Tips Menyimpan Laoganma Chili Oil Agar Tetap Awet

Tips Menyimpan Laoganma Chili Oil Agar Tetap Awet

detribpas.com – Jika kita menyimpan sambal laoganma chili oil buatan sendiri atau pabrik secara biasa saja tentu daya tahan akan sangat rendah. Memang untuk pabrik setiap botol dapat bertahan satu tahun lebih.

Namun itu hanya terjadi ketika botol belum dibuka, ketika sudah terbuka maka daya tahan akan menurun drastis. Sehingga kita tidak akan dapat merasakan kenikmatannya dalam jangka waktu lama.

Ada beberapa tips yang dapat dilakukan agar daya tahan dari setiap sambal menjadi bertambah. Menyimpan laoganma chili oil juga berpengaruh terhadap daya tahan secara masif.

Setiap jenis sambal juga harus disimpan menggunakan perlakuan berbeda sehingga masing-masing mampu optimal. Bagi para penggemar masakan cina tentu ini bisa menjadi sebuah opsi ideal.

Jika mengetahui trik penyimpanan yang benar maka tidak perlu ragu untuk membeli batch besar. Selain harganya lebih murah ini juga akan awet digunakan untuk berkali-kali masak tanpa khawatir habis.

Kami juga akan memberikan beberapa tips memilih jenis laoganma chili oil sehingga sesuai dengan selera. Karena memang jenisnya ada banyak dan tidak hanya satu saja ketika kita gunakan untuk membuat masakan cina.

Ada sekitar 17 jenis laoganma yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Ini akan kita bedah bersama sehingga Anda dapat menentukan pilihan secara tepat dan masakan bisa enak.

Tips Menyimpan Laoganma Chili Oil Buatan Rumahan

Apabila Anda membuat sendiri laoganma maka kunci agar daya tahan semakin lama adalah durasi menumis. Metode menumis memang digunakan ketika membuat sambal jenis guizhou.

BACA JUGA:  Cara Memasak Tempe Yang Menyehatkan

Jika kita membuat laoganma chili oil menggunakan metode sichuan maka tidak bisa disimpan lama. Alasannya adalah proses penuangan minyak panas saja tidak cukup untuk membuat proses degradasi bumbu melambat.

Ketika kita menumis laoganma guizhou lebih lama maka semua bumbu juga akan masak sempurna. Cita rasa akan keluar secara optimal sekaligus tingkat kepedasan juga akan ikut naik secara drastis.

Langkah ini akan membuat ketahanan dari saos menjadi cukup lama ketika digunakan. Jika biasanya hanya bertahan 1 sampai 3 hari suhu ruangan maka ketika ditumis lama akan menjadi kuat bertahan 6 hari.

Untuk menyimpan kita bisa gunakan refrigerator agar suhu rendah tetap konstan. Tempat penyimpanan jika memungkinkan juga harus kedap udara agar kontaminasi tidak terjadi dalam jumlah masif.

Ini adalah langkah paling mudah untuk meningkatkan umur dari laoganma chili sauce sehingga bertahan lama. Saat menggunakan refrigerator dan tempat kedap udara maka bisa bertahan sampai satu bulan lebih.

Cara memasak yang panjang juga akan meningkatkan ketahanan secara signifikan terhadap bumbu. Metode seperti ini tentu saja dapat dijadikan opsi sehingga ketika memiliki produk dapat tetap bertahan lama.

Metode Penyimpanan Laoganma Chili Oil Manufacturing

Ada tiga langkah penyimpanan paling tepat ketika kita membeli laoganma pabrikan. Berikut ini akan kami jelaskan sehingga Anda akan mengetahui bagaimana implementasi sebenarnya dan paling mudah.

BACA JUGA:  Membongkar Bumbu Rahasia Ayam Taliwang Khas Lombok

Tips Menyimpan Laoganma Chili Oil Agar Tetap Awet

  • Ganti Botol

Ketika kita membeli tentu tempatnya adalah sebuah botol kaca dengan tutup terbuat dari logam. Apabila memungkinkan kita harus menggantinya sehingga setelah terbuka tetap awet.

