Mengatur Keuangan Pribadi dengan Mudah

Mengatur Keuangan Pribadi dengan Mudah

detribpas.com – Mengatur keuangan pribadi dapat dilakukan dengan mudah. Sebanyak apapun penghasilan bulanan, jika tidak di atur dengan bijak maka bisa saja tidak mencukupi kebutuhan sampai pendapatan bulan berikutnya.

Keuangan merupakan hal yang penting dalam kehidupan. Masalah kuangan menjadi penyebab utama stress. Lalu apa yang membuat orang stress jika pendapatannya besar dan stabil? Jawabannya adalah keslahan dalam mengatur keuangan.

Memanage uang merupakan suatu tantangan yang harus dihadapi. Masih banyak orang dengan penghasilan tetap belum bisa melakukan pengaturan pada pendapatannya. Terutama bagi yang telah berkeluarga, hal ini mejadi lebih menantang.

Inilah Tips Mengatur Keuangan Pribadi        

Terdapat berbagai cara yang bisa dilakukan dalam mengaur keuangan. Dalam hal ini dibutuhkan sebuah usaha untuk mencapainya. Meskipun gaji tidak terlalu tinggi, namun bisa menerapkan cara-cara berikut.

Mengatur Keuangan Pribadi dengan Mudah

  1. Mencatat Semua Pengeluaran

Hal pertama yang dilakukan dalam mengatur keuangan pribadi adalah mencatat semua pengeluaran baik untuk kebutuhan pokok atau lainnya. Jangan sampai stress karena tiba-tiba uang sudah tiba-tiba ludes tanpa tahu ke mana saja menghabiskannya.

Oleh karena itu, catatlah semua pengeluaran secara rutin agar mengetahui ke mana saja uang tersebut digunakan dan untuk keperluan apa saja. Berikan batasan ke pada diri sendiri untuk membelanjakan sejumlah uang dengan batas tertentu.

  1. Menggunakan Prinsip 50/30/20

Tips mengatur keuangan pribadi kedua yakni menggunakan prinsip 50/20/20. Apa maksudnya? Yakni menerapkan biaya yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan, biaya lain dan biaya untuk hiburan.

BACA JUGA:  Membuat Rencana Keuangan Jangka Panjang yang Tepat

Prinsipnya adalah menyisihkan 50 persen gaji untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari dan membayarkan kewajiban. 30 persen lainnya untuk memenuhi beberapa keinginan. Sedangkan 20 persen lagi untuk ditabung.

  1. Menyesuaikan Gaya Hidup dengan Pendapatan

Mau itu gaji besar atau kecil jika memiliki gaya hidup yang boros tidak akan menyisakan penghasilan. Apalagi jika memang Anda memiliki gaji yang relative kecil, tentu saja harus menyesuaikan gaya hidup yang dijalani dengan banyaknya penghasilan.

Jangan karena gengsi dan ikut-ikutan, Anda lalu menyiksa finansial dengan membeli barang tersebut. Kesampingkna dahulu gengsi jika ingin mengatur keuangan pribadi dengan lebih baik. Penuhi kebutuhan yang penting sebelum keinginan.

  1. Jangan Terlalu Banyak Utang

Salah-satu utang adalah cicilan. Jangan membebani pengeluaran dengan mengambil terlalu banyak cicilan. Cicilan yang ada harus dibayar dan yang membayarnya adalah Anda sendiri bukannya orang lain. Untuk itu, lebih baik untuk mengurangi utang ini.

Selain menyesuaikan gaya hidup dengan penghasilan, sebelum mengambil utang juga harus mempertimbangkan pendapatan setiap bulannya. Bisa memiliki banyak barang, namun harus dilakukan bertahap tidak sekaligus.

Lunasi terlebih dahulu satu barang lalu dapat mengambil barang lainnya. Dengan hal tersebut, maka kondisi finansial akan tetap terjaga dan stabil. Selain itu, Anda juga akan terhindar dari stress karena memikirkan banyaknya pembayaran yang harus dilunasi.

