Kehidupan Awal Dimuka Bumi Dan Makhluk Hidup Pertamanya

Kehidupan Awal Dimuka Bumi dan Makhluk Hidup Pertamanya

detribpas.com – Para ilmuwan telah menjumpai fosil-fosil organisme purba yang hidup pada kehidupan awal dimuka bumi. Kehidupan awalnya memiliki waktu yang tidak lama setelah pembentukan planet dan isi dari buminya sendiri.

Mungkin sekarang ini, Anda dan manusia lainnya sudah hidup dengan keberagaman makhluk hidupnya. Tapi, pada kehidupan pertama hanya ada beberapa makhluk hidupnya saja yang tinggal di bumi.

Selain itu, antar makhluk hidupnya harus saling membunuh satu sama lainnya agar bisa bertahan hidup. Hal ini dikarenakan, masih sedikitnya pasokan makanan pada zaman tersebut.

Kehidupan awal dimuka bumi cukup berat jika dijalani oleh manusia. Hidup di zaman tersebut harus memiliki kemampuan bertahan hidup yang keras sehingga tidak akan mudah dikalahkan.

Sebenarnya, bagaimana kehidupan di bumi bermula masih menjadi misteri. Ilmuwan hanya menyatakan ide atau pikirannya saja. Pada beberapa kitab agama, mungkin sudah dijelaskan bagaimana terbentuknya kehidupan di planet ini.

Hal itu dijadikan sebagai petunjuk oleh para ilmuwan untuk menghasilkan teori-teorinya itu. Dengan begitu, teorinya juga bisa masuk dan diterima oleh akal serta manusia lainnya.

Kombinasi Ilmu Agama dan Science di Kehidupan Awal Dimuka Bumi

Sudah sekitar 4 miliar tahun yang lalu bumi tempat tinggal manusia diciptakan. Aktivitas makhluknya akan dimulai, ada banyak komponen penyusun kehidupannya yakni DNA, RNA, dan lain-lainnya.

BACA JUGA:  Proses Gunung Api Meletus, Faktor dan Tanda Terjadinya

Kehidupan Awal Dimuka Bumi Dan Makhluk Hidup Pertamanya

Pada awalnya, memang tidak ada penjelasan ilmiah yang bisa diterima tentang adanya aktivitas hingga sekarang. Padahal, seperti Anda ketahui bahwa bumi merupakan planet kosong sama seperti lainnya.

Namun, secara tiba-tiba ada aktivitas dari makhluk hidupnya yang menandakan dimulainya kehidupan awal dimuka bumi. Sebagian besar ilmuwan masih menganggap peristiwa tiba-tiba ini sebagai misteri yang sulit diungkapkan dengan nalar.

Ilmu agama dengan science memang elemen yang tidak mungkin berpisah. Hal ini dikarenakan, pada awal munculnya aktivitas makhluk hidup, bisa saja saat itu Tuhan menciptakan dan menurunkannya di bumi.

Seperti Anda ketahui jika Tuhan bisa saja menciptakan berbagai hal atau keajaiban lainnya. Keajaiban yang diciptakan memang sulit dipahami jika hanya mengandalkan pikiran manusianya saja.

Kehidupan awal dimuka bumi memuat karbon sebagai elemen penyusun yang mendasar. 2 karbon menjadi elemen paling sederhana yang mampu membentuk molekul kompleks lain di kehidupannya,

Oleh sebab itu, senyawa karbon dinilai terlibat dari awal pembentukan kehidupan di bumi. Senyawa karbonnya masuk kategori organik yang menyelidiki mekanisme alam sehingga tercipta senyawa organiknya. Itu menjadi fokus penelitiannya.

Bumi sudah berusia sekitar 4 miliar tahun lebih, saat awal pembentukannya ditunjukkan bahwa planet tersebut masih belum ramah untuk ditinggali. Terlebih saat 700 juta tahun pertamanya.

Saat itu, keadaan di sebagian besar wilayahnya masih sangat panas, tapi kemudian mulai berangsur-angsur dingin. Pada saat itu, sudah ada aktivitas makhluk hidup pada 100 juta tahun pertama.

