ikan Hidup Lagi Setelah Dibekukan Magic Atau Sains

Ikan Hidup Lagi Setelah Dibekukan, Magic Atau Sains?

detribpas.com – Kejadian ikan hidup lagi setelah dibekukan ternyata juga masuk ke dalam pembahasan sains. Terkadang, Anda mungkin melihat atau bahkan mengalami sendiri kejadian tersebut yang cukup membuat terkejut.

Mungkin Anda pernah berpikir juga, bagaimana dengan kondisi ikan-ikan yang terperangkap pada salju. Apakah ikannya akan tetap hidup atau mati. Jawabannya tentu mati, karena kondisi ikannya beku dalam waktu lama.

Namun, jika ikan-ikan berada di bawah lapisan salju meskipun pada minus sekalipun akan tetap hidup. Ini karena, hewan itu bisa beradaptasi pada suhu dingin ekstrem.

Hal ini tentu berbeda dengan manusia yang jika terkena suhu dingin bisa mengalami hipotermia atau bahkan meninggal. Sedangkan, Ikan hidup lagi setelah beberapa jam di bekukan.

Bahkan, di perairan Antartika yang dipenuhi lapisan salju terdapat banyak ikan-ikan. Kelangsungan hidup dari ikan-ikannya merupakan bukti adanya kekuatan biokimia untuk beradaptasi hingga kondisi ekstrim.

Penjelasan Sains Terkait Ikan Hidup Lagi Setelah Dibekukan

Sebenarnya, hal ini sudah sempat populer sejak tahun 2010 lalu di mana orang-orang mencoba eksperimen sains tersebut. Tapi, belakangan ini mendi bahan perbincangan kembali setelah kemunculan video serupa.

ikan Hidup Lagi Setelah Dibekukan Magic Atau Sains

Terdapat seseorang yang mengeluarkan ikannya yang beku dari dalam lemari pendinginnya. Kemudian orang tersebut meletakkan ikan dalam wadah yang berisikan air ditambah beberapa bumbu dapur.

BACA JUGA:  Kehidupan Awal Dimuka Bumi dan Makhluk Hidup Pertamanya

Ikan hidup lagi tentu bukanlah hal magic, tapi ini merupakan sains. Seperti diketahui jika semua hal di dunia ini tidak bisa dipisahkan dari ilmu sains.

Perlu Anda ketahui jika ikan memang masih bisa hidup ketika dibekukan pada lemari es. Suhunya sendiri bisa mencapai kurang lebih 35 derajat celcius, tapi dalam waktu beberapa jam saja.

Ikan juga memiliki zat anti beku atau yang disebut dengan Antartic Fish Gliko Protein (AFGP). Inilah yang menjadi alasan mengapa ikan-ikan di daerah Antartika tidak membeku padahal pada suhu ekstrem.

Protein tersebut disintesis oleh gen-gen yang telah disusun menggunakan program khusus. Program di sini berupa kristal es, jadi bisa dibilang seekor ikan hidup lagi dikarenakan memilikinya.

Hal ini sesuai dengan beberapa penelitian di mana penelitinya mengatakan bahwa dalam tubuh ikan-ikan antartika terdapat kristal es. Dengan adanya kristal, itu mampu mencegah terjadinya penambahan kristal-kristal es lainnya.

Gen penyusun AFGP adalah sejenis protein yang disusun oleh pankreas. Setelah itu, gennya akan mengalami pemecahan pada usus sebelum akhirnya disebar merata pada bagian tubuh ikannya.

Hal yang Membuat Ikan Terlihat Mati

Perlu diketahui jika ada beberapa kondisi yang membuat ikan terlihat seperti mati. Padahal, jika digoyangkan atau diletakkan pada wadah lain, ikan-ikannya akan kembali bergerak seperti semula.

Sebagai pemilik atau pecinta ikan, kondisi tersebut tentu harus diketahui agar tidak salah tangkap hingga akhirnya membuangnya. Ikan hidup lagi karena mengalami beberapa hal di bawah ini.

