Cara Membuat Lao Gan Ma Sauce Sendiri dengan Mudah

Cara Membuat Lao Gan Ma Sauce Sendiri dengan Mudah

detribpas.com – Banyak orang bertanya apakah bisa membuat lao gan ma sauce sendiri di rumah. Jika kita berbicara regional Indonesia dan menginginkan resep original tentu saja tidak, sayangnya sekali.

Namun sambal seperti ini ada ribuan jenis dan cara membuatnya sehingga bisa saja kita ciptakan sendiri varian lokal. Sehingga bahan yang tidak dapat ditemukan atau sulit disini dapat diganti.

Misalnya ketika kita hendak membuat resep original harus ada arak cina sebagai salah satu campuran minyak. Tentu saja ini akan sulit diperoleh sehingga status original sudah menghilang.

Secara umum lao gan ma sendiri memiliki dua jenis berdasarkan regional yaitu guizhou dan sichuan. Masing-masing daerah memiliki perbedaan tersendiri ketika membuat resep lao gan ma sauce.

Bahkan ketika kita berpikir secara liberal sebenarnya ada berbagai macam jenis tergantung siapa yang membuatnya. Jadi kami akan mengulas resep yang sudah diadaptasi menggunakan kearifan lokal.

Anda juga tidak akan terlalu sulit menirukannya karena memang bisa diperoleh disini. Kemudian resep lao gan ma sauce yang akan kami lampirkan juga merupakan sebuah generalisasi dari berbagai distrik.

Tujuannya adalah mempermudah sehingga ini dapat dijadikan sebagai fundamental pada proses pembuatan. Jika ingin berbagai variasi tentu bisa melakukan sendiri ketika memahami berbagai konsepnya.

Bahan Substitusi dalam Lao Gan Ma Sauce

Ketika kita akan membuat lao gan ma dengan kearifan lokal tentu ada produk substitusi yang perlu diadaptasi. Berikut ini beberapa bahan yang bisa diganti sehingga Anda menjadi lebih mudah membuatnya.

BACA JUGA:  Mengenal Kuliner Khas Jember dari Tape yang Populer

Cara Membuat Lao Gan Ma Sauce Sendiri dengan Mudah

  • Cabai

Cabai yang digunakan pada resep asli tentu tidak dapat ditemukan di Indonesia. Namun kita dapat menggantinya menggunakan cabai dengan rasa pilihan sesuai selera pembuat.

Lao gan ma sauce adalah sebuah bumbu pedas sehingga kita bisa mengganti menggunakan cabai rawit untuk rasa. Kemudian ditambahkan dengan cabai merah besar untuk warnanya.

  • San Ding

San ding merupakan tiga cincangan yang ada dalam sambal tersebut. Pada resep original salah satu cincangan adalah daging babi, bagi yang tidak bisa memakannya dapat melakukan substitusi.

Kemudian cincangan berikutnya adalah dougan atau tahu khas cina dengan tingkat kepadatan tinggi. Ini bisa kita ganti dengan tahu putih biasa yang sudah dipadatkan lagi menggunakan kain.

  • Douchi

Ini adalah fermentasi kacang kedelai hitam yang direndam dalam salah satu jenis arak tradisional. Jika ini sulit dicari maka Anda juga boleh menggantinya dengan kacang kedelai biasa.

Cukup rendam dalam air panas selama semalam agar menjadi lebih empuk. Kemudian bilas dengan air cuka masak agar terdapat sedikit rasa asam ketika nantinya digunakan.

Ketiga bahan tersebut jika sulit diperoleh tentu saja dapat diganti menggunakan lainnya. Keberadaannya memang wajib dalam sauce namun ini adalah resep adaptasi agar mudah membuatnya.

Perbedaan Lao Gan Ma Sauce Sichuan dan Guizhou

Ini adalah perbedaan paling besar yang perlu dipahami sebelum kita nantinya membuat resep adaptasi. Karena dari sichuan dan guizhou memiliki perbedaan besar pada saat proses memasaknya.

BACA JUGA:  Sambal Lao Gan Ma, Wajib untuk Masakan Cina

Jika kita membuat menggunakan cara sichuan maka tidak perlu memasaknya karena hanya menggunakan minyak panas. Jadi seluruh bahan tadi akan kita masukkan dalam wadah besi dan disiram minyak sangat panas.

