Semudah Inikah Memasak Sate Klatak

Semudah Inikah Memasak Sate Klatak

dertibpas.com – Bagi yang suka plesiran ke Yogyakarta, pasti kenal dengan makanan olahan daging yang satu ini, ternyata memasak sate klatak itu mudah loh, jika kamu tahu bagaimana cara dan apasaja bahanya, yuk simak penjelasan kami berikut ini.

Secara cara pengolahannya memasak sate klatak merupakan jenis varian sate yang menggunakan daging kambing sebagai bahan dasarnya. Jenis makanan ini akan mudah dijumpai di kota pelajar Yogyakarta.

Pembeda olahan daging bakar ini dengan yang lain adalah terletak pada cara olahannya yang cukup industrial karena menggunakan tusuk berbahan dasar jari-jari sepeda. Dan olahan bumbunya pun cukup minimalis yaitu hanya dengan kaldu yang berbahan dasar garam.

Walaupun satu yang satu ini memiliki kesan yang minimalis dan industrialist namun untuk soal rasa boleh diadu dan sangat melezatnya.

Sejarah membuktikan, bahwa cikal bakal adanya olahan daging ini karena inovasi dari seorang Mbah Ambyah untuk menjual sate kambing. Karena beliau memiliki cara penyajian yang khas dan orisinal maka warisan menu tersebut eksis sampai sekarang.

Untuk penamaan kenapa muncul makanan khas yogya ini, sejarah belum pasti untuk menerangkannya. Namun sebagai orang bertutur bahwa kata klatak diambil dari proses membakarnya yang memiliki bunyi klatak-klatak, akhirnya tercetuslah nama tersebut menjadi menu baru varian olahan daging panggang.

Menu lain yang biasa disandingkan dengan sate klatak adalah tongseng dan gulai kambing, ini juga merupakan varian menu yang wajib dicoba ketika singgah ke jogja.

Memasak Sate Klatak Mudah Tapi Berciri Khas

Walaupun faktanya memasak sate klatak dibilang mudah, namun tetap ada proses yang harus dilakukan guna mendapatkan cita rasa sate yang satu ini tetap nikmat.

Untuk hal yang bisa diperlukan ketika memasak sate klatak siapkan bahan-bahan berikut ini:

Semudah Inikah Memasak Sate Klatak

  1. Siapkan daging kambing usahakan kambing muda kemudian potongkan menjadi kotak kecil-kecil sesuai selera;
  2. Siapkan jari-jari sepeda yang sudah dicuci bersih;
  3. Pastikan tempat pembakaran sate sudah menyala dan arangnya dapat membakar dengan sempurna;
  4. Untuk olahan bumbu yang dipersiapkan cukuplah mudah yaitu siapkan irisan lembut bawang siung, garam cukup 1 sendok makan, perasan jeruk limau;
  5. Sebelum sate dibakar hendaklah di lumuri kecap dan margarin untuk mendapatkan cita rasa yang khas.

Setelah bahan terkumpul dan tersaji dengan sempurna, langkah selanjutnya adalah cara membakarnya, adapun untuk membakarnya pun cukup mudah kok yaitu;

Semudah Inikah Memasak Sate Klatak

  1. Setelah daging kambing teriris dengan sempurna kemudian tusuklah kejari-jari sepeda tadi;
  2. Siapkan bumbu oles yaitu kecap dan margarin serta bisa tambahi perasan jeruk nipis;
  3. Setelah selesai dibumbui pastikan tempat pembakaran sudah siap dengan bara yang menyala sempurna;
  4. Selanjutnya bakarlah sampai dengan matang;
  5. Pada saat yang bersamaan mulainya tumis bumbu sebagai kuahnya;
  6. Apabila sate sudah terasa empuk dan baunya harum, lantas dapat diangkat dan dihidangkan bersama bumbu tadi;
  7. Siapkan nasi, air minum dan teman-temannya;
  8. Selamat menikmati dan jangan lupa membaca doa sebelum makan yah.

Nah sesimpel itukan memasak sate Klatak, lebih sulit mencari pacar. Walaupun sejatinya semudah itu memasak sate klatak, namun tidak semua orang bisa memasak sate klatak loh, karena dalam Teknik membakarnya ternyata ada metodenya tersendiri.

Artinya hanya Sebagian orang yang secara keahlian dapat membakar olahan daging ini dan memperoleh hasil yang sempurna.

Untuk itu apa salahnya dicoba, walaupun soal rasa nomor seklian tapi menu olahan daging ini ini sangat rekomended untuk dicoba ketika mengumpul bersama kawan-kawan sembari bercengkramah. (Red-detribpas.com)

You May Also Like