BACA JUGA:  Kenapa Manusia Menguap? Ilmuwan Belum Menemukan Jawabannya

1.     Stress Berat

Bukan hanya manusia yang bisa mengalami stress, depresi, dan masalah mental lainnya, tapi ikan juga bisa. Untuk penyebabnya sendiri juga banyak, mulai dari kualitas air buruk, suhu kurang sesuai.

Salah satu cara sains yang bisa digunakan untuk mengurangi tingkat stress dari ikan adalah penambahan vitamin c dalam akuariumnya. Vitamin C dipercaya mampu menangkal berbagai hormon penyebab stress.

2.     Dibekukan dalam Lemari Es

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, jika ikan-ikan mampu hidup dengan cara membekukan diri hingga pada suhu -35 derajat celsius. Hal itu membuat ikan menjadi diam tampak seperti mati, tapi masih hidup.

Protein di dalam tubuhnya membuat ikan hidup lagi. Bisa dibilang, saat itu ikannya mengalami mati suri. Jika berminat untuk memakannya lebih baik segera di matikan daripada harus menunggu terlebih dahulu.

3.     Pengaruh Obat Bius

Sebagai penghobi atau pecinta ikan, Anda mungkin sudah akrab dengan penggunaannya. Obat bius memiliki banyak kegunaan, termasuk pada dunia perikanan. Ini akan membuatnya tidak bergerak sementara.

Misalnya saja digunakan untuk membuat ikan tidak bergerak sementara agar lebih mudah di foto. Atau juga digunakan untuk melakukan operasi penyakit seperti tumor agar tidak membuatnya merasakan sakit.

Cara Menghidupkan Ikan Setelah Dibekukan

Pada beberapa video yang beredar, banyak orang memasukkan ikannya ke air kembali. Setelah beberapa lama kemudian, ikannya akan kembali menggerakkan siripnya hingga seluruh tubuhnya ikut bergerak.

BACA JUGA:  Proses Gunung Api Meletus, Faktor dan Tanda Terjadinya

ikan Hidup Lagi Setelah Dibekukan Magic Atau Sains

Ada juga beberapa video yang menambahkan berbagai bumbu dapur agar ikan hidup lagi. Misalnya saja seperti penambahan garam, daun bawang, atau beberapa juga menambahkan biji cabai.

Mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa perlu menambahkan ketiga bumbu dapur tersebut untuk menghidupkannya kembali. Ternyata, penambahannya bukan tanpa sebab, tapi karena di setiap bumbu dapurnya memiliki manfaatnya masing-masing.

Air garam mampu memuat suhu tubuh ikan beku menjadi lebih meningkat serta digunakan untuk memacu detak jantungnya kembali. Setelah kondisi tersebut dialami, ikannya akan mulai menggerakkan tubuhnya.

Selain bisa membuat ikan hidup lagi, garam bisa meminimalisir tingkat stress dari ikannya. Dengan begitu, ikannya akan fresh, lebih cepat bergerak, dan masih banyak lainnya.

Penambahan daun bawang serta cabai memang bermanfaat, tapi beberapa pihak mengatakan tidak perlu dilakukan. Hal ini bisa membuat ikannya merasakan suhu terlalu panas pada airnya.

Tidak hanya itu, cabai serta daun bawang yang ditambahkan juga bisa menyakiti matanya. Penambahan cabai pada air mungkin saja akan menyebabkan iritasi atau hal lain pada mata ikannya tersebut.

Oleh sebab itu, banyak pihak yang melarangnya. Pecinta hewan tersebut juga mengatakan bahwa cukup gunakan air biasa atau diberi tambahan garam saja. Dengan begitu, ikannya juga akan tetap hidup kembali.

Melakukan eksperimen membekukan ikan bisa dilakukan di rumah. Dengan melakukan eksperimennya, Anda bisa melihat serta mengamati ikan hidup lagi setelah mengalami mati suri akibat dilakukannya pembekuan. (Red-detribpas.com)