Persyaratan Perpanjang Sim A 2022
Persyaratan Perpanjang Sim A 2022

Inilah Persyaratan Perpanjang Sim A 2022

Persyaratan Perpanjang Sim A 2022, Sebagai warga negara yang baik tentunya Anda tidak ingin SIM A Anda kadaluarsa dan salah jalan saat berkendara. Simak informasi selengkapnya di bawah ini untuk mengetahui apa saja syarat dan cara memperpanjang SIM A.

Semua kelas dan SIM umumnya berlaku selama lima tahun. Namun masa berlaku kartu model lama berbeda dengan SIM A model baru yang baru dirilis pada 22 September 2021. Nama kartu model baru ini adalah Smart SIM.

Lalu apa bedanya Smart SIM Card A dengan yang lama? Banyak orang yang tidak tahu tentang kartu SIM pintar akan bingung ketika melihat masa berlaku SIM ini. Untuk model lama yang dirilis sebelum 22 September 2021 tanggal kedaluwarsa didasarkan pada tanggal lahir pemiliknya.

Misalnya jika seseorang lahir pada tanggal 5 Mei 1995 dan mengajukan permohonan SIM pada bulan Agustus 2021 maka SIM-nya akan habis masa berlakunya dalam lima tahun ke depan berdasarkan tanggal lahirnya pada tanggal 5 Mei 2024. Tidak lagi tersedia untuk Smart SIM.

Persyaratan Perpanjang Sim A 2022

Variasi kedaluwarsa yang digunakan untuk Smart SIM adalah 5 tahun sejak tanggal penerbitan. Jadi jika Anda membuat Smart SIM A pada 1/1/2020 SIM Anda akan berakhir pada 1/1/2025.

Persyaratan Perpanjang SIM A

Persyaratan Perpanjangan SIM Biaya dan persyaratan perpanjangan kartu SIM

Mengetahui kapan harus mempersiapkan pendaftaran perpanjangan adalah waktu untuk menyiapkan dokumen yang diperlukan untuk sambungan SIM A. Apa yang perlu Anda persiapkan? Tinjau informasi di bawah untuk persyaratan koneksi SIM A.

SIM A Asli

Pastikan SIM asli adalah A selama proses registrasi dan perpanjangan. Petugas akan memeriksa dan memverifikasi kesesuaian data diri pemegang SIM dengan dokumen lainnya.

Fotokopi SIM dan KTP

Buat dua salinan hitam putih SIM A dan KTP Anda terpisah dari kartu SIM asli. Gunakan folder plastik atau amplop coklat untuk menyimpan dan mengatur semua dokumen yang Anda bawa agar tidak berantakan dan mudah diperiksa pihak berwenang.

Surat Keterangan Sehat

Kunjungi pusat kesehatan masyarakat terdekat atau dokter keluarga. Mintalah surat keterangan kesehatan untuk digunakan sebagai bukti asuransi kesehatan saat memperbarui kartu SIM A. Biaya yang diperlukan sekitar Rs. 20.000 – Rs 40.000 won per surat sesuai aturan daerah

Namun cobalah untuk mengunjungi Buschems sesuai rujukan BPJS Anda untuk mendapatkan layanan sertifikat kesehatan gratis. Dapatkan nomor urut saat pertama kali tiba dan selanjutnya petugas medis akan melakukan pemeriksaan fisik umum seperti tekanan darah dan tes penglihatan.

Melakukan Pembayaran di Bank

Ketika semua file yang diperlukan sudah siap mereka dipindahkan ke tempat di mana pemilik SIM A dapat mengembangkannya. Cek nomor antrian dan datanglah lebih awal untuk menghindari keramaian pendaftaran di area tersebut.

Kirim dan ikuti semua prosedur perpanjangan saat nomor Anda dipanggil di loket yang ditunjuk. Setelah selesai petugas akan mengarahkan anda ke loket bank lokal untuk pembayaran. Sederhana dan praktis.

Biaya Perpanjang SIM A

Biaya perpanjangan SIM A nominal sangat bergantung pada tempat Anda memperpanjang. Biasanya biaya perpanjangan SIM adalah Rp. 80000. Namun biaya tersebut belum termasuk biaya pembuatan surat keterangan sehat.

Kami menyarankan Anda menghubungi otoritas lokal Anda sebelum membayar biaya perpanjangan. Selalu ingat untuk menyimpan kuitansi pembayaran yang dikeluarkan oleh lembaga penegak hukum. Cek di sini untuk detail biaya perpanjangan SIM A.

Setelah membayar biaya perpanjangan kembali ke area pendaftaran dan membawa bukti slip pembayaran. Petugas akan menghubungi Anda kembali untuk konfirmasi pembayaran dan menginformasikan bahwa SIM A dapat diperpanjang.

Lamanya perpanjangan hingga SIM A didapatkan juga tergantung masing-masing negara. Beberapa titik layanan menawarkan layanan pengambilan langsung. Namun masih ada beberapa yang harus Anda tunggu. Waktu tunggu adalah 1 hingga 3 hari kerja.

Di Mana Tempat Perpanjang SIM A?

Jika Anda tidak punya banyak waktu luang jangan khawatir lagi. Saat ini Polri telah menyediakan beberapa fasilitas untuk pembuatan dan perluasan kartu SIM yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. yuk simak infonya

SIM Keliling

Perangkat mobile SIM car merupakan fasilitas pertama yang ditawarkan POLRI untuk promosi layanan SIM. Mesin ini memiliki tanda dan stiker khusus di badannya yang bertuliskan film SIM. Pihak berwenang dapat menawarkan prosedur perpanjangan terpisah untuk SIM A dan C.

Gerai SIM

Layanan port SIM biasanya ditemukan di kota-kota besar di pusat-pusat keramaian. Bahkan tidak jarang loket layanan SIM A berada di dalam pusat perbelanjaan atau mall. Selain akses yang mudah kios SIM juga memiliki pelayanan yang ramah bagi pengunjung.

Kantor SATPAS SIM

SATPAS atau Unit Pelaksana Administrasi adalah salah satu kantor POLRI yang menyediakan layanan perpanjangan SIM. Kantor reserse biasanya berada di Mabes Polri seperti polresta polrestebs polrestro dan kantor polres.