BACA JUGA:  Ikan Hidup Lagi Setelah Dibekukan, Magic Atau Sains?

Makhluk Kesatu Kehidupan Awal Dimuka Bumi

Sempat geger setelah adanya penemuan fosil kaki seribu di negara Skotlandia. Para ilmuwan mempercayainya sebagai bukti makhluk hidup pertama yang sudah ada sejak awal kehidupan bumi.

Namun, sempat ditemukan juga fosil berusia 3 miliar tahun lebih. Penemuan-penemuan tersebut, terjadi karena adanya fenomena alam seperti es di kutub-kutub mulai mencair akibat pemanasan global.

Manusia telah ditunjukkan bahwa kehidupan awal dimuka bumi berawal dari dunia perairan. Untuk lebih jelasnya lagi, simak penjelasan dari beberapa makhluk hidup tersebut di bawah ini.

Kehidupan Awal Dimuka Bumi Dan Makhluk Hidup Pertamanya

1.     Dickinsonia

Salah satu makhluk hidup pertama di bumi sebelum zaman dinosaurus sekitar 600 juta tahun lalu. Namun, makhluk hidup ini masih menjadi perdebatan ilmuwan apakah termasuk jenis hewan atau jamur.

2.     Haikouichthys

Haikouichthyske merupakan jenis ikan-ikanan purba yang ada di sekitar 500 jutaan tahun lalu. Ikannya mirip seperti sekarang, hanya ada perbedaan pada kepala dan bagian ekornya.

3.     Astra-spis

Kehidupan awal dimuka bumi diawali dari hewan laut berjenis, yakni astraspis ini. Disebut sebagai ikan tanpa rahang berkepala besar dan memiliki tubuh berlapis seperti baja.

4.     Akmonistion

Makhluk hidup mirip seperti hiu, tapi pada tubuhnya memiliki landasan pada sirip punggungnya. Ilmuwan tersebut mengatakan bahwa bentuk tubuh dari hiu purba ini lebih mirip dengan paron.

5.     Aegirocassis

Salah satu ikan predator purba dan memiliki panjang hingga 2 meter, ini merupakan makhluk terbesar di dunia saat itu. Jika dilihat sepintas, ikannya mirip seperti udang raksasa.

BACA JUGA:  Ternyata dari Sini Cahaya Kunang Kunang Dihasilkan

Keberadaan makhluk-makhluk tersebut tentu sudah punah seiring bertambahnya umur bumi. Apalagi saat ini sudah banyak bencana alam yang menimpa sehingga hewan-hewan dan tumbuhan mulai punah.

Bukti Bahwa Umur Bumi Sudah Tua

Seperti Anda ketahui bahwa umur planet sudah mencapai milyaran tahun, itu artinya umurnya sudah sangat tua. Berbagai ciri telah diberikan untuk memberi tahu manusianya tentang kondisi kehidupan awal dimuka bumi.

Planet ini sudah sangat sering mengalami kepunahan, kejadian pertamanya adalah di akhir zaman ordovisium sekitar 400 juta tahun lalu. Setelah itu, kehidupannya mulai berubah secara ekstrem.

Saat itu, suhu bumi mulai turun secara drastis dibarengi dengan keberadaan es yang meningkat. Kondisi terebut mengakibatkan adanya penurunan permukaan air laut yang akhirnya memisahkan beberapa wilayah.

Kepunahan-kepunahan terus berlanjut hingga sekarang, apalagi saat ini sudah terjadi pemanasan global. Kehidupan awal dimuka bumi sudah sampai puncak, kepunahan terjadi sejak lama yang membunuh hewan-hewannya.

Dengan begitu, sebentar lagi mungkin akan ada kepunahan manusia. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda dan manusia lainnya melakukan hal-hal yang bisa memperlampat hal tersebut yakni merawatnya dengan baik.

Masih menjadi misteri pada kalangan ilmuwan terkait bagaimana bisa akhirnya bumi memiliki kehidupan. Yang pasti adalah kehidupan awal dimuka bumi dimulai dari makhluk hidup air. (Red-detribpas.com)