telat perpanjang sim 2020

Telat Perpanjang SIM 2020 ? Ini dia yang Wajib Dilakukan

Telat Perpanjang SIM 2020 – Masa Berlaku SIM Kita sering lupa untuk memperbaharui SIM. Kartu sim dapat diperpanjang sekitar 15 hari sebelum masa berlaku habis. Namun bagaimana jika Anda Telat Perpanjang SIM 2020 ?

Perpanjangan SIM yang tertunda tunduk pada persyaratan saat ini. Lupa memperbarui kartu SIM Anda dapat disebabkan oleh berbagai alasan dan kartu SIM Anda saat ini terlambat diperbarui..

Apa yang Terjadi Jika Telat Perpanjang SIM 2020?

telat perpanjang sim 2020

Masa berlaku kartu SIM adalah 5 tahun sejak tanggal penerbitan kartu sehingga masa berlaku SIM saat ini tidak ada hubungannya dengan ulang tahun atau tanggal lahir pengguna..

Tidak ada denda untuk pembaruan kartu SIM yang terlambat tetapi ada konsekuensi lain. Jika Anda ingin memperbarui SIM 2020 Anda terlambat Anda harus mengajukan SIM baru dalam 1 hari sejak tanggal pembayaran SIM C atau SIM A..

Penundaan satu hari tidak dapat mengikuti proses normal perpanjangan kartu SIM. Polri akan memberikan bantuan pada tahap perpanjangan SIM dalam situasi darurat yang terhambat pergerakannya misalnya karena wabah penyakit..

Masyarakat akan diberikan tenggang waktu setelah beberapa hari terlambat menyelesaikan proses perpanjangan SIM Card. Namun jika pengguna belum memperpanjang dalam jangka waktu yang diperpanjang maka pengguna harus membuat SIM baru lagi..

Pentingnya Perpanjang SIM Tepat Waktu

telat perpanjang sim 2020

Jika Telat Perpanjang SIM 2020 Anda tidak perlu membayar denda tetapi penting untuk memperbarui SIM Anda tepat waktu. Jangan sampai Telat Perpanjang SIM 2020 memaksa kamu untuk membuat ulang Sim baru.

Memperbarui SIM Anda dari waktu ke waktu memberi Anda berbagai keuntungan antara lain:

  1. Prosedur yang Lebih Pendek

Memperpanjang sim dan membuat sim baru jelas merupakan proses yang berbeda. Saat pertama kali membuat sim ada banyak langkah yang harus dilalui dan langkahnya panjang..

Saat mengemudi Anda harus lulus tes teori serta tes praktis yang memakan banyak waktu. Sebaliknya jika ditambah maka prosesnya akan lebih singkat.

Anda hanya perlu menjalani pemeriksaan psikologis dan pemeriksaan fisik secara berkala. Tes ini juga dapat dilakukan dari jarak jauh karena polisi menyediakan layanan perpanjangan SIM online. Sehingga akan sangat menghemat tenaga dan waktu yang Anda gunakan.

  1. Terhindar dari Risiko Kena Tilang

Manfaat lain dari memperbarui kartu SIM tepat waktu adalah Anda terhindar dari risiko denda. Pemeriksaan SIM sering kali dilakukan tanpa pemberitahuan oleh pihak kepolisian jadi Anda harus bersiap-siap untuk memegang SIM Anda terlebih dahulu..

Dalam hal ini Anda harus menyerahkan SIM Anda bersama dengan dokumen lain seperti STNK. Jika kartu SIM Anda kadaluarsa maka Anda akan dianggap tidak memiliki dokumen yang diperlukan dan Anda akan didenda..

Anda akan menyakiti diri sendiri. Jadi jika Anda memperpanjang SIM sebelum batas waktu Anda dapat menghindari risiko mendapatkan tiket..

  1. Biaya yang Dikeluarkan Lebih Terjangkau

Memperbarui kartu SIM lebih murah daripada membeli yang baru. Jadi jika Anda melewatkan perpanjangan kartu SIM 2020 Anda perlu mendapatkan SIM baru jadi bersiaplah untuk menghabiskan banyak uang..