Dari segi rasa sendiri lao gan ma sauce dari sichuan juga tetap enak dinikmati. Namun kekurangannya adalah tidak dapat bertahan lama sehingga harus habis dalam satu kali makan saja.

Jika menginginkan produk yang tahan selama beberapa hari bahkan minggu tentu kita akan menggunakan metode guizhou. Semua bahan akan digoreng lagi sampai matang sehingga daya tahan juga cukup tinggi.

Dari segi rasa tentu terdapat perbedaan cukup kompleks antara sichuan dan guizhou. Tingkat kepedasan dari guizhou juga akan lebih tinggi karena cabai akan mengeluarkan enzim capsaicin.

Bagi para penggemar lao gan ma sauce dengan rasa pedas maka guizhou adalah opsi paling tepat. Bahan juga tahan lama jadi Anda bisa memasak dalam jumlah besar dan menyimpannya untuk lain waktu.

Ini tentu akan sangat memudahkan bagi Anda yang menginginkan preparasi masakan tidak merepotkan. Ketika kita akan membuat mie goreng misalnya tinggal tambahkan saja laoganma sebagai bumbu.

Berbagai jenis sarapan khas cina juga dapat dibuat secara mudah apabila sudah mempersiapkan bumbu kuncinya. Untuk cara pembuatan Anda perlu menyimak segmen berikutnya agar mudah mengikuti.

Cara Membuat Lao Gan Ma Sauce

Berikut ini akan kami berikan cara bagaimana pembuatan menggunakan resep adaptasi. Sehingga bahan yang diperoleh cukup mudah dan Anda bisa membuatnya sendiri di rumah

Cara Membuat Lao Gan Ma Sauce Sendiri dengan Mudah

Bahan :

  1. 180g daging cincang (opsional)
  2. 180g kedelai fermentasi
  3. 180g tahu padat cinang
  4. 60g cabai kering (kombinasi antara rawit dan merah)
  5. 120g chilli oil
  6. 1sdt minyak wijen
  7. Jahe cincang (satu atau dua ruas jari saja)
  8. 1sdm gula
  9. Minyak Sayur (minyak goreng biasa juga bisa)
  10. 3sdm soy sauce
BACA JUGA:  Inilah Jajanan Anak Sekolah Yang Disukai Semua Generasi

Cara Membuat :

  • Panaskan wajan tanpa menggunakan minyak sampai benar-benar panas sekali menggunakan api besar. Setelah panas masukkan minyak dan gunakan api paling kecil.
  • Masukkan semua bahan dan tumis menggunakan api paling kecil sampai warnanya berubah menjadi gelap.
  • Proses menumis ini akan cukup lama antara dua sampai lima menit.
  • Setelah proses menumis selesai masukkan gula.
  • Tumis kembali selama dua menit dan selesai.

Ada beberapa modifikasi yang dapat dilakukan pada lao gan ma sauce sehingga rasanya semakin cocok di lidah orang Indonesia. Misalnya kita dapat menambahkan lagi garam sebanyak 1 sendok teh.

Penggunaan msg juga diperbolehkan, ketika kita menggunakan resep tadi maka jumlahnya 3 sendok teh. Proses menumis sambal ini juga dapat ditambah durasinya apabila ingin disimpan cukup lama.

Misalnya jika ingin lao gan ma sauce disimpan dalam jangka waktu lama maka gunakan api lilin dan durasi menumis bisa sampai 20 menit. Selama kita terus menumis maka bumbu tidak akan gosong pada pembuatannya.

Jadi semua bahan akan benar-benar masak dan menjadi lebih kering dari biasanya. Ketika ini diinginkan maka penggunaan minyak dapat ditingkatkan menjadi dua keli sehingga durasi juga semakin panjang.

Setelah memahami berbagai aspek penting tadi tentu saja pembuatan bumbu seperti ini semakin mudah. Jadi lao gan ma sauce dengan sentuhan kearifan lokal tetap dapat dinikmati oleh orang Indonesia. (Red-detribpas.com)