Cara Memasak Tempe Yang Menyehatkan

Cara Memasak Tempe Yang Menyehatkan

detribpas.com – Memasak Tempe yang menyehatkan rupanya tidak mudah, banyak ibu-ibu yang salah mengolahnya sehingga hasilnya kurang maksimal serta bermanfaat, berikut ini akan kami bahas caranya yah.

Makanan yang satu ini terbuat dari bahan dasar biji kedelai yang kemudian difermentasikan. Setelah melewati masa fermentasi kurang lebih memakan waktu maksimal 36 Jam, lantas jadilah makanan ini yang disebut dengan tempe.

Berbicara soal kandungan, faktanya makanan ini memiliki nilai gizi yang cukup bagus ketika diolah dengan cara yang benar dan higenis. Kandungan yang menyatu dalam tempe adalah didominasi oleh protein, karbohidrat, kalium, natrium, kalsium, magnesium dan zat besi.

Secara kandungan gizi dianggap cukup menyehatkan dan sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Dilihat dari harga pun cukup murah, jadi sudah sangat wajar banyak masyarakat yang menyukai makanan dari bahan kedelai satu ini.

Memasak Tempe yang Menyehatkan

Walaupun secara kandungan gizi makanan satu ini dianggap cukup baik, namun tetap saja kembali ke tatacara pengolahannya juga harus baik pula.

BACA JUGA:  Mengenal Kuliner Khas Jember dari Tape yang Populer

Sudah menjadi suatu kebiasaan yang kurang baik, masyarakat Indonesia sangat gemar memasak oalahan kedelai khususnya dengan cara digoreng, mulai dari digoreng pakai tempung atau sekedar dengan bumbu racikan seperti garam dan bawang putih sudah menjadi makanan yang lezat.

Pertanyaan mendasarnya adalah apakah tetap sehat dikonsumsi apabila memasak tempe dengan cara digoreng.

Sejauh penelusuran kami, ketika kamu memasak tempe dengan cara digoreng sejatinya kandung gizi yang terletak di dalamnya seperti protein akan mengalami kerusakan. Jadi ketika dimakan si protein itu sendiri kurang bekerja secara sempurna.

Walaupun ketika berbicara mengenai rasa tempe goreng sangatlah nikmat, namun faktanya ketika tempe itu digoreng akan ada kandung gizi yang berkurang.

Supaya ketika kamu memakan tempe dalam keadaan nikmat, walaupun tidak dengan cara digoreng. Berikut ini kami kasih cara memasak tempe yang menyehatkan, dan tentunya masih nikmat untuk disantap.

Cara Memasak Tempe Yang Menyehatkan

Pertama, Tumis Tempe Dipercaya Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Kita

Memasak tempe yang menyehatkan, bisa mencoba untuk ditumis. Cara memasaknya pun masih tergolong sederhana. Sebelumnya bahan yang perlu dipersiapkan yaitu tempe lebih baik dikukus supaya memperoleh tekstur yang lembut.

BACA JUGA:  Inilah Wisata Kuliner Jember untuk Kantong Anak Kos

Setelah itu siapkan bahan bawang merah, bawang putih, cabai, bisa juga ditambahkan kacang panjang, lengkuas, daun salam, kecap, garam, gula, merica bubuk, air dan minyak secukupnya.

Untuk takaran bahan tergolong relative dibutuhkan sesuai dengan jumlah masakan yang akan dimasak. Setelah bahan terkumpul cara mengolahnya pun sangat sederhana. Yaitu panaskan minyak secukupnya masukan bumbu seperti tadi jelaskan di atas hingga harum, kemudian setelah rata diaduk masukan tempe dan kacang Panjang, tambahkan bahan garam, gula, merica bubuk, kecap dan air. Nungguhlah sampai matang, hingga bumbu meresap.

Kedua, Penyet Tempe Kukus Sangatlah Nikmat

Selain ditumis untuk menghindari tempe digoreng, cara memasak tempe yang menyehatkan kedua ini cukup dibilang sangat sederhana, pasalnya tempe tinggal di kukus sampai teksturnya lembut. Setelah itu siapkan sambal.

Bahan untuk membuat sambal sangatlah sederhana, yaitu cukup dengan cabe keriting, tomat, gula dan garam secukupnya. Setelah dihaluskan selanjutnya tempe dipenyet dan bisa ditambahkan tauge.

BACA JUGA:  Inilah Makanan Bajak Laut yang Perlu Anda Ketahui

Sangat sederhana dan menyehatkan, untuk mengolah dengan cara penyet kukus ini.

Cara Memasak Tempe Yang Menyehatkan

Ketiga, Faktanya Tempe Juga Bisa Disemur

Alternatif pilihan memasak tempe yang menyehatkan selanjutnya dengan cara bakar semur. Bahan yang diperlukan pun sangatlah gampang dicari, yaitu tempe bawang putih, kayu manis, pala, cengkeh, air, kecap, dan daun bawang.

Selain itu bumbu semur yang dihaluskan juga diperlukan, yaitu bawang merah, bawang putih, lada hitam dan gula. Adpaun berbicara takaran pada intinya disesuaikan sejumlah tempenya ya.

Setalah lengkap Teknik pembuatannya yaitu, lumuri tempe yang telah siap dengan bumbu bawang putih parut, kemudian langsung dibakar atau dipanggang hingga warnanya kecoklatan dan secara tekstur empuk.

Setelah itu tumis bumbu halus yang sudah disiapkan tadi, tambahkan kayu manis dan cengkeh olah sampai harum. Tuangkan air dan masukan tempe sampai mendidih. Setelah air mendidiah masukan kecap dan daun bawang. Kemudian tunggulah sampai air tempe matang dan siap untuk disajikan.

Itulah reseo alternatif memasak tempe yang menyehatkan pilihan kami khusu buat kamu, tunggu apalagi silahkan dicoba ya. (Red-detribpas.com)