangkat lunak dan lainnya.

Dengan gajinya yang besar, profesi ahli IT tentunya menjadi idaman semua orang. Tapi tidak jarang lulusan baru dari jurusan IT masih bingung terhadap beberapa prospek kerjanya. Mari cari tahu beragam profesi  IT di bawah ini.

Pekerjaan di Bidang Teknologi Paling Banyak Dicari

Profesi sebagai ahli IT sebetulnya banyak sekali, hanya saja kurang terekspos karena sebagian besar orang bekerja dalam bidang sosial, ekonomi, sains pada umumnya. Selain itu, profesi IT membutuhkan keahlian khusus, berikut pekerjaan di bidang teknologi:

BACA JUGA:  Inilah Link Download APK Penghasil Cuan yang Terdaftar di OJK

Inilah Pekerjaan di Bidang Teknologi Paling Banyak Dicari

1.   UI/UX Designer

Dalam profesi ini seorang User Interface (UI) Designer bertugas mendesain tampilan yang bisa dilihat secara langsung dalam pemrograman. Sedangkan User Experience (UX) lebih ke pengalaman pengguna yang mana setiap langkah harus dipertimbangkan dengan logis.

2.   Database Administrator

Pekerjaan di bidang teknologi selanjutnya ialah Database administrator. Tugasnya untuk membuat desain, memperbaiki dan memelihara database agar dapat berjalan normal. Beberapa skill yang dibutuhkan seperti SQL Server, MS Acces Linux OS, HTML dan lainnya.

3.   Security Engineer

Menjaga keamanan data penting sekali agar terhindar dari serangan hacker atau peretas akun. Di sinilah pentingnya security engineer untuk mencegah aksi kejahatan IT. Beberapa skill yang dibutuhkan seperti computer forensics, ethical hacking, OS computer server configuration dan lainnya.

BACA JUGA:  Rekomendasi IP Tracker Terbaik dengan Fungsi Maksimal

4.   Hardware Engineer

Pekerjaan di bidang teknologi hardware engineer bertugas untuk mengkonfigurasikan dan mendesain perangkat elektronika. Agar dapat bekerja dalam bidang ini dibutuhkan skill dan jam terbang relatif tinggi terutama berkaitan dengan arsitektur komputer.

5.   System Analyst

Sistem analyst bertugas untuk memenuhi kebutuhan user dengan melakukan komunikasi dengannya tentang kebutuhan atau permasalahan yang tengah dihadapi. Setelah itu seorang system analyst akan menyusun langkah efektif yang sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

6.   Network Engineer

Pekerjaan di bidang teknologi sebagai network engineer bertugas untuk mengurusi jaringan komputer dan internet. Misalnya mendesain atau membangun infrastruktur gedung, perusahaan dan organisasi agar dapat berjalan baik.

Alasan Profesi di Bidang Teknologi Jadi Pilihan

Perkembangan IPTEK semakin pesat menjadikan ilmu IT sebagai bagian terpenting dalam peradaban dunia saat ini. Sebab sebagian besar sektor industry menggunakan teknologi digital. Berikut beragam alasan yang perlu Anda ketahui:

Inilah Pekerjaan di Bidang Teknologi Paling Banyak Dicari

1.   IT Merupakan Ilmu Masa Depan

Sejak awal perkembangannya, ilmu IT diprediksi sebagai ilmu masa depan, artinya segala aktivitas pada masa yang akan datang dapat dilakukan dengan mudah bahkan tanpa berpindah tempat. Peran ahli IT berperan penting bagi masa depan kehidupan manusia kedepannya.

BACA JUGA:  Kelebihan Teknologi 5G Buat Hidup Terasa Tanpa Batas

2.   Peluang Memulai Startup

Menjadi ahli IT banyak dicari oleh beberapa perusahaan untuk mengembangkan startup. Selain itu, Anda juga dapat memulai startup sendiri agar menjadi seorang pengusaha yang sukses. Dengan menciptakan startup sendiri, Anda turut membuka lapangan kerja bagi orang lain.

3.   Sebagai Pekerjaan Sampingan

Selain dapat dijadikan pekerjaan tetap, profesi sebagai ahli IT dapat dimanfaatkan sebagai sumber penghasilan tambahan seperti freelancer website, desain web dan lainnya. Meskipun pekerjaan sampingan, besar gajinya relatif besar bahkan melebihi pekerja tetap.

4.   Mempelajari Hal-hal Baru

Teknologi akan semakin berkembang seiring berjalannya waktu. Artinya akan selalu ada penemuan baru yang dapat Anda pelajari. Tidak hanya dari sisi teori tapi prakteknya juga, hal ini bermanfaat untuk pengembangan skill Anda nantinya.

Semakin berkembangnya teknologi membuka banyak lapangan kerja dalam bidang IT dengan prospek menjanjikan seperti gaji besar dan tunjangan menggiurkan lainnya. Selain itu, beragam pekerjaan di bidang teknologi tidak akan lekang oleh waktu. (Red-detribpas.com)