Tips Aman Membeli Tiket Travel Online dari Smartphone

Tips Aman Membeli Tiket Travel Online dari Smartphone

detribpas.com – Pemesanan tiket travel online melalui smartphone maupun laptop sekarang bukan lagi hal aneh. Bahkan banyak transportasi yang menyarankan cara seperti ini untuk efisiensi ketika penumpang menebus tiket di lokasi.

Tidak perlu antre panjang, contohnya ketika naik kereta bisa langsung scan barcode saja kemudian menunggu waktu sampai kereta tiba. Dijamin dengan melakukan pemesanan daring, Anda mendapatkan tempat duduk hingga tiba di tujuan.

Tips Aman Membeli Tiket Travel Online

Salah satu contoh akomodasi yang banyak digunakan untuk liburan maupun berbisnis adalah pesawat terbang. Selain memesan tiket langsung di bandara, Anda juga bisa memesan tiket daring dengan tips aman berikut ini:

  1. Pastikan hanya memesan tiket travel online dari agen terpercaya. Hindari memanfaatkan agen dengan penawaran murah, namun belum jelas kualitasnya seperti apa agar Anda tidak menyesal kemudian waktu.
  2. Hindari pemesanan melalui sambungan telepon maupun SMS, apalagi jika diminta transfer sejumlah dana ke rekening pribadi. Pastikan Anda memesan melalui situs resmi maupun aplikasi khususnya saja.
  3. Agen perjalanan lebih mengutamakan menggunakan sistem komunikasi ke call center untuk pemesanan tiket. Hindari menghubungi melalui sambungan hotline karena hal ini sama sekali tidak efektif.
  4. Pilihlah agen yang menyediakan banyak akomodasi untuk bepergian. Contoh, ketika memutuskan beli tiket travel online, Anda bisa memilih beberapa maskapai penerbangan untuk perbandingan cost lebih murah satu dengan lainnya.
  5. Cermati metode pembayarannya, bisa melalui banyak cara, pertama transfer online melalui bank dan transfer online bukan melalui bank. Pastikan Anda mengirim sejumlah uang ke rekening atas nama perusahaan, bukan per orang.
BACA JUGA:  Ciptakan Pengalaman Seru Traveling ke Turki yang Menarik

Sekarang untuk pemesanan akomodasi keberangkatan sampai penginapan sudah sangat mudah karena adanya koneksi internet. Lebih akurat lagi cara pemesanannya karena Anda bisa memilih kamar hotel dan sebagainya dengan melihat langsung gambarnya.

Langkah-langkah Memesan Tiket Perjalanan Secara Online

Mobil maupun kendaraan darat lainnya juga kerap menjadi sasaran ketika hendak melakukan perjalanan. Sekarang pemesanan travel sudah bisa melalui sambungan internet.

Namun, Anda tetap harus waspada dan teliti untuk melakukan pembelian daring. Ikuti langkah-langkah ini ketika memesan tiket travel online versi mobil:

Tips Aman Membeli Tiket Travel Online dari Smartphone

  1. Kunjungi website travel resminya langsung jika memang bisnis memiliki situs sendiri. Jika tidak, bisa gunakan berbagai platform pemesanan terpercaya, seperti web maupun aplikasi.
  2. Pesan dari jauh hari sebelum keberangkatan untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan tempat duduk untuk bepergian.
  3. Pilih kursi yang paling nyaman, biasanya tersedia gambar lokasi kursi, mulai dari dekat supir sampai bagian paling belakang. Pilihlah lokasi paling strategis untuk keluar masuk kendaraan.
  4. Lakukan pembayaran sesuai ketersediaan akses. Contoh, jika memiliki mbanking maka bisa menggunakan virtual account, jika tersedia cash maka bisa transfer melalui minimarket terdekat.
  5. Terakhir, untuk pemesanan tiket travel online tidak membutuhkan cetak tiket, Anda bisa menunjukkan bukti pembayaran secara langsung melalui layar handphone saja kepada petugas tiketing.
BACA JUGA:  Tips dan Destinasi Liburan Bersama si Kecil yang Menyenangkan

Sederhana dan hemat kertas karena tidak membutuhkan cetak kertas untuk konfirmasi pelunasan karcis kendaraan. Biasanya, dengan menyebutkan nama dan nomor handphone saja petugas sudah tahu data pemesan, termasuk lokasi tempat duduk.

