Cara Aman Modifikasi Motor Agar Tidak Terkena Tilangan

Cara Aman Modifikasi Motor agar Tidak Terkena Tilangan

detribpas.com – Menggunakan cara aman modifikasi motor bisa dijadikan sebagai pilihan jika Anda tidak ingin terkena tilangan. Ketika sedang melakukan perubahan pada kendaraan perlu memerhatikan secara baik beberapa hal sebelum merubahnya.

Banyak orang merasa tertarik dalam merubah tampilan dari alat transportasi pribadi mereka menjadi lebih keren. Tentu saja, perubahan tersebut dapat dilakukan oleh ahlinya sehingga meminimalisir keadaan tidak diinginkan.

Masyarakat juga banyak yang ingin mengetahui cara aman modifikasi motor sehingga lebih nyaman digunakan. Bukan hanya faktor nyaman saja, ketika sedang berkendara sudah tidak perlu merasa was – was ditangkap polisi.

Dari aturan berupa UU No. 29 TH. 2009, telah menyebutkan jika masyarakat atau pengendara dilarang melakukan modifikasi terhadap kendaraan. Namun, tentu saja, hal tersebut dikarenakan dianggap bisa membahayakan pengendara.

Bukan hanya pengendara saja, orang lain juga sedang berkendara di jalan raya juga mendapatkan dampaknya. Maka dari itu, terdapat larangan, juga telah menjadi sebuah aturan harus dipatuhi oleh pengguna jalan.

Jika Anda masih ingin melakukan cara aman modifikasi motor maka perlu menggunakan trik cerdas. Bisa melakukan perubahan pada kendaraan, namun tidak membahayakan tentu akan membuat Anda merasa senang.

Ada beberapa tips mudah harus disimak lebih dalam jika tidak ingin terkena tilang nantinya. Menggunakan motor secara nyaman akan pengendara dapatkan jika sudah menggunakan beberapa tips dijabarkan.

Tentu saja, Anda juga harus memerhatikan keadaan dari kendaraan agar tidak menimbulkan permasalahan. Melakukan pengecekan berkala agar tidak terjadi kerusakan, dapat meminimalisir keadaan tidak diinginkan saat berkendara.

Tips Menggunakan Cara Aman Modifikasi Motor

Jika ingin melakukan pengubahan terhadap kendaraan Anda, maka harus memanfaatkan cara aman agar tidak terkena tilangan. Melakukan perombakan secara aman, nantinya dapat meminimalisir keadaan berupa kecelakaan.

Bukan hanya itu saja, aparatur yang menegakkan aturan lalu lintas juga tidak akan memberhentikan Anda saat di jalanan. Maka dari itu, beberapa tips berikut ini harus Anda perhatikan secara baik:

Cara Aman Modifikasi Motor Agar Tidak Terkena Tilangan

  1. Jangan Melakukan Perubahan Pada Bagian Rangka

Akan lebih aman, bagi Anda tidak melakukan perubahan pada bagian rangka sebagai cara aman modifikasi motor. Untuk bagian ini, dibiarkan seperti sedia kala saja, original seperti ketika awal melakukan pembelian.

Ketika digunakan dalam kegiatan sehari – hari dan sering dijadikan sebagai alat transportasi pengubahan cukup berisiko. Maka dari itu, disarankan tidak mengubah bagian tersebut, jika ingin lebih aman.

Kecuali, jika motor dimiliki tersebut digunakan dalam ajang pameran. Maka melakukan perombakan bahkan hingga pada bagian rangka sendiri dapat dilakukan untuk mempercantik tampilan dari kendaraan roda dua ini.

Tidak perlu diragukan lagi sekarang berbagai cara aman modifikasi motor meskipun melakukan perubahan bagian rangka. Jika digunakan ketika melakukan pameran, kendaraan juga semakin menarik sehingga dapat menyabet gelar juara.

  1. Tetap Menggunakan Dimensi Standar Pada Motor

Memastikan jika wujud dari kendaraan sesuai dengan keterangan telah tertera pada surat BPKB juga penting. Nantinya, ketika ingin melakukan penjualan kembali atau digunakan dalam melakukan pengurusan tidak akan kesulitan.

Menghindari dari terkena tilang, dapat dilakukan secara mudah ketika menggunakan cara aman modifikasi motor tanpa menggubah dimensi. Tetap menggunakan sesuai petunjuk pada surat BPKB merupakan pedoman terbaik.

Ketika diperiksa oleh petugas lalu lintas, kendaraan Anda gunakan sama dengan atau sesuai terhadap keterangan dituliskan pada BPKB kendaraan. Dengan begitu, lebih aman, karena panjang, lebar maupun volumenya tetap sama.

Warna motor sebaiknya juga dibuat sama dengan yang sudah tercantum pada STNK. Jika ingin berkreasi, maka dapat melakukan penempelan striker, namun tetap tidak berlebihan sehingga tidak mempengaruhi keadaan kendaraan.

Cara Aman Modifikasi Motor Agar Tidak Terkena Tilangan

  1. Tidak Perlu Mengubah Kapasitas Mesin

Orang – orang mungkin senang beradu kecepatan ketika sedang berada di jalan. Cara mereka dalam melakukan kesenangan tersebut salah satunya dengan menambah kecepatan dari mesin kendaraan agar lebih cepat.

Namun, dalam pengubahan kapasitas mesin motor tersebut, rupanya harus sesuai dengan peraturan telah berlaku. Jika melebihi dari peraturan telah diberikan, maka besar kemungkinan kendaraan Anda tersebut terkena tilang.

Jika tidak ingin kejadian terjadi pada diri Anda, maka akan lebih baik untuk menggunakan kapasitas dianjurkan. Dalam melakukan cara aman modifikasi motor sendiri, harus diperhatikan lebih hati – hati. (Red-detribpas.com)