Membongkar Bumbu Rahasia Untuk Memasak Ayam Taliwang Khas Lombok

Membongkar Bumbu Rahasia Ayam Taliwang Khas Lombok

detribpas.com – Bumbu Rahasia Ayam Taliwang memang sangatlah banyak diburu orang, Pasalnya banyak orang suka dengan makanan khas NTB ini, kira-kira apa saja yang bahan yang terkandung dalam memasaknya.

Ada sejarah unik yang jarang dibongkar tentang bumbu rahasia Ayam Taliwang, soalnya Publik mengenal bahwa kuliner ini sejatinya adalah khas Lombok NTB, namun siapa disangka bahwa makanan ini rupanya dari Sumbawa Barat.

Walaupun sama-sama dari NTB, namun sejarah membuktikan soal kuliner ini berasal dari daerah Taliwang, di Sumbawa Barat. Namun dalam perkembangannya orang-orang yang mempulerkan makanan ini adalah masyarakat Taliwang yang bermukim di Mataram, Lombok.

Sehingga sampai dengan sekarang ini Ayam Taliwang masih dapat dikategorikan bahwa kuliner khas yang masih diburu oleh para pecinta makanan tradisional Indonesia.

Dalam komposisi dasarnya kuliner yang satu ini bersumber dari daging ayam, namun pada faktanya untuk memasak Ayam Taliwang ini diperlukan keahlian yang khusus loh, supaya cita rasa khasnya dapat dirasakan.

Untuk selanjutnya, terkhusus buat kalian semua, kami ulasakan bagaimana sih cara memasak Ayam Taliwang supaya mendapatka cita rasa yang khas dengan daerah aslinya.

BACA JUGA:  Semudah Inikah Memasak Sate Klatak

Berikut ini akan kamu bongkarkan resep spesial terkhusus buat kalian semua yang gemar akan kuliner berbahan daging unggas yang satu ini.

Bumbu Rahasia Ayam Taliwang

Sebelum berbicara ke Teknik memasak, alangkah baiknya kita menyiapkan terlebih dahulu bumbu dan bahan apa saja yang diperlukan dalam memasak olahan daging ungags ini, nah pilihan kami untuk memasaknya bahan dan bumbu rahasia yang harus disipkan sebagai berikut:

Membongkar Bumbu Rahasia Untuk Memasak Ayam Taliwang Khas Lombok

  1. Siapkan daging 1 ekor ayam kampung yang segar;
  2. Siapkan 2 (dua) buah jeruk nipis yang segar;
  3. Ambilah kecap cukup 1 sendok makan;
  4. Siapkan 100 gram gula merah untuk selanjutnya diparut sisir;
  5. Siapkan 3 lembar daun jeruk kemudian sobek-sobeklah daun itu;
  6. Mengeprek 2 batang serai;
  7. Siapkan air peresan santan murni sebanyak 500 ml;
  8. Ambilah garam secukupnya bisa 1 sendok makan atau lebih; dan
  9. Irislah timun dengan halus nan rapi.
BACA JUGA:  Cara Memasak Tempe Yang Menyehatkan

Setelah bahan dasar sudah siapkan, kemudan kami akan membongkar resep khas yang jarang diketahui orang ini, yang harus ada ketka memasaknya yaitu menggunakan bahan rempah-rempah sebagai berikut:

  1. Kupas bersih 10 buah bawang merah yang masih segar;
  2. Kupas bersih 6 siung bawang putih;
  3. Siapkan 10 buah cabe keriting yang pedas dan segar;
  4. Siapkan 3 buah cape rawat untuk menambahkan rasa pedasnya;
  5. Ambilan 1 buah tomat; dan
  6. Siapkannya 1 buah kencur.

Setelah ke 6 bumbu dasari itu sudah siap, lantas tumbuklah dengan halus dan lembut guna nanti dicampurkan pada saat memasak Ayam Taliwang.

Rahasia Cara Memasak Ayam Taliwang

Setelah badan dan bahan sudah kalian siapkan untuk selanjutnya masuk ke tata cara memasaknya, supa menghasilkan rasa yang khas, adapun untuk caranya yaitu:

Membongkar Bumbu Rahasia Untuk Memasak Ayam Taliwang Khas Lombok

  1. Ambil dan cucilah 1 potong ayam samapi berisih kemudian ayam tersebut dipotong bagi dan taburi peresan air jeruk nipis.
  2. Kemudan ssetelah itu ambilah minyak goreng secukupnya dan panaskalah untuk menumis bumble halus yang sudah disiapkan;
  3. Setelah bumbu beraroma wangi masukan ayam tersebut, kedalam tumisan bumbu dan aduk hingga merata;
  4. Tambahkan bahan seperti santan, kecap, gula merah, dan garam serta air, yang untuk selanjutnya ungkep ayam sambal tetap diperhatikan dan dibolak-balik dengan tujuan bumbu meresak sampai ayam empuk dan matang;
  5. Kemudian siapkan pembakaran, untuk setelah ayam tadi sudah matang kemudian dibakar dan dilaburi dengan sisi bumbu rahaasia Ayam Taliwang tadi;
  6. Setelah tahap pembakaran dirasa matang, kemudian ayam siap dihidangkan bersama nasi panas tentunya.
BACA JUGA:  Mengenal Kuliner Khas Jember dari Tape yang Populer

Dalam menu yang ditawarkan biasanya Ayam Taliwang dilengkapi dengan bumbu plencing, yaitu yang berisi dari kangkong, tauge dan bumbu sambal yang khas.

Setelah antara nasi, Ayam Taliwang dan Plencing sudah bertemu dalam satu mejadi dengan didesain khusus layaknya makanan yang estetik, selanjutnya hiding tersebut sudah dapat dinikmati. Gimana, rupanya tak begitu sulit untuk kalian memasak Ayam Taliwang kan. (Red-detribpas.com)