Cara Jitu Memilih Travel Agent Terpercaya

Ada banyak kasa travel agent di zaman sekarang ini, namun saking banyaknya bukan hanya memudahkan akan tetapi juga menjadi celah bagi orang kurang bertanggung jawab melakukan kenakalan.

Akhirnya, Anda dituntut lebih selektif dalam memesan akomodasi. Ada beberapa trik menentukan agent perjalanan terpercaya dengan melihat poin-poin penting berikut:

  1. Agent telah terdaftar secara resmi di bawah naungan badan usaha sehingga setiap pembelian tiket travel online dapat menciptakan rasa aman sekaligus nyaman. Legalitas ini sangat penting, terutama jika kepentingan perjalanan untuk umroh.
  2. Memesan karcis daring merupakan suatu kemudahan, namun tetap harus ada alamat jelas terkait lokasi kantor penjualan karcis. Kejelasan lokasi ini sangat penting karena akan menjadi titik awal keberangkatan ke tujuan.
  3. Legalitas adalah formalitas, namun bicara soal kredibilitas tentu lebih mengarah ke kualitas pelayanan yang diberikan. Penting sekali memperhatikan review para pelanggan sebelumnya untuk memastikan bahwa Anda tidak kena tipu.
  4. Transparan dalam setiap transaksi, termasuk jika ada biaya tambahan yang harus dibayarkan pelanggan. Transparansi merupakan pertimbangan penting sebelum membeli tiket travel online agar tidak ada biaya tak terduga menyusul kemudian.
BACA JUGA:  Lawang Sewu Semarang Tentang Cerita Mistis Sampai Wisata Sejarah

Tidak kalah penting dari berbagai poin tersebut adalah agent memiliki nomor bantuan supaya pelanggan dapat terhubung untuk berkomunikasi kapanpun. Nomor bantuan ini berguna sebagai konfirmasi keterlambatan atau keberangkatan kendaraan.

Pilih Paket Liburan atau Atur Jadwal Sendiri?

Tips Aman Membeli Tiket Travel Online dari Smartphone

Beberapa orang hanya memanfaatkan akomodasi transportasi saja agar bisa sampai tujuan wisata. Selebihnya mengenai kegiatan dan penginapan diatur sendiri sesuai dengan selera tanpa bantuan orang lain. Pilihan ini relatif, bisa karena kenyamanan, bisa karena biaya.

Namun, ada juga wisatawan yang mencari sekaligus jasa untuk mengatur jadwal liburan, terutama jika baru pertama kali mengunjungi sebuah tempat. Pilihan memanfaatkan jasa lengkap bisa karena berbagai alasan, diantaranya karena kepraktisan.

Tentu saja biaya tiket travel online untuk biaya perjalanan dengan kelengkapan berbagai fasilitas berbeda. Anjuran tepat, ketika Anda memilih layanan lengkap dengan penginapan, kegiatan. Pastikan memilih layanan terpercaya dan telah berpengalaman.

Anda bisa melihat apa saja penawaran jadwal kegiatan yang diberikan oleh agent kemudian sesuaikan dengan kebutuhan selama berwisata nanti. Pastikan jadwal kegiatannya masuk akal karena dari penentuan jadwal tersebut terlihat profesionalitas layanan.

Paling penting dalam menilai layanan paket wisata adalah adanya lisensi bisnis mereka beroperasi. Sebagai pemula atau wisatawan solo, tentu Anda tidak ingin sejumlah uang yang dipakai untuk membeli tiket travel online terbuang percuma. (Red-detribpas.com)