Sambal Lao Gan Ma, Wajib untuk Masakan Cina

Sambal Lao Gan Ma, Wajib untuk Masakan Cina

detribpas.com – Jika kita melakukan sebuah pengamatan pasti akan terlihat bahwa keberadaan sambal lao gan ma sering ditemui pada masakan cina. Apa sebenarnya sambal satu ini sehingga sering ditemukan di setiap kulinernya.

Pada dasarnya lao gan ma merupakan sebuah saos pedas yang berasal dari guizhou. Banyak masyarakat di kota tersebut menyukai kuliner dengan rasa sangat pedas karena memang iklim disana dingin.

Sehingga cabai merupakan salah satu sensasi yang paling dicari ketika membuat sebuah makanan. Penyebarannya semakin luas sejak tahun 1980 karena adanya transmigrasi dari daerah pegunungan ke pesisir.

Ini merupakan sebuah titik dimana sambal lao gan ma menjadi sebuah kuliner yang berkembang pesat di dataran China. Sekarang bahkan skala manufacturing sudah dilakukan sehingga semua orang bisa mengkonsumsinya.

Jika dilihat dari aspek sejarah sebenarnya keberadaan saos pedas skala industri ini berawal dari bisnis kecil. Tao hua bi seorang pelopor manufakturing awalnya hanya seorang pedagang kecil.

Kita akan bahas secara detail bagaimana sejarah dari sambal lao gan ma ini yang cukup menarik untuk diikuti. Selain itu kami juga akan membahas apa saja sebenarnya kuliner yang wajib menggunakannya.

Sehingga Anda bisa menggunakannya sebagai sebuah bumbu wajib yang menambah cita rasa masakan cina. Proses pembuatan sambal ini secara sederhana juga nanti akan kami bahas sehingga dapat dijadikan sebuah acuan.

Sejarah Industri Sambal Lao Gan Ma

Tao hua bi merupakan seorang yang mengawali industrialisasi terhadap bumbu pedas satu ini. Memang merk laoganma sendiri dimiliki hak paten oleh tao hua bi selaku pelopor industri.

BACA JUGA:  Makanan Pelaut Eropa Kuno yang Mudah untuk Dibuat

Namun dari segi kuliner sendiri semua orang berhak membuatnya sendiri di rumah. Ini merupakan sebuah warisan budaya yang sekarang sudah merambah dunia internasional karena rasa nikmatnya.

Keberadaan sambal lao gan ma untuk sebuah kuliner tidak hanya memberikan cita rasa pedas saja. Namun ini sering digunakan untuk membuat sebuah makanan menjadi lebih gurih dan ada sensasi umami.

Awal dari industri sebenarnya adalah sebuah kedai nasi tahu pedas yang menjadi sebuah makanan wajib di distrik guizhou. Ini adalah menu sarapan yang paling sering dikonsumsi warga setempat.

Keberadaan kedai juga sangat banyak karena memang seperti warung pecel di Indonesia. Dari banyaknya kedai nasi tahu pedas, tao hua bi merupakan seseorang paling dikenal dan ramai pengunjung.

Setiap orang selalu ketagihan dengan sambal lao gan ma buatan tao hua bi. Suatu ketika bumbu pedas buatannya sedang kehabisan stok dan membuat bisnis benar-benar sepi pengunjung.

Akhirnya pada usia 55 tahun tao hua bi memutuskan pensiun dari kedai makanan. Dia beralih profesi menjadi seorang pembuat sambal spesialis saja dan menjadi sumber utama para penjual setempat.

Ini sampai pada akhirnya anak pertama dari tao hua bi memutuskan untuk memperbesar skala pembuatan. Kedai lama milik tao hua bi menjadi pabrik laoganma pertama di China sekaligus dunia.

Kuliner yang Wajib Menggunakan Sambal Lao Gan Ma

Berikut ini adalah beberapa kuliner yang menggunakan bumbu pendas dan dapat dibuat sendiri di rumah. Pembuatan saus ini memang akan cukup sulit ketika hanya mengandalkan bahan lokal saja.

