Cara Mengatasi Jerawat dengan Benar, Jangan Asal Pakai Krim

Cara Mengatasi Jerawat dengan Benar, Jangan Asal Pakai Krim

detribpas.com – Bagaimana cara mengatasi jerawat dengan benar? Memang salah satu masalah kulit ini bukan termasuk penyakit berbahaya, tapi sangat mengganggu bagi sebagian besar orang, baik wanita maupun pria.

Beberapa orang bahkan mengalami jerawat cukup parah hingga harus mendapatkan penanganan dari dokter kulit. Penyebabnya bisa dikarenakan adanya perubahan hormon, stress, pola makan tidak sehat, penggunaan krim abal-abal dan lainnya.

Sayangnya, banyak orang mencari cara mengatasi jerawat dengan instan. Seperti menggunakan krim dengan kandungan bahan berbahaya, mungkin bisa hilang tapi tidak menutup kemungkinan akan kambuh lagi dan lebih parah.

Dalam menangani masalah kulit tersebut sebaiknya melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kulit. Sehingga dapat mengetahui cara penanganan tepat berdasarkan usia, jenis dan tingkat keparahannya.

Perawatan Kulit Berjerawat yang Benar

Dalam mengobati jerawat jangan hanya fokus pada obat-obatan maupun bahan alami tertentu yang diyakini dapat menghilangkan secara efektif. Perlu juga diimbangi dengan perawatan yang tepat, seperti berikut ini:

Cara Mengatasi Jerawat dengan Benar, Jangan Asal Pakai Krim

  1. Menggunakan Sabun Khusus

Cara mengatasi jerawat dengan menggunakan sabun khusus. Gunakan sabun khusus dengan mempunyai kandungan baik untuk mengatasi kulit berjerawat. Biasanya sabun tersebut mempunyai beberapa kandungan alami seperti berikut:

  • Ekstrak Licorice, mempunyai zat anti peradangan
  • Ekstrak mikroalga, melindungi kulit dari sinar UV
  • Heilmoor clay, membantu meningkatkan sirkulasi darah sehingga dapat mengangkat sel kulit mati secara efektif
  • Minyak pohon teh
  1. Segera Mandi Setelah Berkeringat

Biasakan untuk segera mandi setelah berkeringat untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Dengan mandi akan membantu mengangkat minyak berlebih akibat keringat serta sunscreen yang telah bercampur debu dimana menyebabkan infeksi pada pori-pori.

  1. Rutin Masker Wajah

Cara mengatasi jerawat dengan efektif selanjutnya yakni memakai masker wajah secara rutin. Beberapa jenis masker yang cocok dan membantu menghilangkan jerawat diantaranya:

  • Masker belerang: mengurangi peradangan dengan membuka pori-pori yang tersumbat
  • Masker bentonite: menekan produksi minyak berlebih serta meminimalisir resiko infeksi
  • Masker kunyit & madu: mengurangi efek kemerahan pada kulit berjerawat dan mencegah peradangan
  • Masker yoghurt: menghindari penyumbatan pori dengan memecah sel kulit mati
  1. Menggunakan Toner

Cara mengatasi jerawat dengan menggunakan toner. Penggunaan toner secara rutin juga harus menjadi salah satu perawatan wajib bagi kulit berjerawat. Toner berfungsi untuk membersihkan sisa makeup dan kotoran setelah mencuci wajah.

  1. Tidak Sering Scrub Kulit

Kulit berjerawat sebaiknya tidak dibiasakan melakukan scrub karena justru menyebabkan peradangan dan iritasi pada lapisan kulit. Sebaiknya Anda menggunakan sabun pembersih dengan PH seimbang agar dapat mencegah peradangan.

  1. Hindari Memencet Jerawat

Kebiasaan sebagian besar orang dalam mengatasi jerawat yakni dengan memencetnya. Sayangnya, kebiasaan buruk tersebut justru semakin memperparah kondisi wajah, terutama bekas jerawat yang sulit hilang. Sebaiknya hindari terlalu sering menyentuh wajah dengan tangan.