  1. Membuat Rekening Khusus Tabungan

Tips mengatur keuangan pribadi berikutnya adalah membuat rekening khusus untuk menyimpan uang dalam jangka waktu tertentu. Anda bisa membuat lebih dari satu rekening untuk memisahkannya dengan rekening yang akan diambil untuk kebutuhan.

BACA JUGA:  Membuat Rencana Keuangan Jangka Panjang yang Tepat

Pada saat mendapatkan gaji setiap bulannya, dapat menyisihkannya ke rekening tersebut. Hal ini berguna agar keuangan lebih teratur dan bisa menahan Anda untuk menghabiskan gaji bulanan sekaligus.

Mengatur Keuangan Pribadi dengan Mudah

  1. Mencari Penghasilan Tambahan

Dengan perkembangan teknologi dan media sosial saat ini, semakin memudahkan siapa saja dapat menghasilkan uang dari sistem online. Lihat saja betapa banyaknya jumlah freelancer, influencer dan penjual online.

Jika gaji setiap bulannya cukup kecil, mencari penghasilan sampingan adalah cara yang bisa dilakukan untuk mengatur keuangan pribadi. Banyak hal yang bisa dilakukan misalnya menjadi YouTuber, penulis konten, jual desain dan sebagainya.

  1. Investasi

Pilihan lainnya adalah melakukan investasi. Investasi dapat dilakukan dengan modal ratusan ribu dan memiliki banyak produk. Dengan adanya investasi, akan meningkatkan keuntungan dari modal yang ditanamkan.

  1. Investasi Auto Deposito Bank

Ada dua jenis investasi yakni investasi jangka panjang dan investasi jangka pendek. Salah-satu bentuk investasi jangka panjang adalah menggunakan produk auto deposito bank. Deposito merupakan produk dari bank yang akan membuat Anda dapat menabung dan dapat untung.

  1. Membuat Daftar Barang yang Diinginkan

Tips mengatur keuangan pribadi selanjutnya adalah membuat daftar barang. Catatlah hal tersebut dan Anda akan menyisihkan sebagian uang untuk mewujudkan hal tersebut. Buatlah rencana anggaran yang perlu dipenuhi agar target dapat tercapai pada saat tersebut.

  1. Mengumpulkan Uang Receh

Uang receh sekalipun adalah uang yang didapat tidak dengan cara gratis. Jadi, sangat penting untuk menghargai setiap sen pendapatan yang dimiliki. Seringkali terdapat uang receh dari kembalian belanja, uang parker dan lainnya.

BACA JUGA:  Beberapa Kesalahan Mengatur Keuangan yang Perlu Dihindari

Kumpulkan recehan tersebut dan tabunglah pada suatu tempat. Meski terdengar gampang dan tidak terlalu penting, namun hasilnya bisa banyak di masa mendatang. Uang receh yang ada akan bisa digunakan nantinya untuk memenuhi kebutuhan.

  1. Sikap Disiplin dan Tanggung Jawab

Setelah merencanakan segala sesuatunya dengan sangat matang, sikap disiplin adalah kunci kesuksesan mengatur keuangan pribadi. Dengan menerapkan kedisiplinan ke pada diri sendiri, maka target-terget yang telah di buat dapat terpenuhi.

Selain disiplin, harus juga bertanggungjwab dalam hal keuangan. Belanjakan uang dengan cara yang bijak, jangan sampai menyesal karena tidak menyisakan uang setiap bulannya dan merugikan diri sendiri karena lalai.

Mengatur kebutuhan pribadi dan memenuhinya sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah. Hanya saja banyak yang malas untuk memulai hal tersebut. Mulailah mengatur keuangan pribadi sejak dini saat usia masih produktif untuk menghasilkan uang. (Red-detribpas.com)

Cara Mengelola Keuangan Pribadi