BACA JUGA:  Semudah Inikah Memasak Sate Klatak

Sambal Lao Gan Ma, Wajib untuk Masakan Cina

  • Dou Hua Fan

Dou hua fan adalah masakan berupa nasi tahu dan sambal laoganma. Untuk membuat kuliner seperti ini juga sangat mudah karena bahan utamanya hanya tiga itu saja.

Dou hua fan merupakan sarapan wajib dari masyarakat sichuan dan guizhou. Sehingga keberadaan sambal lao gan ma juga harus ada agar mampu meningkatkan nafsu makan.

  • Berbagai olahan mie

China merupakan sebuah negara yang mengkonsumsi mie dalam jumlah cukup banyak. Sehingga olahan mie di negara ini juga sangat beragam variasinya mulai dari kering sampai basah.

Hampir 60 persen variasi olahan mie selalu menggunakan laoganma sebagai bahan tambahan. Jadi mie China tidak akan lengkap tanpa keberadaan bumbu pedas unik tersebut.

  • Olahan nasi rasa

Jika di Indonesia ini mungkin akan seperti nasi goreng karena rasanya cukup beragam. Namun tidak semua nasi goreng juga menggunakan sambal lao gan ma di China.

Jika berbicara nasi rasa maka akan banyak referensi seperti guailu yangyu dengan banyak variasinya. Tentu akan membuat kuliner semakin nikmat menggunakan bumbu rahasia tersebut.

Dari ketiga olahan tersebut tentu memiliki berbagai macam variasi dari setiap distrik tiongkok. Jadi merupakan sebuah staple dish yang perlu menggunakan bumbu tertentu agar memperoleh cita rasa maksimal.

Mie Goreng Sambal Lao Gan Ma

Ini merupakan sebuah masakan adaptasi yang mungkin akan lebih mudah kita buat menggunakan bahan lokal kecuali saosnya. Berikut akan kami berikan panduan cara membuatnya.

BACA JUGA:  Cara Membuat Lao Gan Ma Sauce Sendiri dengan Mudah

Sambal Lao Gan Ma, Wajib untuk Masakan Cina

Bahan :

  1. Mie kering (mie instan juga bisa)
  2. Telur
  3. Bok choy (bisa diganti sayur biasa)
  4. Cabai Hijau
  5. Cabai Merah
  6. Minyak
  7. Air secukupnya
  8. MSG
  9. Garam
  10. Gula
  11. Tepung maizena
  12. Saos utama (laoganma)

Cara Membuat :

  • Pertama kita masak dulu mie kering menggunakan air secukupnya agar masak sampai pada tahap aldente. Artinya ini tidak terlalu lembek namun juga tidak terlalu kering ketika dimakan.
  • Tiriskan mie yang sudah dimasak dan berikan satu sendok minyak kemudian aduk. Tujuannya adalah membuat mie tetap berada dalam keadaan optimal ketika kita berikan sambal lao gan ma.
  • Tumis cabai merah dan hijau sampai mengeluarkan aroma harum menggunakan minyak sedikit saja. Karena minyak untuk kita menumis ini nantinya juga akan dijadikan satu dengan masakan utama.
  • Tumis beberapa siung bawang tergantung jumlah mie yang digunakan. Setiap 50 gram gunakan satu siung bawang agar rasanya tidak terlalu kuat.
  • Kocok satu sendok teh tepung maizena dan dua sendok teh air. Ini nanti akan digunakan sebagai pengental masakan.
  • Setelah semua persiapan selesai panaskan kembali wajan sampai benar-benar panas tanpa menggunakan minyak. Tuangkan satu sendok teh minyak pada wajan panas tadi.
  • Masukkan semua bahan yang sudah dipersiapkan dan aduk sampai merata di atas penggorengan. Tidak perlu terlalu lama cukup lakukan selama 15 sampai 30 detik saja kemudian tambahkan saos laoganma dan selesai.

Ini adalah salah satu masakan paling mudah ditiru dan diadaptasi menggunakan bahan dalam negeri. Jadi keberadaan sambal lao gan ma dalam kuliner tiongkok memang tidak dapat dipisahkan. (Red-detribpas.com)