Kenali Penyebab Aki Motor Cepat Soak Agar Bisa Merawatnya

Kenali Penyebab Aki Motor Cepat Soak agar Bisa Merawatnya

detribpas.com – Merasa heran kenapa aki motor cepat soak? Mungkin cara Anda dalam merawat motor sudah sangat salah. Padahal aki sendiri adalah komponen sangat penting bagi kendaraan, termasuk sepeda motor. Sehingga penggunanya harus menjaga dengan baik.

Apa tujuan keberadaan aki di kendaran bermotor? Fungsinya untuk mengantarkan listrik ke mesinnya. Dengan begitu, kinerja mesin semakin baik, motor dapat berjalan normal tanpa hambatan. Karena kelistrikan dalam mesin itu penting.

Begitu aki motor cepat soak, tentu Anda harus menggantinya. Jika sering rusak, bukankah menambah biaya? Karena harganya sendiri cukup mahal. Apalagi untuk jenis motor lama. Jadi, coba rawat aki dengan baik dan kenali penyebabnya.

5 Faktor Penyebab Aki Motor Cepat Rusak

Sebagai pemilik kendaraan bermotor, jangan hanya menggunakannya saja setiap hari. Tapi pikirkan kondisi mesin dan tahu bagaimana cara perawatannya. Tidak hanya untuk laki-laki saja, perempuan juga wajib tahu perihal mesin motornya.

BACA JUGA:  Berikut 5 Penyebab Motor Matic Mogok, Tidak Perlu Panik

Sebab, jika aki motor cepat soak biaya perbaikannya akan jauh lebih mahal dari servis motor biasa. Maka, jangan sepelekan masalah ini jika ingin kendaraan Anda tetap berumur panjang.

Ada tanda-tanda yang biasanya muncul ketika aki dalam keadaan kurang baik. salah satunya sudah sangat sulit distarter. Biasanya mudah, tapi karena ada masalah pada sumber listriknya, tidak bisa nyala.

Selama berkendara, ketika aki motor cepat soak juga tidak maksimal dan beberapa kali pasti mati di tengah jalan. Agar hal itu tidak terjadi pada Anda, memang harus tahu beberapa faktor penyebab soaknya aki. Berikut penjelasannya :

Kenali Penyebab Aki Motor Cepat Soak Agar Bisa Merawatnya

  • Kotor

Pertama, karena aki yang kotor. Biasanya hal itu karena kurang menjaga kebersihan. Aki memiliki komponen yang bersifat kimiawi. Tentu saja ada bagian yang terkena air aki dan kemungkinan mengalami karatan. Cek ketika sudah sulit distarter.

  • Lampu Rem Dibiarkan Menyala

Faktor selanjutnya adalah lampu rem yang terus-menerus menyala. Semisal, Anda sedang berhenti dengan mesin nyala dan switch rem terus digunakan.

Hal tersebut akan membuang tenaga listrik secara percuma. Dan berakhir pada aki motor cepat soak.Jadi, gunakan lampu rem seperlunya saja.

  • Muatan Kapasitas Listrik Diabaikan

Perlu diketahui bagi pengendara, bahwa muatan listrik yang ada di dalam aki motor itu mengalami pengurangan. Apalagi bila motor Anda sudah tidak digunakan atau dinyalakan dalam waktu lama.

BACA JUGA:  Alasan Mesin Kendaraan Cepat Rusak dan Cara Mencegah

Maka, agar arus listrik dalam mesin terus berproduksi, memang harus terus dinyalakan agar bisa terus menunjang kinerja aki.

  • Bagian Komponen Kiprok Mengalami Kerusakan

Mungkin banyak dari Anda belum tahu tentang kiprok. Tapi komponen satu ini sangat penting untuk kinerja aki. Sebab, fungsinya adalah mengatur pengisian aliran listrik dalam aki.

  • Usia Aki Sudah Terlalu Lama

Penyebab aki motor cepat soak satu ini memang sangat wajar. Ketika usia aki sudah lama memang performanya tidak bisa maksimal. Sebab, sudah lama bekerja sehingga fungsi utamanya menjadi menurun.

Teknik Merawat Aki Motor dengan Baik

Kenali Penyebab Aki Motor Cepat Soak Agar Bisa Merawatnya

Mengetahui beberapa penyebab aki motor cepat soak seperti di atas, tentu Anda semakin sadar bahwa pentingnya menjaga dan merawatnya dengan baik. karena, sekali rusak, biayanya akan lebih mahal.

Untuk merawatnya sebenarnya tidak sulit. Asalkan Anda memang rajin dan rutin melakukannya, pasti sudah biasa.

Perlu Anda ketahui juga, aki itu terbagi menjadi dua jenis, yaitu aki basah yang di dalamnya terkandung cairan asam sulfat. Sementara satunya lagi untuk tipe yang kering menggunakan gel pengganti cairan elektrolitnya.

BACA JUGA:  Perawatan Mobil Sebelum Touring agar Aman dan Nyaman

Sehingga Anda harus tahu dulu jenis aki apa yang Anda gunakan untuk motor tersebut. Kemudian, aplikasikan teknik merawatnya dengan baik. Biasanya, untuk menghindari aki motor cepat soak, paling mudah nyalakan motor selama 15 menit setiap harinya.

Kemudian, hindari penggunaan aksesoris berlebihan, yang menyerap tenaga listrik dengan kapasitas besar. Itu bisa menjadi penyebab kerusakan.

Hindari menyalakan motor dengan starter elektrik secara paksa, ketika belum juga nyala. Lebih baik gunakan starter engkol untuk lebih amannya.

Saat mematikan motor, pastikan seluruh komponen yang ada di motor juga ikut mati. Seperti headlamp, lampu sign itu juga harus mati.

Sering melakukan servis motor ke bengkel terdekat untuk mengecek kondisi ketinggian cairan dalam aki, memeriksa kedua terminalnya, dan kondisi kiprok. Badan aki juga harus diperiksa, untuk mengecek apakah bocor atau tidak.

Jika Anda memperhatikannya dengan baik, pasti kendaraan juga akan berjalan lancar, jarang mengalami macet di jalan. Setelah mengetahui penyebab aki motor cepat soak, sekarang harus lebih pintar menggunakan kendaraan sendiri. (Red-detribpas.com)