BACA JUGA:  Cara Aman Menjaga Kesehatan Bumil dan Janin di Kandungan

Cara Mengatasi Jerawat dengan Bahan Alami

Cara mengatasi dengan aman yang aman selanjutnya yakni dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Selain tidak menimbulkan efek samping tertentu, penggunaan bahan alami juga dapat mempercepat proses pemulihan.

Berikut ini beberapa bahan herbal yang terbukti ampuh dan efektif untuk mengatasi kulit berjerawat:

Cara Mengatasi Jerawat dengan Benar, Jangan Asal Pakai Krim

  1. Tea Tree Oil

Tea tree oil atau minyak pohon teh mengandung bahan yang sifatnya anti bakteri. Berdasarkan studi dermatologi, kandungan tersebut dapat membunuh bakteri penyebab jerawat secara efektif.

BACA JUGA:  Penyakit Kista Ovarium pada Wanita Jangan Dianggap Sepele

Dari hasil penelitian tersebut juga menunjukkan kulit berjerawat ringan hingga sedang terlihat lekas membaik setelah pengolesan minyak pohon teh. Selain itu, cara mengatasi jerawat juga tidak ada efek samping khusus setelah penggunaan bahan ini.

  1. Gel Lidah Buaya

Lidah buaya mempunyai kandungan asam salisilat, lupeol, fenol dan urea nitrogen yang dapat menghambat bakteri penyebab kulit berjerawat. Penggunaan gel lidah buaya diklaim dapat meminimalisir peradangan serta mempercepat proses penyembuhan luka.

  1. Madu

Tahukah Anda, penggunaan madu ternyata juga bisa menjadi alternatif cara mengatasi jerawat yang aman dan efektif. Bahan ini mengandung antioksidan yang dapat menyembuhkan peradangan.

  1. Lemon

Penggunaan lemon untuk mengatasi jerawat juga dinilai efektif. Caranya cukup dengan menggosokkan buah tersebut ke kulit yang berjerawat. Kandungan asamnya diketahui dapat membersihkan kotoran pada pori-pori sehingga bisa meredakan jerawat.

  1. Baking Soda

Sifat anti peradangan dan anti bakteri pada baking soda efektif untuk menyerap minyak berlebih di kulit. Kendati demikian, menggunakan bahan ini harus berhati-hati karena apabila kulit sensitif maka bisa menyebabkan iritasi.

BACA JUGA:  Cara Aman Menjaga Kesehatan Bumil dan Janin di Kandungan

Anda bisa menggunakan produk krim atau obat-obatan herbal yang mengandung bahan alami sebagai komposisi utamanya. Tujuannya untuk mencegah efek samping tertentu dan mencegah jerawat yang lebih parah.

Kapan Sebaiknya Cek Kondisi Jerawat ke Dokter?

Terkadang kita sudah menggunakan berbagai cara mengatasi jerawat tapi tidak kunjung pulih, bahkan seringkali semakin parah. Jika sudah seperti itu, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Jerawat yang masih dalam kondisi ringan memang bisa diobati sendiri di rumah. Anda bisa menggunakan krim atau obat yang mengandung bahan seperti asam salisilat, asam alfa hidroksi, benzoil peroksida, asam glikolat dan sulfur. Namun sebaiknya segera cek ke dokter apabila mengalami beberapa kondisi berikut ini:

  1. Jerawat yang muncul tiba-tiba di wajah dan bagian tubuh lainnya, padahal tidak punya riwayat kulit berjerawat.
  2. Menggunakan krim atau obat yang dijual bebas, tapi makin berjerawat parah
  3. Mengalami jerawat yang semakin meradang
  4. Curiga munculnya jerawat akibat setelah penggunaan obat tertentu
  5. Mulai merasa depresi karena sudah menggunakan berbagai cara mengatasinya tapi tidak kunjung pulih

Meskipun bukan kondisi yang berbahaya, tapi bagi pemilik kulit berjerawat sebaiknya melakukan perawatan dengan tepat. Segera lakukan pemeriksaan ke medis apabila sudah mencoba berbagai cara mengatasi jerawat tapi kondisinya tidak membaik dan bahkan semakin parah. (Red-detribpas.com)