Selain memperlama proses pembuatan SIM baru juga akan dikenakan berbagai biaya administrasi. Bukankah lebih mudah memperpanjang SIM Anda daripada membayar lebih untuk yang baru?

  1. Aman dan Tidak Terburu-buru

Padahal biasanya Anda bisa memperpanjang kartu SIM Anda 10-15 hari sebelum habis masa berlakunya. Jadi ambil kesempatan ini mobile sim bus kantor SATPAS datang ke SAMSAT.

Perpanjangan SIM yang diurus di awal membuat Anda tenang dan tidak terburu-buru. Antreannya juga tidak terlalu panjang sehingga semakin cepat kamu mengisi sim maka semakin aman berkendara di jalan raya..

Syarat untuk Memperpanjang SIM jika Telat Perpanjang Sim 2020

telat perpanjang sim 2020

Ketika Anda berurusan dengan perpanjangan SIM Anda perlu menyiapkan dokumentasi utama yang diperlukan untuk perpanjangan SIM. Keterlambatan perpanjangan SIM biasanya terjadi karena kelengkapan dokumen yang dilampirkan..

Apalagi jika Anda menahannya di D-1 dalam waktu lama dia pasti akan memburu Anda. Untuk menghindarinya ketahui dokumen mana yang diperlukan untuk perpanjangan SIM dan berapa banyak.

Berikut penjelasan lengkap tentang Telat Perpanjang SIM 2020:

  1. Biaya Perpanjangan SIM

Jenis SIM Harga
SIM A Rp.80.000
SIM B I Rp.80.000
SIM B II Rp.80.000
SIM C I Rp.75.000
SIM C II Rp.75.000
SIM C Rp.75.000
SIM D Rp.30.000
SIM D I Rp.30.000
  1. Syarat Dokumen Untuk Perpanjangan SIM A dan SIM C:

Dokumen untuk perpanjangan SIM A

  • Kartu SIM lama A untuk kemudian memperpanjang masa berlaku kartu SIM.
  • Bukti pembayaran biaya perluasan baik ke Bank maupun ke service desk SIM.
  • KTP lama dan SIM A masing-masing dua salinan.
  • Surat keterangan sehat mata baik dari dokter maupun dari tempat perpanjangan SIM Card.
  • Formulir permohonan perpanjangan SIM dilengkapi dengan data yang valid.
  • Bukti lulus ujian psikologi.
  • Surat keterangan sehat baik dari dokter atau puskesmas. Anda juga dapat melakukan pemeriksaan kesehatan di tempat.

Dokumen Perpanjanga SIM C

  • Kartu SIM C lama untuk diperpanjang.
  • Bukti pembayaran biaya perpanjangan SIM C yang dibayarkan ke bank terdekat.
  • Dua salinan kartu SIM C dan KTP masing-masing.
  • Bukti hasil tes psikologi.
  • Surat keterangan sehat yang dapat diperoleh di puskesmas atau di kantor pelayanan SIM.
  • Formulir perpanjangan SIM C telah dilengkapi.

Dokumen perpanjangan SIM B

  • Pemohon perpanjangan kartu SIM harus memiliki kartu SIM A.
  • Kuitansi pembayaran biaya perpanjangan SIM.
  • Dua fotokopi SIM dan KTP asli masing-masing.
  • Formulir aplikasi perpanjangan SIM yang sudah diisi.
  • Kartu SIM asli untuk diperpanjang.
  • Surat keterangan sehat jasmani dari dokter atau puskesmas.
  • Bukti hasil psikotes yang dapat dilakukan di kantor pelayanan SIM.

File inilah yang perlu Anda persiapkan terlebih dahulu sebelum Anda mulai memperpanjang kartu SIM.

Konsekuensi dari penundaan perpanjangan SIM 2020 adalah harus membuat kartu SIM baru yang memakan waktu lebih lama dan biayanya lebih mahal dibandingkan dengan sekadar perpanjangan.

Oleh karena itu, jangan tunda perpanjangan SIM kendaraan Anda jika tidak ingin mengalami kerugian saat mendapatkan SIM baru.