Dengan begitu laoganma chili oil akan minim terhadap kontaminasi luar yang menyebabkan pembusukan lebih cepat. Sehingga pengguna bisa tetap memakainya dalam waktu lama.

  • Gunakan Sendok Bersih

Ketika kita mengambil laoganma usahakan menggunakan sendok yang masih bersih. Tujuan dari hal tersebut merupakan tindakan mengurangi kontaminasi pada sambal sehingga usianya lama.

Jika kita menggunakan sendok yang digunakan makan misalnya maka saliva akan mencemari bumbu tersebut. Tidak butuh waktu lama ketika hal tersebut sudah terjadi dan mencemari.

Proses pembusukan mungkin terjadi dalam waktu satu atau dua hari dan merusak produk. Ini perlu dihindari apabila Anda menginginkan produk yang tahan selama beberapa bulan.

  • Bekukan

Proses pembekuan dapat menjadi sarana alternatif mengawetkan laoganma chili oil. Namun terdapat kekurangan ketika kita menggunakan metode ini sebagai sebuah opsi.

Pada saat dibekukan berbeda dengan membuat sendiri, produk pabrikan akan kurang cita rasanya. Apabila ingin mengembalikan rasa maka perlu digoreng lagi dan tambahkan MSG.

Ini merupakan alternatif karena ketika kita bekukan maka daya tahan laoganma chili oil bisa mencapai tahunan. Proses penumisan kembali juga dapat menjadi opsi tambahan jika memang ingin lebih.

Dengan tiga langkah tersebut tentu saja bumbu akan menjadi semakin awet. Jadi para pengguna tetap bisa menikmati cita rasa tersebut tanpa perlu khawatir akan terjadi pengurangan.

Jenis Laoganma Chili Oil yang Perlu Diketahui

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih dalam mengenai lao gan ma ada tiga janis paling populer. Biasanya ini juga diekspor ke luar negeri sehingga banyak orang menggunakannya sebagai sebuah bumbu utama.

BACA JUGA:  Sambal Lao Gan Ma, Wajib untuk Masakan Cina

Tips Menyimpan Laoganma Chili Oil Agar Tetap Awet

  • Youlajiau

Youlajiau merupakan varian paling basic dari laoganma chili oil karena hanya terdiri dari minyak dan bumbu cabai saja. Dari segi cita rasa sendiri ini tentu paling biasa dan sering digunakan dalam berbagai masakan.

Youlajiau paling sering digunakan sebagai dipping sauce karena teksturnya yang lebih kental. Jadi memang paling cocok ketika kita makan langsung dengan tahu goreng misalnya.

  • Fengwei Douchi

Fengwei douchi youlajiau adalah chili oil dengan tambahan fermentasi kedelai hitam. Orang di luar china biasanya menggunakan ini karena paling banyak diekspor ke luar negeri.

Jadi jika Anda pergi ke supermarket terdekat biasanya lao gan ma yang ditemui adalah fengwei douchi youlajiau. Dari segi tekstur dan rasa ini paling nikmat menurut banyak pakar kuliner.

  • Xianglacui

Xianglacui youlajiau merupakan kombinasi chili oil dengan chili crisp. Jadi dalam saus lao gan ma ada taburan kripik cabai yang rasanya juga sangat nikmat dan cocok untuk toping nasi goreng.

Xianglacui sendiri juga dapat dikonsumsi secara langsung tanpa harus dijadikan campuran lao gan ma. Masakan ini banyak dijadikan camilan dari guizhou dan membuatnya cukup mudah.

Dari tiga jenis tersebut tentu Anda dapat menentukan mana yang cocok dijadikan opsi. Dengan memahami teknik penyimpanan laoganma chili oil secara optimal tentu saja kenikmatan ini akan semakin awet. (Red-detribpas.com)