class="cfmonitor">
Tips Menjaga Kesehatan Ginjal untuk Cegah Penyakit Berbahaya

Tips Menjaga Kesehatan Ginjal untuk Cegah Penyakit Berbahaya

detribpas.com – Menjaga kesehatan ginjal sangat penting dilakukan karena setiap orang punya risiko mengalami penyakit akibat rusaknya organ penting tersebut. Apalagi dengan pola hidup yang tidak sehat, bisa berdampak buruk pada hilangnya fungsi ginjal.

Ginjal berperan sebagai penyaring zat sisa metabolisme dan racun yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga apabila fungsi tersebut tidak berjalan dengan baik maka tubuh akan kehilangan kemampuannya dalam membuang racun.

Maka dari itu, selama organ penting ini masih sehat, sebaiknya mulai terapkan langkah sederhana agar dapat mencegah penyakit berbahaya seperti gagal ginjal. Bagaimana cara menjaga kesehatan pada ginjal?

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal untuk Menghindari Risiko Penyakit Kronis

Gangguan pada ginjal termasuk salah satu penyakit yang cukup berbahaya karena mengganggu keseimbangan metabolisme tubuh. Seseorang yang punya penyakit tersebut diharuskan untuk cuci darah secara berkala, bahkan seumur hidup.

Penyakit ginjal sendiri dapat disebabkan oleh banyak faktor seperti gangguan metabolik, autoimun, infeksi, hipertensi, kolesterol dan lainnya. Berikut beberapa upaya menjaga kesehatan ginjal yang bisa Anda lakukan:

Tips Menjaga Kesehatan Ginjal untuk Cegah Penyakit Berbahaya

  1. Pengecekan Ginjal

Beberapa orang tidak merasakan adanya gejala hingga ternyata didiagnosis menderita penyakit ginjal yang sudah kronis. Maka dari itu, sebaiknya lakukan pengecekan terlebih dahulu untuk mendeteksi dini kesehatan organ tersebut. Secara medis ada beberapa pemeriksaan yang akan dilakukan, antara lain:

  • Tes urin: mengecek albumin
  • Tes darah: memeriksa Glimerular Filtration Rate (GFR) terkait dengan fungsi filterisasi. Jika GFR di bawah 60 maka menunjukkan ginjal kronis, sementara jika di bawah 15 berarti menderita gagal ginjal
BACA JUGA:  Gangguan Hipertensi Ibu Hamil, Ini Penyebab dan Bahayanya

Dengan melakukan pemeriksaan dini tersebut maka dapat mencegah tingkat keparahan penyakit karena bisa segera mendapatkan penanganan.

  1. Menerapkan Pola Hidup Sehat

Upaya untuk menjaga kesehatan ginjal maka Anda juga harus menerapkan pola hidup yang sehat setiap hari. Karena salah satu penyebab gangguan pada organ penting tersebut yakni berawal dari diabetes dan tekanan darah tinggi. Perbanyak makan sayuran dan buah-buahan, berikut beberapa yang baik untuk dikonsumsi:

  • Buah ceri rendah kalium bisa mengontrol PH tubuh
  • Sayur-sayuran rendah kalium dapat menyeimbangkan mineral kalium seperti lobak, terong dan kol
  • Apel yang kaya akan antioksidan

Upayakan untuk menghindari makanan dengan kandungan lemak dan purin tinggi seperti jeroan karena bisa meningkatkan kadar asam urat yang mengganggu fungsi ginjal. Selain itu, kurangi konsumsi makanan yang tinggi garam untuk menjaga kesehatan ginjal karena bisa menyebabkan kenaikan tekanan darah

Menerapkan hidup sehat juga dapat dilakukan dengan diet rendah protein. Mengkonsumsi terlalu banyak protein dapat mengganggu kesehatan tubuh terutama fungsi ginjal karena pemecahan protein membutuhkan bantuan enzim.

  1. Minum Air Putih Cukup

Tips menjaga kesehatan ginjal selanjutnya yakni dengan mengkonsumsi air putih yang cukup. Air berfungsi untuk menghantarkan nutrisi penting ke ginjal, lalu mengalirkan sampah ke kandung kemih menjadi urin.

BACA JUGA:  Gangguan Kesuburan pada Wanita, Ini yang Perlu Diketahui

Konsumsi air putih yang cukup juga berperan dalam menjaga keseimbangan cairan dan mineral di dalam tubuh. Sehingga keseimbangan, saraf, otot dan jaringan menjadi normal.

Seseorang yang mengonsumsi air cukup setiap hari akan mencegah dehidrasi sebagai penyebab terbentuknya batu ginjal. Idealnya, Anda dapat minum 8 gelas air setiap hari atau setara dengan 1,5 L.

  1. Tetap Aktif dan Bugar

Rutin berolahraga tidak hanya membuat tubuh tetap aktif dan bugar tapi juga turut menjaga kesehatan organ ginjal. Dengan berolahraga maka akan membantu tubuh lebih mudah mengendalikan kadar kolesterol, glukosa dan tekanan darah.

Ada banyak aktivitas fisik ringan yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan ginjal seperti bersepeda, jalan santai, jogging atau menari. Tidak perlu melakukan olahraga berat, yang terpenting rutin dan teratur agar tubuh tetap bugar.

Olahraga dapat menurunkan risiko terserang penyakit seperti gangguan jantung, tekanan darah tinggi, kerusakan ginjal dan penyakit kronis lainnya. Anda bisa berolahraga setidaknya 2-3 kali dalam seminggu.

Tips Menjaga Kesehatan Ginjal untuk Cegah Penyakit Berbahaya

  1. Mengendalikan Gula Darah

Seseorang dengan kadar gula darah tinggi atau penderita diabetes lebih berisiko mengalami kerusakan pada ginjalnya. Hal itu dikarenakan organ dipaksa untuk bekerja lebih keras memproses glukosa pada darah, karena sel-sel tubuh tidak mampu melakukannya.

Lakukan pengecekan kadar gula darah secara berkala untuk menjaga kesehatan ginjal. Jika ternyata Anda terdiagnosis memiliki gula darah tinggi, maka dokter bisa segera mengambil tindakan yang tepat untuk mencegah risiko komplikasi dengan penyakit lainnya.

  1. Memantau Tekanan Darah

Pada orang dewasa yang sehat memiliki tekanan darah normal 120/80. Sementara dikatakan mempunyai tekanan darah tinggi apabila berada hingga 139/89.

BACA JUGA:  Manfaat Imunisasi Anak, Ini Akibat Jika Tidak Dilakukan

Tekanan darah tinggi juga turut memberikan risiko menyebabkan kerusakan pada organ ginjal. Maka dari itu, untuk menjaga kesehatan pada ginjal maka terapkan gaya hidup dan pola makan sehat agar tekanan darah tetap dalam kisaran normal.

  1. Menjaga Berat Badan

Tips lainnya untuk menjaga kesehatan ginjal yaitu dengan mengontrol berat badan agar tetap ideal. Seseorang yang punya berat badan berlebih bahkan obesitas, rentan mengalami kerusakan organ penting tersebut.

Upaya untuk menjaga agar berat badan yakni dengan menghindari makanan tinggi natrium, daging olahan, junk food, berkolesterol tinggi dan sejenisnya. Tingkatkan konsumsi makanan sehat seperti buah-buahan, biji-bijian dan sayur-sayuran.

  1. Hindari Merokok dan Konsumsi Alkohol

Jika Anda punya kebiasaan merokok dan konsumsi minuman beralkohol, sebaiknya segera hentikan. Keduanya sama-sama merupakan zat beracun yang dapat merusak fungsi ginjal.

Tidak hanya itu saja, baik rokok maupun alkohol akan meningkatkan risiko terkena berbagai penyakit bahaya lainnya seperti jantung. Jadi sebaiknya hindari kedua kebiasaan tersebut yang sangat tidak bagus untuk kesehatan.

Sayangi tubuh Anda dengan mulai menerapkan pola hidup yang baik. Terutama beberapa tips menjaga kesehatan ginjal seperti sudah kami sebutkan sebelumnya. (Red-detribpas.com)